Apakah Situs Web Anda Mobile-Friendly?

Semakin berkembangnya smartphone dan persaingan harga smartphone yang semakin ketat, mulai dari harga termahal hingga harga merakyat tentu membuat semua orang yang memiliki smartphone dapat mengakses situs web dengan mudah hanya melalui smartphone dalam beberapa klik saja.

Didukung dengan berkembangnya teknologi browser smartphone yang semakin canggih, tampilan dan pengalaman pengguna browser di smarthpone semakin nyaman dan mudah untuk digunakan. Maka dari itu, bisa dikatakan pengunjung website lebih banyak menggunakan smartphone ketimbang dekstop.

Untuk menghadapi kemajuan teknologi ini, para pemilik dan pengembang situs web tentu harus berpikir keras bagaimana caranya agar situs web yang dikelola dapat diakses melalui browser smartphone tanpa menghilangkan pengalaman pengguna. Maka hadirlah istilah Mobile Friendly.

Apa Itu Mobile Friendly?

Mobile Friendly di dunia website adalah sebutan untuk sebuah website yang dapat menyesuaikan bentuk dan pengalaman pengguna dengan jenis perangkat ponsel, seperti halaman-halaman pada situs ini jika Anda membukanya melalui perangkat ponsel.

Tidak hanya tata letak, namun ukuran gambar, text, dan elemen-elemen lainnya juga mampu menyesuaikan perangkat ponsel apapun yang digunakan oleh para pengunjung web.

Apakah saya harus memiliki web mobile friendly? Ya, tentu saja harus. Melihat dari kecanggihan teknologi smartphone termasuk browser dan pengguna ponsel cerdas di dunia, tentu Anda harus memiliki situs web yang mobile friendly untuk menghadapi kemajuan teknologi dan mendapatkan pasar Anda. Coba Anda bayangkan, bagaimana jadinya jika Anda membuka sebuah situs web di smartphone namun situs tersebut tidak menyesuaikan desain dan pengalaman pengguna untuk pengunjung yang menggunakan smartphone, selain berantakan, tentu akan menyulitkan Anda untuk beraktivitas di situs tersebut.

Bagaimana cara mengetahui sebuah situs web mobile-friendly? Anda dapat mengetahuinya dengan cara mengunjungi situs web tersebut melalui smartphone, jika ia menyesuaikan, maka situs tersebut mobile friendly. Anda pun dapat memanfaatkan layanan Google Search Console – Pengujian Situs Mobile Friendly di https://search.google.com/test/mobile-friendly.

gambar 1 - situs web mobile friendly
jika menggunakan bahasa indonesia

Isilah bidang URL dengan URL situs Anda atau situs web yang ingin Anda ketahui apakah situs mobile friendly, Anda dapat memasukkan URL homepage (mis: https://www.posciety.com) atau URL halaman yang terkait di dalamnya (mis: https://www.posciety.com/cara-beralih-dari-google-search-console-lama-ke-search-console-baru/). Klik tombol JALANKAN PENGUJIAN dan tunggu hingga proses loading selesai.

Setelah proses loading selesai, Anda akan melihat informasi apakah situs tersebut mobile friendly dan preview tampilan (perkiraan) bagaimana jika tersebut dibuka di mobile. Berikut ini contoh dari hasil pengujian URL google.com:

gambar 2 - contoh web mobile friendly
hasil pengujian di desktop

Akan ditampilkan jelas pemberitahuan dari hasil tes “Halaman ini mobile-friendly“, walaupun begitu, bisa saja masih ada masalah pada situs tersebut . Anda dapat memperbaikinya dengan mengikuti tips-tips untuk memperbaiki masalah mobile friendly yang diberikan Google dengan klik LIHAT DETAIL dan Pelajari Selengkapnya.

Cara Membuat Situs Web Mobile Friendly

Membuat situs web yang mobile friendly bukanlah perkara sulit bagi sang developer, tapi bisa menjadi sangat sulit bagi Anda yang tidak memahami dasar pengembangan dan desain website. Tenang, Anda dapat mengikuti panduan dari Google disini, ikuti apa yang Google arahkan kepada Anda untuk membuat website mobile friendly. Setidaknya Anda harus memahami tentang membuat website yang responsive.

gambar 4 - perbedaan mobile friendly dan tidak
img: Web Hosting

Jika Anda membangun website menggunakan WordPress, Anda tidak perlu mengikuti panduan itu dan tidak perlu memahami kodingan untuk mobile friendly sedikitpun, yang Anda perlukan adalah cara memilih tema yang digunakan.

Memilih tema mobile friendly yang akan digunakan bukan hal yang sulit lagi, karena semua tema WordPress saat ini bisa dipastikan mobile friendly untuk mencapai target user mereka sendiri. Temukan tema gratis WordPress di direktori tema WordPress, jangan lupa untuk membaca deskripsi tema tersebut apakah mobile friendly, mudah digunakan, memiliki fitur-fitur yang Anda perlukan, dan pastikan tema tersebut memiliki dokumentasi lengkap dan bantuan bagi para penggunanya agar Anda dapat melaporkan sekaligus meminta bantuan kepada pembuat tema ketika terjadi kendala.

Namun tema gratis biasanya dipandang sebelah mata, termasuk untuk bantuan/support, Anda perlu mempertimbangkan tema berbayar/premium. Selain mendapatkan fitur lebih, fitur yang lebih lengkap, Anda pun akan mendapatkan support dari theme developer atau customer support untuk menyelesaikan masalah ketika terjadi kendala dengan tema yang Anda gunakan.

Beli tema WordPress pakai dollar, saya tidak punya dollar. Tenang, posciety.com siap membantu Anda mewujudkan impian untuk memiliki tema premium! Bagaimana caranya?

Kunjungi halaman contact posciety.com, lihat alamat email yang tersedia, kirimkan email Anda untuk mendapatkan bantuan membeli sebuah atau beberapa tema (termasuk plugin) menggunakan dollar, kami siap membayarkan tema atau plugin yang Anda inginkan, Anda hanya membayar kami menggunakan mata uang Rupiah.

Selain itu, ikuti juga posciety di media sosial untuk mendapatkan informasi terbaru termasuk giveaway tema dan plugin, voucher game, dll.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi