Bahaya Tidur Lagi Setelah Salat Subuh & Cara Menghilangkan Kebiasaan Ini

0

Dapat disimpulkan bahwa tidur setelah salat subuh sangat tidak baik bagi kesehatan dan juga dapat menghilangkan keberkahan dan kebaikan.

Pagi hari merupakan awal bencana bagi mereka yang tidak dapat memisahkan diri dari ranjang. Sebagaimana yang kita ketahui bahwa pagi adalah waktu terberat bagi manusia. karena itu sangatlah beruntung bagi orang-orang yang bangun pagi karena mampu melawan rasa malas yang menjerat diri.

Bahaya Tidur Lagi Setelah Shalat Subuh

Bangun tidur, salat, lalu tidur lagi. Adakah yang begitu? Banyak sekali. Jika dilihat memang pada waktu subuh menjadi saat-saat yang sulit karena terlalu banyak godaan di tempat tidur seperti selimut yang menghangatkan tubuh. Namun tidur setelah salat subuh sangatlah berbahaya terutama bagi kesehatan.

ads by posciety

Hilangnya Keberkahan

Salah satu bahaya tidur setelah salat subuh ialah hilangnya keberkahan. Berkah yang dimaksud adalah waktu yang dapat digunakan untuk memulai aktivitas. Turunnya rezeki seseorang dapat dilihat dari kapan dan apa yang dia lakukan di pagi hari.

Pernahkah kalian melihat orang sukses bangun di siang hari? Sampai saat ini belum ada orang sukses yang bangun siang. Bahkan diantara beberapa orang sukses hanya mendapatkan tidur lima sampai enam jam. Ada pula yang bahkan tidak bisa tidur karena dirinya terlalu cerdas.

Hilangnya Kebaikan

Tidur setelah salat subuh dapat membuatmu kehilangan kebaikan. Hal ini terjadi karena seharusnya kamu melakukan sesuatu demi kebaikan, justru hilang kesempatan untuk melakukan kebaikan. Misalnya, membantu orangtua memasak atau membersihkan kasur.  

Terganggunya Kesehatan dan Sikap Malas

Saat kamu tidur kembali setelah salat subuh, bangun di jam berikutnya, tubuh akan mengalami nyeri yang sangat tidak menyenangkan. Kesehatan tubuh akan semakin menurun. Biasanya orang yang tidur setelah shalat akan mengalami gangguan kesehatan. Bangun pagi setelah kamu bangun sebelumnya akan membuat kinerja otakmu melemah.

Selain itu, rasa malas juga akan semakin menggunung sehingga kamu melupakan tugas atau kewajiban. Banyak tidur akan mengakibatkan sikap lalai dan malas tumbuh.

Cara Menghilangkan Kebiasaan Tidur Setelah Shalat Subuh

Tidur memang dibutuhkan. Namun ada waktunya kapan tubuh harus beristirahat dan melakukan sejumlah aktivitas. Kebiasaan buruk tidur setelah shalat subuh bila dipelihara terus menerus maka tidak baik untuk masa depan. Terutama bagi kamu kaum wanita, kamu harus bangun lebih pagi dan jadikan itu sebagai kebiasan.

Agar kebiasaan tersebut tidak berlangsung lama, kamu membutuhkan cara mengatasi agar tidak tidur kembali setelah menunaikan shalat subuh. Beberapa cara sederhana guna mengatasi kebiaan buruk tersebut antara lain:

Menulis & Membaca 

Dua cara ini termasuk cara yang sederhana dalam mengatasi masalah yang kamu alami. Tahukah kamu jika kinerja otak di pagi hari baik untuk kegiatan menulis atau membaca?

Dengan menulis artikel, buku harian, dan membaca Al Quran atau bahan ajar ajar fiksi secara tidak langsung melatih kognitif kamu. Kegiatan tersbeut juga sangat bermanfaat bagi anak-anak yang masih sekolah.

Dzikir

Selain membaca dan menulis, dzikir termasuk ke dalam kegiatan yang bernilai pahala. Selain itu, dzikir juga membuat kita menyadari rasa syukur dan juga memuji keagungan Allah.

Karena di pagi hari, saat subuh malaikat-malaikat turun ke bumi untuk melihat apa yang dilakukan manusia. Jika mereka melakukan kebaikan seperti salat dan dzikir, maka kegiatan tersebut menjadi nilai pahala. Sebaliknya, bila subuh tiba manusia masih terlelah, maka celakalah.

Olahraga

Jenis olahraga sangat banyak. Olahraga dikenal dengan kegiatan yang berat seperti mengangkat sesuatu atau sejenisnya dilakukan di luar ruangan. Namun untuk saat ini sudah banyak sekali jenis olahraga yang dapat dilakukan di dalam rumah. Bahkan ada yang bisa dilakukan di atas kasur. Olahraga seperti yoga atau meditasi dapat dicoba agar pikiranmu lebih tenang dan rileks.

Menonton Televisi

Menonton televisi menjadi alternatif terakhir untuk mengatasi kebiasan buruk tidur setelah salat subuh. Mungkin kamu yang tidak suka dengan tiga kegiatan sebelumnya, menonton menjadi hal yang paling menarik.

Ragam jenis acara di pagi hari disiarkan si berbagai macam saluran televisi swasta maupun negeri. Seperti acara kerohanian atau mungkin menonton berita terupdate.


Dari penjelasan mengenai bahaya tidur setelah salat subuh di atas dapat disimpulkan bahwa tidur setelah salat subuh sangat tidak baik bagi kesehatan dan juga dapat menghilangkan keberkahan dan kebaikan.

Dengan begitu, kamu harus mengatasinya dengan cara sederhana yang mungkin kamu sukai. Bisa dengan membaca dan menulis, dzikir, olahraga, atau menonton televisi yang bermanfaat.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya