Contact Form 7 vs Caldera Forms – WordPress Form Plugins

Formulir kontak tentu menjadi salah satu kebutuhan penting dalam pengelolaan situs web, misalnya formulir kontak yang berfungsi untuk memberi jalan pada pengunjung situs web agar dapat menghubungi kalian langsung dari situs web hanya dengan mengisi formulir.

Kali ini saya persembahkan pertarungan sengit antara plugin WordPress Contact Form 7 melawan Caldera Forms.

#BATTLE 1 ~ Desain

Dari pandangan desian, masing-masing plugin ini memiliki caranya sendiri.

Contact Form 7

Plugin ini memberikan desain khusus kepada pengguna jika ingin memberikan desain tambahan, namun untuk mendekor form ini perlu memahami HTML & CSS karena memberikan desain nya langsung dari coding form.

(lihat gambar)

Setiap kali ingin memberikan desain khusus pada form ini perlu memasukkannya di code HTML CSS. Tapi secara default, formulir ini akan mengikuti desain tema seperti lebar bidang form / warna tombol / hal lainnya (jika code yang digunakan tema compatible dengan code Contact Form 7).

Caldera Forms

Tidak berbeda jauh dengan Contact Form 7, plugin Caldera Forms juga memerlukan pemahaman HTML CSS dalam memberikan desain khusus terhadap form nya. Tapi caranya sedikit berbeda, Caldera Forms perlu memberi nama class kustom pada bidang yang digunakan kemudian nanti nama class ini perlu diatur di file CSS tema kalian atau file CSS baru kalian yang memanggil nama class tersebut.

(lihat gambar)

Dalamn battle 1 ini saya rasa keduanya kurang memuaskan karena seharusnya masing-masing form dapat memberikan desain dengan mudah tanpa harus melibatkan code HTML & CSS, itulah yang diharapkan banyak orang.

Bisa dibilang tidak ada pemenang dalam battle ini tapi saya tetap harus memilih yang paling baik dari hasil battle 1 dan saya lihat Contact Form 7 lebih mudah dibanding Caldera Forms.

Contact Form 7 1 – 0 Caldera Forms

#Battle 2 ~ Fields

Field atau bidang merupakan salah satu faktor utama adanya formulir karena dengan kumpulan bidang maka disebutlah formulir.

Contact Form 7

Plugin ini memiliki 15 jenis bidang termasuk tombol Submit dan integrasi reCaptCha yang dapat digunakan oleh penggunanya. Cara penggunaannya perlu menyisipkan bidang-bidang tersebut kedalam area form yang telah disediakan, namun jika ingin mengatur lebih baik lagi posisi bidang tersebut perlu ditambahkan sebuah tag HTML seperti <p> / <label> atau tag lainnya yang dapat membantu tampilan bidang semakin baik dan ini perlu disisipkan secara manual alias diketik sendiri.

(lihat gambar)

Dan setiap kali ingin menghapus bidang yang sudah ada di area form, pengguna perlu menghapusnya satu persatu dengan cara blok bidang yang ingin dihapus kemudian klik Delete.

Caldera Forms

Plugin ini memiliki total 21 bidang default form yang dapat digunakan termasuk tombol Submit. Setiap bidang yang dipilih akan tampil secara live di area formulir. Hal ini lebih membantu karena kita dapat melihat contoh formulir secara langsung dan pugin ini memiliki live preview yang memungkinkan pengguna untuk mengetahui bagaimana formulir ini terlihat di halaman depan situs jika dipublikasikan.

(lihat gambar)

Menghapus bidang pada Caldera Forms lebih mudah cukup klik ikon close (x) pada bidang yang ingin dihapus.

Pada battle 2 ini Caldera Forms terlihat lebih unggul dengan fitur yang mudah dan live preview nya.

#Battle 3 ~ Integrasi

Biasanya, setiap form tidak bisa bekerja sendiri untuk menambah fitur lain dan memerlukan bantuan pihak ketiga atau yang biasa disebut integrasi.

Contact Form 7

Plugin ini memiliki integrasi dengan 1 pihak ketiga saja yaitu Google reCaptCha dengan tujuan ingin memberi keamanan lebih pada penggunanya agar tidak mendapatkan teror SPAM pada form submission nya.

(lihat gambar)

Posisi reCaptCha dapat diletakkan sesuai keinginan, tegantung bagaimana kalian menerapkan di area form.

Caldera Forms

Plugin ini memiliki 24 layanan dari pihak lain atau mereka menyebutnya extend salah satunya adalah mailchimp. Pengguna lebih leluasa untuk menggunakan form ini karena telah terintegrasi dengan banyak layanan.

(lihat gambar)

Sepertinya sudah dapat ditebak siapa pemenangnya, dengan banyak integrasi tentu memudahkan pengguna untuk menghubungkan layanan lain dengan Caldera Forms atau sebaliknya.

#Battle 4 ~ Terjemahan

Tentu pengguna plugin form ini tidak hanya dari satu negara saja pasti ada dari beberapa negara dan hal ini sangat mempengaruhi pengguannya bahkan keleluasaan penggunaannya. Karena tidak sedikit orang yang ingin menerjemahkan ke bahasa yang digunakan agar mudah dimengerti oleh pengunjung.

Contact Form 7

Pada plugin ini tersedia tab Message yang menampilkan pesan pada formulir tersebut misalnya kalimat yang muncul ketika pengunjung berhasil mengirim formulir atau biasa disebut alert.

(lihat gambar)

Dengan begitu, pengguna akan melihat dalam bahasa yang ditentukan pada tab Message ini.

Caldera Forms

Plugin ini lebih menarik lagi karena tidak perlu menerjemahkan kalimat per kalimat yang ada, secara otomatis Caldera Forms akan menerjemahkan alert sesuai negara & bahasa browser yang digunakan. Hal ini tentu lebih memudahkan para penggunanya dan dapat diakses oleh beberapa negara karena sudah secara otomatis akan menggunakan bahasa negara & browser yang digunakan pengunjung.

Namun, jika ingin menerjemahkan lebih jauh lagi seperti mengganti kalimat pesan ketika pengunjung berhasil mengirim form sesuai yang kalian inginkan, dapat menggantinya secara full edit di bagian Form Setting.

(lihat gambar)

Walaupun tanpa diatur sebetulnya sudah diterjemahkan pesan defaultnya menggunakan default translation masing-masing bahasa tapi kalia ndapat merubahnya jika ingin menampilkan pesan yang berbeda dan full kustomisasi.

Dari battle 4 ini terlihat jelas mana yang lebih menguntungkan dan unggul dalam hal terjemahan.

#Battle 5 ~ How To Display

Cara menerapkan form juga menjadi faktor utama apakah pengguna diberikan kemudahan dalam menerapkan form tersebut di masing-masing halaman / post.

Contact Form 7

Penerapan plugin ini dapat dilakukan dengan menyalin shortcode masing-masing formulir dan menempelkannya di bagian yang ingin ditampilkan misalnya di dalam post/ halaman / widget dan lainnya.

(lihat gambar)

Tentu kalian perlu membuka halaman Contact Form 7 terlebih dahulu untuk menyalin shortcode kemudia kembali ke editor post / halaman sebagai tempat dimana kalian akan menerapkan form tersebut.

Caldera Forms

Plugin ini lebih memudahkan pengguna WordPress dalam penggunaannya karena sudah tersedia tombol Caldera Forms disetiap editor post / halaman untuk mulai menampilkan form.

(lihat gambar)

Selain menerapkan form seperti biasa, Caldera Forms dapat diatur sebagai modal / popup ketika di klik oleh pengujung tombol atau text yang sudah diatur maka akan menampilkan form sebagai popup / modal. Selain itu, pada tombol Caldera Form di editor post / halaman akan menampilkan semua form yang pernah dibuat di halaman Caldera Forms yang memungkinkan pengguna untuk menerapkan form yang ingin digunakan atau menerapkan beberapa form sekaligus.

Fitur shortcode pun tersedia jika ingin menampilkan di widget / sidebar dengan menempelkan shortcode masing-masing form yang ingin digunakan kedalam widget / sidebar.

Dari battle 5 ini banyak hal yang diunggulkan oleh Caldera Forms, maka score akan ditambahkan untuk Caldera Forms.

Seperti biasa, saya hanya menampilkan maksimal 5 battle secara rinci. Sayang sekali, padahal masih banyak lagi hal yang perlu di bandingkan menjadi battle. Tapi akan saya susun battle lainnya kedalam sebuah table dibawah ini.

Fitur Contact Form 7 Caldera Forms
Email Setting Ya Ya
Conditions Tidak Ya
Processor Tidak Ya
Submission Entri Tidak Ya
Responsive Ya Ya
Variabel Tidak Ya
Pengguna Aktif 1 Juta 40.000

Dan hal lainnya yang dapat kalian ketahui setelah menggunakan plugin-plugin tersebut.

Jadi sekarang pilih mana ?

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi