Bahaya Konsumsi Minuman yang Mengandung Alkohol

Apa itu alkohol ?

Alkohol adalah salah satu kelompok senyawa organik yang dibentuk oleh hidrokarbon-hidrokarbon oleh pertukaran satu atau lebih gugus hidroksil dengan atom-atom hidrogen dalam jumlah yang sama.

Rumus kimia alkohol : CnH2n+10H

Efek Samping Alkohol

Kondisi yang dapat ditimbulkan pengonsumsi minuman yang mengandung alkohol yaitu :

  • Hati Rusak

Ketika organ hati terekspos zat yang mengandung alkohol pada kadar yang berlebihan atau keseringan maka hati pengonsumsi tersebut akan rusak. Sel-sel yang ada di hati akan mati, dan kemampuan hati untuk meregenerasi sel akan terganggu jika terus-menerus menginsumsi minuman yang mengandung alkohol

  • Hepatitis

Kondisi ini termasuk penyakit yang serius dan dapat mengancam jiwa pengonsumsi. Penyakit ini akan berkembang dab dapat mengakibatkan terjadinya gagal hati, fungsi hati dapat mengakibatkan pembekuan darah menjadi terganggu, dan terjadi penyakit kuning, koma dan terjadi pendarahan didalam usus pengonsumsi.

  • Perlemakan Hati

Mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol dapat memicu penumpukan lemak pada hati. Pada kondisi ini umumnya tidak dapat memerlukan pengobatan khusu dan biasanya akan kembali normal juga anda berhenti mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol selama 14 hari.

Tidak ada gejala pada kondisi ini, tetapi berhati-hatilah pada anda yang sering mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol karena kondisi ini dapat berkembang menjadi peradangan.

  • Sirosis

Yaitu kondisi dimana hati sudah sangat rusak dan sulit untuk dipulihkan.

  • Epilepsi

Kejang yang diakibatkan dari aktivitas sel saraf kortikal yang berlebih dan tidak normal dalam orak akibat mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Epilespsi tidak dapat disembuhkan, tetapi seranganya dapat dikontrol dengan pengobatan.

  • Sistem Kekebalan Tubuh Melemah

Rusaknya sistem imunitas tubuh akibat mengonsmsi minuman yang mengandung alkohol menghancurkan sel-sel antibody yang berperan penting dalam tubuh untuk melawan berbagai infeksi akibat serangan virus dan bakteri. Tubuh pengonsumsi akan rentan terhadap serangan berbagai infeksi dan penyakit pada tubuh anda seperti TBC.

  • Penyakit Jantung

Keseringan mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol akan merusak jantung. Menyebabkan cardiomyopathy, kondisi dimana otor jantung melemah. Bahkan setelah arteri tersumbat, alkohol adalah penyebab kedua yang paling umum cardiomyopathy. Jantung yang rusak tidak akan bisa memompa dengan efisiens, dan rentan terhadap penggumpalan darah dan ritme yang ganjil (aritmia).

Selain itu, meskipun alkohol dikonsumsi secukupnya juga dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Ayo berhenti mengonsumsi minuman yang mengandung alkohol, agar hidup anda lebih berkualitas !!

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi