6 Bahaya Serius Pada Bulu dan Kutu Kucing, Benarkah Bisa Menularkan Rabies ?

Kucing adalah hewan mamalia karnivora yang sangat banyak digemari masyarakat. Tingkah laku yang lucu, menggemaskan, manja membuat masyarakat memelihara hewan ini. Bulu yang tebal dan indah membuat kesan lucu pada kucing tersebut. Kucing telah berbaur dengan manusia dari jaman dahulu kala, sampai disebut-sebut kucing adalah hewan kesayangan Nabi Muhammad Shallallahu Alaihi Wasallam. Tetapi bila kucing tidak diurus dengan baik dapat menjadi hewan yang menimbulkan penyakit untuk seseorang yang memelihara kucing. Kucing bisa menjadi sarang kutu dan bakteri berbahaya yang dapat menimbulkan gatal yang sangat ekstrem. Tidak hanya dengan kutu tapi bulu dan cakar atau gigitan kucing pun bisa menimbulkan penyakit karena tidak dirawat dengan baik. Berikut beberapa penyakit yang mungkin bisa ditularkan oleh bulu kucing:

  • Asma

Didalam bulu kucing yang kotor, banyak sekali terdapat bakteri atau kuman yang bisa menyebabkan beberapa penyakit seperti asma. Diduga bulu kucing juga termasuk penyebab umum penyakit asma pada seseorang.

  • Penyakit Cakar Kucing

Penyakit ini mempunyai gejala bentol kecil, mual, muntah dan radang selama sekitar 10 hari dan tidak akan berdampak serius jika seseorang yang tercakar memiliki kekebalan tubuh yang kuat. Penyakit ini ditimbulkan bakteri Bartonella Henselae yang ditularkan karena cakaran atau gigitan kucing yang mempunyai bulu kotor berbakteri setelah si kucing mengelus atau menggaruk bulunya sendiri.

  • Rabies

Bukan hanya anjing, kucing pun dapat menularkan rabies terhadap manusia. Rabies ini ditularkan oleh kucing yang disebabkan oleh virus lissaviruses ketika si kucing mencakar atau menggigit manusia.

  • Alergi

Seseorang akan menjadi alergi karena bulu kucing yang menempel disekitaran mereka dan terhirup oleh hidung. Biasanya gejala awalnya flu ringan, batuk, sesak dan gatal-gatal.

  • Ringworm

Ringworm ini disebakan oleh bulu-bulu kucing yang kotor dan berbakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada kulit seseorang dengan gejala gatal dan muncul lingkaran merah dan sangat gatal.

  • Toksoplasma

Yang ditakuti ketika saat memelihara kucing adalah penyakit toksoplasma. Toksoplasma adalah penyakit yang membuat seseorang menjadi mandul dan memiliki kecacatan pada janin yang disebabkan oleh parasit toksoplasma gondi. Toksoplasma juga bisa merusak organ reproduksi. Maka wanita dianjurkan dijauhkan dari hewan yang satu ini.

Selalu rawat kucing peliharaan dengan melakukan perawatan secara teratur, selalu konsultasikan kepada dokter hewan untuk mendapatkan perawatan kesehatan, vitamin atau vaksin, memberikan makanan yang sehat, dan selalu merawat bulu kucing dengan baik untuk menghindari dari beberapa penyakit serius.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi