Apa Itu XHTML

XHTML merupakan singkatan dari Extensible HyperText Markup Language, pertama kali diluncurkan yaitu xhtml versi 1.0.

Xhtml tidak terlalu jauh pengertiannya dengan html, silahkan baca Pengertian Dasar HTML terlebih dahulu biar makin mantap. Jika sudah memahami html biasanya mudah memahami pengertian xhtml juga. Xhtml dikembangkan oleh W3C (World Wide Consortium) yang bertujuan untuk membantu pengembangan web dengan cara merubah transisi perubahan dari html ke xml. Maka dengan menggunakan xhtml setiap pengguna dapat menikmati fasilitas xml (misalnya dapat dibuatkan menjadi sebuah template blogspot.) karena seperti yang kita ketahui template blogspot.com menggunakan menggunakan file format .xml yang bertujuan untuk mempermudah pengeditan oleh pengguna lain. Lebih singkatnya yaitu xhtml mampu merubah uraian kode html menjadi xml dan dapat menikmati fasilitas xml sepenuhnya.

Kenapa menggunakan xhtml? Karena banyak sekali manfaatnya, contohnya sebagai berikut :

  1. Jika kita menggunakan xhtml dan dialihkan menjadi xml maka akan mudah di validasi, dilihat dan di edit. Tapi saat ini sudah sangat canggih sekali, kita dapat membuat html kemudian kita bisa konversi menjadi xml. Nah, otomatis perubahan tersebut menggunakan xhtml yang tiba2 muncul di tengah2 proses konversi html ke xhtml. Ruaarr Biasa…
  2. Dokumen xhtml dapat memanfaatkan aplikasi seperti “script” baik itu script html atau script xml. Misalnya kita menerapkan script pada widget blogspot dan bisa berfungsi baik, itu berkat koding xhtml.
  3. Xhtml dapat beroperasi dengan baik walaupun pada web browser baru / web browser yang tidak biasa digunakan.
  4. Anda dapat dengan mudah mengedit, mempertahankan, mengkonversi atau memformat dokumen Anda dalam jangka waktu panjang (tidak perlu update di waktu dekat). Kita ambil contoh lagi pada blogspot.com, kita dapat dengan mudah mengedit atau menggunakan template dengan jangka waktu panjang padahal sudah jadul dan tertinggal update oleh web browser.
  5. Xhtml lebih konsisten
tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi