Mengatur Kecepatan Video & Audio di Adobe Premiere

Solusi Jika Speed Tidak Sama

Sering kebingungan mempercepat atau memperlambat video / audio / keduanya bersamaan di aplikasi Adobe Premiere ? Disini saya kasih solusinya! Pada dasarnya ada banyak cara sih tapi saya akan bagikan cara yang mudah dan lebih umum. Cara yang mudah dan umum untuk mengatur kecepatan video dan audio di Adobe Premiere ada 2, yaitu menggunakan “Time Remapping” dan “Speed/Duration“.

Mau pakai yang mana ? Itu selera aja ya, tidak ada salahnya menggunakan cara pertama atau cara kedua tersebut. Kalo mau bikin suara kaya tikus atau menjadi cepat dan suara tidak jelas seperti cit… cit… cit… bisa gunakan “Speed/Duration” yang lebih mudahnya.

TIME REMAPPING

Siapkan video kalian seperti biasa, untuk langkah yang menggunakan “Time Remapping” silahkan klik video yang sudah ditarik ke “Squence” kemudian lihat diatas kiri pada tab “Effect Controls” ada pilihan “Video Effects” ada pilihan lagi namanya “Time Remapping” silahkan di klik semua tanda panahnya untuk membuka masing-masing bagian tersebut. Jadi tampilan seperti pada gambar ini (lihat gambar).

Pada garis horizontal yang ada disebelah kanan “Time Remapping” bisa ditarik keatas / kebawah untuk mengatur kecepatan video, tapi langkah menggunakan “Time Remapping” ini cukup rumit dibanding cara selanjutnya yang akan jelaskan, ini cuma informasi aja biar pada tahu tool-tool yang ada untuk mengatur kecepatan di Adobe Premiere.

Jadi, kita skip dulu untuk cara “Time Remapping” ini, kalian bisa tonton video tutorialnya (pada link di bagian bawah artikel ini) untuk tahu lebih jauh tentang “Time Remapping“.

SPEED / DURATION

Sekarang kita gunakan cara yang mudah bahkan bisa juga untuk suara tikus atau cit… cit… cit… seperti suara yang di sensor di acara-acara berita di TV dan cara ini mudah banget walaupun kalian belum lama menggunakan Adobe Premiere Pro.

Pertama, kita klik kanan pada video yang ada di squence tadi (video / audio yang akan diatur kecepatannya), maka akan muncul beberapa pilihan menu silahkan pilih “Speed/Duration” dan pasti muncul popup kecil setelah menu tersebut di klik.

Setelah muncul, kita mulai semuanya disini. Pada pilihan “Speed” kalian pilih berapa % speed yang akan diatur untuk video ? Defaultnya video kalian adalah 100% itu normal, ketika kalian kurangi maka video melambat tapi ketika ditambah maka video menjadi cepat. Kalo kalian mau atur sesuai waktu, bisa juga klik kiri pada bagian “Duration” dan tarik ke kanan atau ke kiri untuk menambah durasi video dan mengurangi durasi video.

Speed” dan “Duration” akan otomatis menghasilkan hasil yang sesuai, ketika kalian merubah salah satunya maka yang satunya akan menyesuaikan juga.

Suara kalian mau seperti tikus atau suara yang tidak jelas seperti di sensor ? Jangan ceklis bagian “Maintain Audio Pitch“, tapi kalo kalian mau suaranya menjadi normal-normal saja silahkan ceklis bagian tersebut. Tolong diperhatikan! Ketika suara di set menjadi normal tapi kecepatan video tidak normal, maka tools ini hanya mengusahakan saja.

Mengusahakan untuk tidak seperti tikus walaupun secara logikanya ketika kita perlambat / percepat video maka audio akan pecah, betul ? Nah, tools “Maintain Audio Pitch” ini hanya bisa mengusahakan dan tergantung speed video yang diatur jauh dari angka normal atau tidak. Karena kalo kejauhan banget dari nilai normal tentu audio juga akan jauh dari hasil yang diharapkan “Maintain Audio Pitch“.

Misalnya pada gambar diatas saya set 200% speed video dan saya ceklis bagian “Maintain Audio Pitch“nya maka kemungkinan audio tidak akan seperti tikus tapi video lebih cepat dari sebelumnya. Kalo sudah, silahkan klik tombol “Ok” dibawahnya. Maka video kalian akan lebih pendek (jika dipercepat) atau lebih panjang (jika diperlambat) dari sebelumnya.

Catatan! Kalo berencana memperlambat video, disarankan untuk menjauhkan antara video 1 dan video selanjutnya (jika kalian memiliki potongan video) karena ketika diperlambat video akan menjadi lebih panjang dan tentu menimpa video selanjutnya karena ketika video memanjang ia akan memanjang ke sebelah kanan. Jadi, silahkan jauhkan video selanjutnya sebelum memperlambat video supaya tidak tertimpa.

Masih bingung ? Lihat : Video Tutorial Solusi Kecepatan Video dan Audio Tidak Sama.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi