Beginilah Cara Downgrade OPPO Seri F Marshmallow ke Lollipop Seperti Semula Bawaan Pabrik

Banyak pengguna OPPO F1 Plus yang telah mengganti OS Androidnya dari 5.1 (Lollipop) ke Android 6.0 (Marshmallow) dengan menggunakan OTA (Stock Rom) alias tidak resmi seperti yang pernah dijelaskan pada pos sebelumnya mengenai cara upgrade OS Android OPPO. Setelah melakukan proses upgrade ini, tentu ada saja kendala dan masalah yang memang tidak seberapa tapi cukup mengganggu aktivitas antara pemilik dan smartphone sehingga terasa tidak nyaman. Salah satunya adalah layar sentuh jadi rusak.

Pada salah satu video YouTube posciety telah menjelaskan apa saja kekurangannya setelah upgrade OPPO ke Marshmallow, namun ada yang terlwatkan pada video tersebut yaitu kerusakan touch screen bagian bawah yang mengakibatkan tidak dapat disentuh.

Jika kalian merasa kerusakan touchscreen itu diakibatkan karena jatuh, sepertinya tahan dulu pendapat itu ! Karena ketika diupgrade ke Marshmallow, memang layar bagian bawah tidak dapat disentuh karena OS Android yang tidak cocok dengan model perangkat keras smartphone. Tidak hanya OPPO f1 Plus saja, ini juga terjadi pada OPPO seri F lainnya seperti F1s.

Cara Downgrade OPPO F1 Plus & F1s Kembali ke Lollipop

Apakah ada solusi untuk downgrade ? Tentu saja ada ! Tapi sayangnya ini tidak bisa dilakukan sendiri di rumah seperti upgrade ke Marshmallow, tim posciety.com sudah menanyakan hal ini ke pihak OPPO Service Center bahwa OS Lollipop tidak disebarkan di internet. Itulah alasannya kenapa kamu kesulitan mencari Lollipop di internet untuk OPPO seri F.

Mungkin diantara pembaca ada yang berhasil menemukan OS Lollipop 5.1 untuk OPPO di internet, tapi sayangnya tidak akan berhasil downgrade sendiri karena OS Marshmallow tidak memberikan akses root untuk merubah OS secara keseluruhan tidak seperti OS Android versi sebelum-sebelumnya.

Lalu ? Bagaimana Caranya Saya Berhasil Downgrade ke OS Bawaan OPPO Lagi ?

Setelah berbincang-bincang dengan pihak OPPO Service Center di 2 kota berbeda, satu-satunya cara downgrade kembali ke OS pabrikan / setelan pabrik adalah mengunjungi OPPO Service Center dengan menjelaskan masalah dan tujuannya.

Datanglah ke OPPO Service Center terdekat, kemudian jelaskan bahwa tujuanmu ke sana karena ingin downgrade OS ke Lollipop 5.1 kembali seperti sedia kala saat baru membeli OPPO seri F. Tenang saja, ini gratis ! Bahkan pengerjaannya tidak sampai 10 menit.

Tapi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan sebelum melakukan downgrade, disarankan untuk membawa dus dan garansi untuk berjaga-jaga takutnya pihak OPPO menanyakan itu. Kemudian jangan lupa untuk membackup semua data, karena proses downgrade ini akan benar-benar menghapus data pada smartphone (internal) tanpa terkecuali !

Ketika proses downgrade selesai, cobalah sentuh layar bagian bawah maka akan berfungsi seperti biasa. Tidak hanya itu, beberapa fitur yang sempat hilang ketika menggunakan Marshmallow pun akan kembali tersedia dan dapat digunakan. Tentu ini membuat kita lebih nyaman menggunakan smartphone.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi