Setelah berhasil memasang kode pelacakan / ID pelacakan Google Analytics pada website / blog, kamu dapat mengetahui pengunjung yang sedang aktif, pengunjung perhari, dan fitur lainnya yang tersedia. Postingan kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengetahui pengunjung blog perhari, minggu, dan per bulan.

Catatan: Pastikan kode pelacakan telah berhasil terpasang dengan benar lebih dari satu bulan (jika ingin melihat total pengunjung perbulan). Lihat cara memasang id pelacakan Google Analytics yang baik dan benar.

Sebetulnya, untuk mengetahui / melacak total pengunjung tidak hanya dilakukan via Google Analytics saja. Banyak layanan traffic lainnya yang dapat dijadikan pertimbangkan jika kalian tidak menyukai Google Analytics, salah satunya yaitu HiStats. Tapi beberapa hari lalu saya baru saja memposting tentang cara pasang kode lacak GA, maka sekarang saya berniat untuk melanjutkan tutorial tentang GA  juga.

Untuk mengetahui total pengunjung dengan jangka waktu yang diinginkan melalui GA, silahkan masuk terlebih dahulu ke dasbor Google Analytics menggunakan akun yang sudah pernah dibuat sebelumnya. Kunjungi dasbor GA https://analytics.google.com/analytics kemudian pilih situs web yang ingin diketahui jumlah pengunjungnya (jika akun tersebut memiliki banyak situs web) maka akan diarahkan ke halaman beranda traffic GA.

gambar 1 cara mengetahui jumlah pengunjung perhari google analytics - rio bermano

  • Klik Audience > Ringkasan pada daftar menu disamping kiri untuk melihat ringkasan
  • Pada halaman ringkasan ini, tentukan dari tanggal berapa sampai tanggal berapa yang ingin diketahui jumlah pengunjungnya. Tentukan tanggal disebelah kanan atas

Catatan: Buat range 1 bulan jika ingin mengetahui jumlah pengunjung selama satu bulan tersebut (misalnya: dari tanggal 1 Juli 2017 sampai 1 Agustus 2017), buatlah range 1 minggu jika ingin mengetahui jumlah selama seminggu tersebut, buatlah range 1 hari / hari ini jika ingin mengetahui jumlah pengunjung selama 1 hari tersebut atau hari ini (hari ini masih akan terus berjalan sesuai pengunjung yang tiba di website).

  • Setelah berhasil menentukan range waktu, hasilnya akan tampil dibagian bawah halaman seperti yang diberi tanda pada gambar diatas
  • Pastikan kamu sudah memilih Session / Sesi pada dropdown menu yang ditandai pada gambar jika ingin mengetahui Session / Sesi pada tange tanggal yang sudah ditentukan
  • Jika ingin mengetahui jumlah pengunjung, pilih User / Pengguna pada dropdown menu tersebut

Tidak hanya itu, kamu juga bisa mengetahui apakah dalam range waktu tersebut lebih banyak returning visitor (pengunjung yang kembali_ atau new visitor (pengunjung baru) melalui graphic lingkaran berawarna hijau dan biru.

Scroll lagi kebawah untuk melihat lebih dalam seperti asal Negara, asal Kota, bahasa yang digunakan pengunjung, browser, sistem operasi, dan lainnya. Klik salah satu menu yang disediakan untuk mengetahui lebih lanjut (misalnya: jika ingin mengetahui lebih lanjut tentang pengunjung dari negara mana saja pada range waktu yang sudah ditentukan, klik Negara) maka akan ditampilkan Negara mana saja yang sudah berkunjung ke situs web / blog bersangkutan selama range waktu yang ditentukan.

Jika ingin menyaring data lebih rinci lagi, manfaatkanlah fitur segmentasi yang disediakan. Klik Tambahkan Segment pada daftar box segment diatas (defaultnya hanya 1 segment saja yaitu Semua Pengguna), setiap segment yang dibuat akan otomatis menampilkan hasil sesuai segementasi yang dipilih misalnya segment pertama = Semua Pengguna dan segmen kedua = Melakukan Pembelian. Artinya, data yang ditampilkan adalah semua pengguna yang melakukan pembelian.

Google Analytics adalah salah satu layanan pelacakan yang bisa dibilang sangat lengkap fiturnya sehingga dapat membantu pemilik web / blog mengenali pengunjungnya lebih dalam lagi seperti yang saya jelaskan pada artikel Google Analytics – Kenapa Publisher dan Advertiser Harus Menggunakan Google Analytics.

Bagaimana Jika Menggunakan Aplikasi Google Analytics di HP

Tidak berbeda jauh dengan cara di desktop, silahkan buka aplikasi GA masuk dengan akun (email) yang bersangkutan lalu pilih situs web yang ingin dilihat statistiknya (jika akun tersebut mendaftarkan banyak web/app).

Sama seperti di desktop, pada halaman beranda akan menampilkan summary termasuk real time summary. Ketuk toggle menu (garis 3) di sisi kiri atas untuk menampilkan menu kemudian pilih Audience > Ringkasan.

lihat jumlah pengunjung google analytics aplikasi smartphone - rio bermano

Tentukan waktu yang ingin dilacak jumlah pengunjungnya pada bagian bar atas (ketuk waktu) lalu klik Simpan maka secara otomatis data yang ditampilkan adalah data dari range waktu tersebut.

Untuk menyaring Users / Pengguna, Session / Sesi, dan saringan lainnya ketuk ikon filter di atas kanan dan pilih saringan yang ingin ditampilkan (pada range waktu yang sudah ditentukan tadi).

Itu saja, semoga bermanfaat. Untuk mengetahui tutorial lainnya tentang Google Analytics, kunjungi kategori Google Analytics.

Selamat mencoba !

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments