HATI-HATI ! Jangan Keseringan Pakai Headset / Earphone, Bisa Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Telinga

Pada jaman sekarang, headset merupakan salah satu benda yang tidak bisa lepas dari para pencinta musik atau penikmat audio lainnya. Selain mendengarkan musik, headset juga lebih nikmat digunakan untuk menonton film di laptop atau handphone karena suara yang dihasilkan lebih keras dan lebih terdengar tanpa mengganggu orang-orang disekitarnya saat mendengarkan musik atau melihat video/film. Tetapi keseringan menggunakan headset dapat mengganggu atau mempunyai efek negatif bagi kesehatan khususnya bagian telinga.

Bahaya Menggunakan Headset

  • Terlalu sering menggunakan headset dapat berdampak kerusakan permanen pada telinga. Biasanya terjadi pada kalangan muda yang sering menggunakan headset atau earphone yang berlebihan, walaupun tidak terasa untuk awal-awal penggunaan tetapi pada akhirnya gejala efek samping penggunaan dapat mengurangi indra pendengaran seseorang pada saat diusia 20-an.
  • Headset atau earphone yang sering dipakai akan menjadi kotor dan membuat telinga pun menjadi kotor. Terlalu sering memakai headset atau earphone yang kotor dapat membuat kuping kita menjadi terinfeksi beberapa penyakit, kuman atau bakteri akan mengganggu kesehatan telinga. Selalu bersihkan headset dan telinga Anda setelah menggunakannya.
  • Headset dapat mengantarkan gelombang elektromagnetik, diduga gelombang elektromagnetik ini dapat berpengaruh pada listrik otak. Radiasi yang ditimbulkan dapat merusak otak pada percobaan hewan tikus, akan tetapi belum ada penelitian terhadap manusia apakah bereaksi atau tidak. Tetapi bagi Anda pengguna headset harus tetap waspada.
  • Dapat menyebabkan kelelahan pada telinga atau sering disebut “ear fatigue” akibat terlalu banyak menerima stimulus suara secara terus-menerus dampaknya telinga akan menjadi perih dan sakit.
  • Hilangnya kesadaran sekitar karena terlalu fokus pada musik. Saat seseorang terlalu fokus akan musik dari headset, akan meningkatkan resiko kecelakaan, bisa jadi saat Anda berkendara maupun sedang berjalan di keramaian.
  • Penggunaan headset yang berlebihan dapat mempengaruhi ambang pendengaran seseorang, terutama penggunaan headset yang lama dan volume yang terlalu keras. Secara perlahan efek ini akan mengarah pada gangguan pendengaran yang bersifat permanen.

Sebaiknya gunakan headset sesuai kebutuhan saja, kenali bahaya menggunakan headset bagi pendengaran, dan lingkungan sekitar Anda karena efek buruknya dapat mengintai Anda. Tetap waspada!

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi