Mengenal Bagian Otak dan Fungsinya

Organ tubuh manusia adalah suatu kumpulan dari berbagai jaringan yang dapat melakukan fungsinya masing-masing. Setiap organ memiliki tugasnya masing-masing untuk menunjang kehidupan manusia. Ada hampir 78 organ dalam tubuh manusia yang bervariasi sesuai dengan ukuran, fungsi atau tindakannya. Semua organ tubuh penting bagi kelangsungan hidup manusia, termasuk otak. Otak merupakan salah satu organ vital pada manusia. Otak memiliki bagian beserta fungsinya masing-masing. Masing-masing bagian memiliki tugas tertentu yang mempengaruhi sistem kerja tubuh. Berikut beberapa bagian otak dan fungsinya.

Otak – Pusat Sistem

Otak adalah pusat sistem saraf untuk semua fungsi pada tubuh manusia. Otak juga merupakan salah satu organ terbesar dan paling kompleks pada mansua. Otak memiliki massa volume sekitar 1350cc dan terdiri dari 100 miliar sel saraf atau neuron yang berkomunikasi dalam sistem dengan triliunan koneksi yang disebut sinaps. Otak mengatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan, perilaku, dan fungsi tubuh homeostatis seperti detak jantung, tekanan darah, keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh.

Otak merupakan organ yang paling rumit untuk dijabarkan oleh para ahli, karena otak masih banyak memiliki hal yang misterius yang tak terhitung jumlahnya bahkan sebagian besar masih belum bisa dipahami. Otak berada di kepala dan dilindungi oleh lapisan pembungkus yang disebut selaput otak (meninges) dan penutup yang disebut tengkorak.

Bagaimana cara kerja Otak? Pada bagian bawah otak tersambung dengan saraf tulang belakang. Otak dan saraf tulang belakang sering disebut dengan sistem saraf pusat. Saraf tulang belakang bertugas mengirim informasi dari dan menuju otak. Sistem saraf pusat akan bekerja sama dengan sistem saraf perifer untuk menyampaikan pesan dari otak ke berbagai organ tubuh lainnya. Dua sistem ini yang membuat seseorang bisa berjalan, berbicara, dan beraktivitas lainnya.

Bagian Otak dan Fungsinya

Otak memiliki 3 bagian utama, yaitu cerebrum (otak besar), cerebellum (otak kecil), dan brainstem (batang otak).

1. Cerebrum (Otak Besar)

Otak besar merupakan bagian otak terbesar yang terdiri dari otak kanan dan otak kiri. Otak kanan merupakan bagian otak besar yang berada disebelah kanan yang dimana sebagian besar mengendalikan tubuh sebelah kiri, dan otak kiri yang berada disebelah kiri otak besar mengendalikan tubuh sebelah kanan.

Permukaan cerebrum memiliki tampilan lipatan yang disebut korteks. Korteks ini mengandung sekitar 70 persen dari sekitar 100 miliar sel saraf. Bagian dalam cerebrum mengandung sel-sel saraf bermielin (terbungkus mielin) yang menyampaikan informasi antara otak dan saraf tulang belakang. Cerebrum terbagi menjadi 4 bagian yang disebut lobus, yaitu lobus frontal (depan), parietal (atas), temporal (samping), dan oksipital (belakang).

  • Lobus frontal berfungsi untuk mengatur pengambilan keputusan, kepribadian, gerakan, proses intelektual, interaksi, ucapan, dan emosi. Lobus frontal ini berada pada belakang dahi.
  • Lobus parietal berfungsi mengendalikan sensasi, seperti sentuhan, tekanan, nyeri dan suhu atau pada lengkapnya bertanggung jawab pada lima indra manusia.
  • Lobus temporal, bagian lobus ini berperan penting dalam mengatur input sensoris, persepsi pendengaran, produksi bahasa dan ucapan, serta daya ingat.
  • Lobus oksipital, lobus ini berfungsi untuk menerima, memproses, menafsirkan informasi sensoris.

Cerebellum (Otak Kecil)

Cerebellum ini terletak di bawah otak besar pada bagian belakang otak, tepatnya di bawah lobus oksipital. Cerebellum ini berfungsi sebagai pengatur gerakan, keseimbangan, mengatur sikap atau posisi/postur tubuh, hingga koordinasi otot. Cerebellum juga penting dalam kemampuan seseorang untuk melakukan tindakan cepat dan berulang seperti bermain video game, dan penting juga untuk mengendalikan gerakan halus seperti orang yang sedang melukis.

Brainstem (Batang Otak)

Batang otak terdiri dari tiga struktur utama, yaitu otak tengah, pons, dan medulla oblongata. Batang otak berfungsi sebagai penghubung otak besar dan otak kecil ke sumsum tulang belakang, serta mengirim pesan antara berbagai bagian tubuh dan otak. Otak tengah adalah pusat gerak okular penting, pons terlibat dalam koordinasi gerakan mata dan wajah, menangkap sensasi di wajah, pendengaran dan keseimbangan, medulla oblongata mengendalikan fungsi pernapasan, tekanan darah, irama jantung dan menelan.

Penting juga bagi kita untuk mengetahui fungsi-fungsi otak dan menjaga otak tersebut tetap dalam fungsinya dengan baik. Karena seiring dengan tambahnya usia, setiap otak manusia akan berubah dan akan mempengaruhi fungsi mental seseorang. Sebaiknya hindari cedera pada kepala Anda, dan hindari merokok dan minum minuman beralkohol. Selalu dalam pola hidup sehat, berolahraga rutin, dan sesekali lakukan senam otak.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi