Fitur Baru, YouTube Premieres (Tayangan Perdana) Akhirnya Hadir di Indonesia !

Dapatkan Sensasinya !

Masih di bulan yang sama dengan dipublikasikannya artikel ini, pada tahun 2018 YouTube meluncurkan fitur baru yang disebut YouTube Premieres, sebelumnya sudah diluncurkan di beberapa Negara di Amerika lebih awal hingga akhirnya diluncurkan juga di Indonesia.

Apa Itu YouTube Premieres ?

Ini adalah fitur baru YouTube yang memungkinkan para viewers (penonton) untuk menonton dan menikmati video yang baru saja dipublikasi oleh channel secara bersama-sama, tidak berbeda jauh dengan menonton TV bersama atau menonton bioskop.

Tapi fitur ini belum dapat dilakukan oleh semua channel di YouTube, hanya beberapa YouTube creator saja yang dapat menikmati fitur ini. Nantinya, YouTube akan mengembangkan fitur baru ini untuk semua pemilik channel.

Intinya, pemilik channel dapat menayangkan suatu video yang akan rilis dengan cara yang lebih ekslusif. Sebelum mempublikasi video YouTube di channelnya, ia bisa menjadwalkan video YouTube tersebut untuk tayang dan membuatnya sebagai Premiere.

Cara Membuat Video YouTube Menjadi Premieres

Bagi para content creator yang telah mendapatkan fitur ini, mari manfaatkan segera dan dapatkan pengalaman yang baru !

  • Masuk ke menu Upload di YouTube seperti biasa
  • Pada bagian tayangan, pilihlah Dijadwalkan (jika menggunakan bahasa Indonesia)
  • Pastikan status video adalah Publik (akan tayang perdana ketika upload selesai)
  • Pilih Tayang Perdana / alihkan tombol Premieres menjadi nyala
  • Pilihlah tanggal dan waktu kapan video ini akan ditayangkan pertama kali
  • Jangan lupa untuk mengklik tombol “Tayang Perdana” di pojok kanan atas untuk menerapkan

Apa perbedaan antara video biasa (reguler) dan Premieres ?

Ketika video yang dijadwalkan ditetapkan sebagai Tayang Perdana / Premieres, maka:

  1. YouTube akan membuat halaman tontonan publik dan nantinya video akan diputar di halaman tersebut
  2. Kamu dapat ikut menonton langsung, berinteraksi di komentar, chat, dan super chat jika diaktifkan
  3. Pemberitahuan akan dikirimkan kepada para subscriber yang telah mengaktifkan ikon lonceng sekitar 30 menit sebelum video ditayangkan, notifikasi kedua akan dikirimkan saat video baru dimulai sebagai pemberitahuan kepada subscriber bahwa tayangan perdana video telah dimulai

gambar 1 - tayangan perdana youtube premieres

Dari pemberitahuan / notifikasi yang dikirimkan, artinya pemilik channel dan para subscriber bisa bersama-sama menonton tayangan perdana video tersebut bersama-sama dan berinteraksi secara real-time.

Kerennya lagi, sebelum video benar-benar tayang, akan ditampilkan hitungan mundur sekitar 2menit sebelum video tayang. Ini membuat kesan yang luar biasa sebagai Premieres.

Hampir mirip dengan live YouTube, jumlah penonton akan ditampilkan dan penonton tidak dapat mengatur waktu video (mempercepat, memajukan, memundurkan,dsb) saat video Tayangan Perdana dimulai.

Setelah Tayangan Perdana (Premieres) Selesai

Tidak ada perbedaan dengan sebelumnya, setelah Premieres selesai maka video akan masuk ke channel tersebut seperti upload reguler. Tentu hitungan mundur dan chat tidak tersedia lagi. Tapi kamu dapat terus mengaktifkan Replay Chat (ketika Tayang Perdana) jika diperlukan, beberapa creator biasanya mematikannya setelah Premieres selesai.

Meningkatkan Jumlah Tontonan Premieres

Ada beberapa hal / tips yang dapat dilakukan untuk meningkatkan jumlah tontonan untuk Premieres, tidak berbeda jauh dengan video reguler / Live.

  1. Gunakanlah Thumbnail semenarik mungkin
  2. Ikutlah berinteraksi, subscriber tentu akan senang jika komentar / chat nya dibalas oleh sang idola
  3. Lengkapi metadata video dengan rinci dan jelas
  4. Promosikan video dengan social shares, bagikan video ke jejaring media sosial yang kamu gunakan

Bagaimana dengan Monetisasi Iklan di Premieres ?

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghasilkan uang melalui video Tayangan Perdana di YouTube:

  • Melalui monetisasi, channel YouTube yang telah mengaktifkan fitur ini maka secara otomatis iklan pre-roll / mid-roll akan dipasangkan di tempat yang seharusnya (ini tidak akan tampil di tengah-tengah video)
  • Membership Channel, ada fitur Membership channel yang mana para subscriber dapat berlangganan pada channel yang diinginkan (ini belum tersedia di Indonesia)
  • Super Chat, para penonton bisa membeli pesan chat yang dapat menyoroti (highlight) pesan mereka sehingga tampak lebih menonjol dalam chat ketimbang yang lainnya.

Setelah membaca ini, mungkin kamu akan langsung mencoba fitur Premieres. Pastikan untuk melakukannya di desktop, karena ini hanya tersedia di desktop (penonton tetap dapat menikmatinya di semua perangkat).

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi