Apa Itu Infused Water? Berikut Ini 3 Manfaat Utama Infused Water dan Bahan-Bahan yang Digunakan

Infused Water yang juga dikenal dengan sebutan Detox Water adalah campuran air mineral dengan potongan buah-buahan segar, sayuran, herbal, ataupun juga rempah-rempah yang disimpan selama beberapa saat sebelum di konsumsi. Dengan rasanya segar dan tampilannya yang cantik, belakangan ini Infused Water tengah naik daun karena dianggap sebagai salah satu minuman pelengkap gaya hidup sehat yang kaya akan manfaat.

Bahan Infused Water

gambar 1 - bahan infused water

Buah yang utama digunakan Infused Water biasanya terdiri dari:

  • Lemon
  • Stroberi
  • Kiwi
  • Delima

Tidak ada buah, sayuran, herbal, atau rempah khusus untuk membuat Infused Water. Setiap orang dapat membuat minuman yang satu ini sendiri di rumah dengan memilih bahan-bahan yang disesuaikan dengan apa yang disukainya.

Bahan-bahan yang telah disiapkan kemudian dipotong-potong dan dimasukkan ke dalam botol lalu diaduk bersama dengan air mineral. Kemudian botol ditutup dan disimpan di dalam lemari pendingin setidaknya 1-12 jam agar sari buah lebih menyatu dengan air.

Minuman ini diklaim memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Akan tetapi klaim-klaim tersebut belum tentu sepenuhnya benar, belum ada informasi resmi dari pemerintahan/kedokteran mengenai hal ini. Beberapa klaim tentang manfaat dari mengonsumsi Infused Water diantaranya:

Sebagai Sarana Detox

Detox atau Detoksifikasi sendiri adalah proses untuk mengeluarkan racun dari tubuh. Infused Water diklaim sebagai salah satu sarana Detox yang baik bagi tubuh manusia.

Penghambat Penuaan

Buah-buahan yang kaya Antioksidan dianggap dapat menjadi sarana ampuh untuk melawan efek penuaan, buah delima dan stroberi yang biasa digunakan sebagai campuran air mineral dalam Infused Water.

Antioksidan berguna untuk menetralkan radikal bebas seperti yang ada pada asap, polusi, dan sinar UV yang mengoksidasi kulit yang dapat memicu kerusakan kulit dan penuaan dini. Antioksidan juga dapat menetralkan radikal bebas sebelum memulai proses oksidasi karena Antioksidan merupakan salah satu senyawa atau zat yang dapat menghambat, menunda, mencegah, atau memperlambat reaksi oksidasi.

Namun, jangan batasi jumlah Antioksidan yang dikonsumsi hanya dari campuran air mineral dan buah-buahan dalam Infused Water saja. Sebaiknya konsumsi macam-macam buah dan sayuran lainnya secara langsung.

Penurun Berat Badan

Mengonsumsi Infused Water diklaim dapat membantu menurunkan berat badan. Akan tetapi, belum ada penelitian medis yang membuktikan bahwa klaim tersebut dapat dipertanggung jawabkan secara ilmiah.

Jika mengingikan berat badan yang ideal, cara yang paling baik yaitu dengan melakukan olahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat. Dengan mengonsumsi air dalam infused water memang dapat membantu agar perut tidak cepat merasa lapar sehingga porsi makan bisa berkurang.

Walaupun belum ada penelitian medis yang menjelaskan benarnya beberapa klaim tentang Infused Water secara jelas, namun minuman ini cukup bermanfaat khususnya bagi orang-orang tidak suka mengonsumsi air putih ataupun anak-anak yang sulit mengonsumsi buah-buahan dan sayuran. Maka Infused Water bisa menjadi salah satu alternatif yang akan membantu dalam masalah ini. Mengingat Infused Water hanya terbuat dari air mineral dan buah atau sayuran segar dan pastinya tanpa tambahan gula apalagi pemanis buatan yang biasanya terdapat dalam minuman-minuman kemasan.

Hal penting yang perlu diperhatikan dalam pembuatan Infused Water yaitu air yang digunakan mestilah air matang yang terjamin kebersihannya. Serta bahan-bahan yang akan digunakan harus dicuci terlebih dahulu sampai benar-benar bersih. Kemudian disarankan untuk menghabiskan minuman Infused Water kurang dari 3 hari atau lebih baik lagi dihabiskan di hari yang sama terutama jika Infused Water tidak disimpan dalam lemari pendingin.

Jangan lupa unuk mengiringi Infused Water dengan menjalankan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi