Apa Itu UTM dan Bagaimana Cara Membuatnya ?

0

Hari ini, pemasaran di media sosial perlu terus diuji strateginya jika suatu brand atau produk ingin meningkatkan kesuksesan media sosial mereka. Dan untuk menguji pemasaran media sosialmu secara akurat, kamu memerlukan sedikit tambahan dari apa yang telah disediakan media sosial dan analitik situs webmu–yaitu, kamu perlu memanfaatkan tautan pelacakan UTM.

Nah, dalam postingan ini, kita akan mengetahui lebih dulu apa itu UTM dan cara membuatnya, serta bagaimana tautan itu dapat membantu meningkatkan pemasaran, terutama di media sosialmu.

Apa Itu UTM ?

ads by posciety

Tautan pelacakan UTM adalah URL yang memiliki beberapa bagian kode yang dilampirkan, yang disebut parameter UTM, yang akan membantumu melacak setiap tautan dengan sangat detail.

Untuk memberimu contoh seperti apa tautan pelacakan UTM, kira-kira seperti ini:

Homepage

Seperti yang terlihat, itu dimulai dengan tautan yang ingin kamu bagikan (dalam hal ini, web https://www.posciety.com) dan kemudian diikuti oleh beberapa parameter UTM, seperti: sumber (Facebook), media (Sosial) dan kampanye (Penjualan).

Tautan UTM sangat bagus untuk menguji berbagai strategi karena alat ini dapat memberi tahu kamu lebih banyak tentang traffic webmu daripada analitik biasa (yang hanya memberikan informasi yang cukup mendasar, seperti berapa banyak klik per pembaruan media sosial atau berapa banyak traffic yang dikirim setiap jejaring sosial ke situs webmu).

Misalnya, tautan pelacakan UTM dapat memberi tahumu:

  • Grup media sosial mana yang paling banyak mengarahkan traffic
  • Komentar mana pada iklanmu yang menghasilkan penjualan paling banyak
  • Profil sosial mana yang menghasilkan konversi paling banyak
  • Jenis pembaruan mana yang memiliki kinerja terbaik dalam hal traffic/engagement

Namun, ada banyak kemungkinan lain dalam hal pengujian media sosial, karena hampir semua hal yang ingin kamu uji dapat menggunakan tautan pelacakan UTM untuk membantu. Sekarang kita telah mengetahui apa itu UTM, kenapa ini penting dan bagaimana menggunakan tautan pelacakan UTM, pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana cara untuk membuat tautan UTM ini?

Google URL Campaign Builder telah dibuat untuk membantu pengiklan melacak kampanye mereka dengan lebih akurat. Namun, kamu juga dapat menggunakannya untuk membuat tautan UTM untukmu sendiri yang bisa digunakan sesuai keinginan.

Cara Membuat UTM

Alat ini cukup sederhana dan mudah digunakan. Untuk memulai, kamu hanya memerlukan URL yang ingin kamu lacak. Setelah itu, kamu bisa menambahkan beberapa parameter lainnya seperti, source (sumber), media dan campaign name (nama kampanye) untuk hasil pelacakan yang lebih akurat. Selain itu, kamu juga memiliki opsi untuk menambahkan parameter “campaign terms” dan “campaign content”, tetapi parameter ini akan lebih relevan bagi pengiklan.

Setelah kamu menambahkan semua parameter yang kamu inginkan, tautan akan dibuat secara otomatis (cukup scroll ke bawah sedikit untuk melihatnya) sehingga kamu dapat menyalin dan menempelkan untuk membagikannya ke mana pun kamu mau.

Agar lebih jelasnya, berikut ini langkah-langkah membuatnya:

Langkah 1: Masukkan tautan yang ingin kamu gunakan untuk membawa pengunjung/traffic ke situs webmu.

misal: https://www.posciety.com/blog/how-to-setup-google-analytics/

Langkah 2: Isi dengan beberapa parameter utama yang ingin kamu lacak.

Source (Sumber Kampanye): Ini memberi tahu Google dari mana traffic berasal.

misal: email newsletter

Media Kampanye: Ini memberi tahu Google dari jenis sumber apa.

misal: email.

Campaign Name (Nama Kampanye): Ini hanya menjelaskan kampanye yang kamu pasang.

misal: jika menggunakan postingan blog yang kamu tulis tentang Cara membuat UTM di Google URL Builder, maka kamu bisa menggunakan cara-membuat-utm-di-google-url-builder sebagai nama kampanye-mu.

Campaign Terms: Ini digunakan untuk pencarian yang berbayar. Gunakan utm_term untuk mencatat kata kunci untuk iklan ini.

misal: lari+sepatu.

Campaign content (Konten Kampanye): Digunakan untuk pengujian A/B (A/B Testing) dan iklan bertarget konten. Gunakan utm_content untuk membedakan iklan atau tautan yang mengarah ke URL yang sama.

misal: logolink atau textlink

Voila, selesai!

Perhatikan, saat kamu mengetik akan terlihat bahwa URL baru sedang dibuat secara otomatis. Dan URL yang dihasilkan ini diperbarui secara otomatis setiap kali kamu membuat perubahan.

Sampai di sini, kita telah mengetahui secara menyeluruh apa itu UTM dan cara membuatnya, serta kenapa tautan pelacak ini sangat penting dan bagaimana kamu bisa memanfaatkannya untuk membantu meningkatkan pemasaran, terutama di media sosial. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya