Cara Beli Tema & Plugin WordPress di Themeforest, Hati-Hati Jangan Sampai Tertipu Seperti Ini!

WordPress merupakan salah satu platform situs terbesar di dunia yang juga berpengaruh besar bagi Indonesia, mulai dari situs baru hingga situs yang sudah berlayar sejak lama di dunia online masih terbilang sangat banyak yang menggunakan WordPress. Seperti yang kita ketahui terdapat 2 versi WordPress saat ini yaitu WordPress.Com & WordPress.Org, keduanya memiliki perbedaan yang lumayan berdampak pada perkembangan situs, pelajari selengkapnya mengenai perbedaan WordPress.Com dan WordPress.Org.

Namun, keduanya tetap laris manis di internet dan menjadi pilihan para blogger bahkan developer untuk membuat sebuah situs web termasuk Company Profile.

WordPress dapat Anda nikmati secara bebas karena tersedia pilihan gratis dan platformnya ditetapkan sebagai open source. Tidak perlu membayar sepeserpun untuk menggunakan WordPress, Anda hanya akan mengeluarkan dana untuk keperluan pendukung lainnya seperti Hosting dan Domain (jika menggunakan WordPress.Org).

Haruskah Mengeluarkan Dana Lebih untuk Mengembangkan Situs WordPress?

Kebingungan biasanya akan datang menghampiri setelah Anda menggunakan WordPress dalam beberapa bulan, kebingungan apakah harus mengeluarkan dana lebih untuk membantu meningkatkan perkembangan WordPress lebih cepat.

Anda akan terpikirkan mengeluarkan dana lebih untuk membantu mengembangkan situs WordPress yang Anda miliki seperti membeli tema premium/berbayar, plugin PRO, dsb. Tidak ada salahnya, ini salah satu langkah bagus jika ingin mengembangkan situs WordPress. Pasalnya, tema dan plugin gratis yang tersedia di direktori WordPress hanya memberikan beberapa fitur umum saja. Ketika Anda memerlukan fitur tambahan, tentu harus mengeluarkan sedikit dana untuk membeli tema dan plugin premium. Ketika Anda tidak mendapatkan fitur yang Anda perlukan di tema gratis, sah-sah saja bagi Anda mempertimbangkan pembelian tema premium.

Tema dan plugin WordPress yang berbayar memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi gratisnya, tidak ada salahnya jika Anda membeli versi berbayar asalkan sesuai keperluan dan memang telah dipikir matang-matang. Misalnya Anda tidak mendapatkan kepuasan dari apa yang ditawarkan oleh tema WordPress toko online versi gratis, Anda dapat membeli versi PRO untuk mendapatkan kepuasan lebih.

Kenapa perlu dipikir matang-matang? Sayangnya, membeli tema dan plugin WordPress saat ini belum bisa dilakukan dengan mata uang rupiah, Anda perlu memiliki mata uang asing seperti US dollar untuk bertransaksi. Mungkin saja ada situs lokal yang menyediakan pembelian seperti ini, tapi Anda perlu memastikan jika situs tersebut benar-benar pengembang WordPress yang tidak diragukan kredibilitasnya.

Dimana beli tema dan plugin WordPress premium? Anda dapat membelinya di situs resmi para pengembang tema dan plugin WordPress, biasanya mereka akan mencantumkan situsnya di dalam menu versi gratisnya yang bertuliskan PRO atau Buy Pro Version. Jika Anda ragu, gunakanlah marketplace produk digital envato market.

envato market adalah kumpulan beberapa brand marketplace yang menyediakan produk digital, salah satu brand di bawah envato market yang dapat menjadi pilihan tepat untuk Anda membeli tema dan plugin WordPress premium adalah Themeforest (themeforest.net). Lebih dari 52juta item digital telah terjual di marketplace ini.

Cara Membeli Tema dan Plugin WordPress di Themeforest

Layaknya marketplace lain seperti TokoPedia dan BukaLapak, cara pembelian di envato market pun tidak berbeda jauh. Anda dapat memanfaatkan kategori atau form pencarian untuk menemukan tema dan plugin WordPress, klik tombol Buy dan selesaikan pembayaran.

Karena envato market disediakan untuk global, semua produk yang disediakan disini diatur dengan mata uang dollar Amerika Serikat. Bukan berarti warga negara Indonesia tidak membeli produk disini, jika Anda memiliki USD, Anda dapat membelinya seperti belanja di market place lain.

Bagaimana jika tidak memiliki dollar? Ada cara alternatif yang dapat digunakan salah satunya adalah kartu kredit (CC). Anda dapat menggunakan kartu kredit seperti MasterCard untuk membeli tema dan plugin di envato market.

Jika belum memiliki kartu kredit, Anda dapat meminjam kartu kredit saudara/teman yang dianggap saling mempercayai. Karena bisa saja terjadi kekeliruan seperti tagihan yang telat dibayar atau kecurangan lainnya jika Anda asal meminjam kartu kredit tanpa saling mengetahui satu sama lain.

Tidak hanya itu, tersedia banyak cara untuk melakukan pembayaran di envato market bahkan teman-teman di grup media sosial pun bisa membantu seperti grup Facebook WordPress Indonesia. Namun jika Anda tidak mempercayai orang itu, sebaiknya jangan melakukan kerjasama.

Banyak juga yang menawarkan pembelian tema dan plugin WordPress menggunakan Rupiah, cara kerjanya: Si A membeli tema di envato market menggunakan dollar, Anda membayar si A menggunakan Rupiah (tentu harus ada persetujuan berapa Rupiah per Dollarnya yang harus Anda bayarkan).

Ada juga yang menawarkan reseller, si A sudah memiliki tema atau plugin yang Anda inginkan di Themeforest dan berniat untuk menujual lisensinya agar Anda dapat menggunakan tema tersebut secara resmi.

Tapi harus berhati-hati dengan cara-cara kerjasama di internet seperti ini, tidak sedikit juga yang tertipu dan mengalami kerugian. Baru-baru ini, di grup Facebook WordPress Indonesia terjadi kekeliruan dalam kerjasama pembelian tema di Themeforest.

gambar 1 - grup facebook wordpress indonesia

Diketahui akun Facebook salah satu memberi grup FB WordPress Indonesia “Ahmad Rifai” mendapatkan kerugian dalam kerjasama pembelian tema WordPress dengan orang yang sepertinya tidak begitu dikenalinya. Berikut isi pesan yang dibagikan Ahmad Rifai bersamaan dengan kirimannya di grup FB WordPress Indonesia:

gambar 2 - tema nulled themeforest indonesia

Ternyata yang didapatnya adalah tema Nulled, tema yang tidak resmi dan jelas ini tidak boleh diikuti karena sama sekali tidak menghargai jerih payah para pengembang dan hal seperti ini benar-benar tidak diperbolehkan dalam lisensi produk digital manapun.

Dengan kejadian ini diharapkan para pembaca dapat mengambil pelajaran positif dan selalu berhati-hati dalam bertransaksi apapun, dimanapun, kapanpun, dan dengan siapapun.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi