Berikut Ini 3 Gejala Penyebab Filariasis (Kaki Gajah)

Penyakit kaki gajah atau sering disebut lymphatic filariasis adalah penyakit menular yang disebabkan oleh cacing filaria dan disebarkan oleh nyamuk. Ketika nyamuk menghisap darah seseorang yang terjangkit penyakit kaki gajah dan nyamuk tersebut akan terjangkit infeksi cacing tersebut. Dan nyamuk yang terinfeksi akan membawa penyakit infeksi tersebut dan ketika seseorang tergigit nyamuk yang telah terinfeksi cacing tersebut akan tinggal di pembuluh getah bening.

Cacing tersebut bisa tumbuh dan berkembang di dalam tubuh seseorang dengan jangka waktu yang lama bahkan sampai 7 tahun lamanya. Cacing yang berkembang dan semakin banyak akan membuat cacat permanen berupa pembesaran kaki, lengan, dan alat kelamin. Kaki gajah bukanlah penyakit yang mematikan tetapi orang yang terkena penyakit ini mengganggu aktivitas sehari-hari dan membuat seseorang menjadi malu. Ada 3 jenis cacing filaria yang menyebabkan penyakit ini yaitu Wuchereria bancrofti, Brugia malayi, dan Brugia timori.

Penyakit kaki gajah ini memiliki 3 fase dalam waktu untuk menentukan penyakit ini yaitu:

  • Fase tanpa gejala

Di fase ini seseorang yang terkena penyakit infeksi kaki gajah tidak memiliki gejala apapun. Tapi tanpa disadari cacing infeksi ini telah menyerang sistem aliran darah seseorang yang membuat gangguan terhadap sistem kekebalan tubuh manusia.

  • Fase Akut

Ditandai dengan adanya peradangan kulit, kelenjar getah bening dan pembuluh getah bening. Dan beberapa gejala ini disertai demam dan pembengkakan pada kaki dan kantung zakar.

  • Fase Kronis

Dan di fase ini terjadi pembengkakan jaringan limfa dan penebalan pada kulit kaki dan zakar.

Beberapa gejala-gejala yang dialami seseorang yang terinfeksi kaki gajah:

  • Demam berulang-ulang selama 3-5 hari.
  • Bengkaknya kelenjar getah bening di daerah lipatan paha atau ketiak yang nampak merah, panas, dan sakit.
  • Pembesaran tungkai kaki, lengan, buah dada, dan alat kelamin yang terlihat kemerahan dan panas.

Pencegahan terhadap penyakit Kaki Gajah

Karena nyamuk adalah penyebab utama dari infeksi kaki gajah ini, pemberantasan sarang nyamuk yang menjadi kunci utama untuk mencegah penyakit kaki gajah. Perkenalan tentang bahaya penyakit kaki gajah oleh lembaga kesehatan masyarakat, melakukan pembasmian sarang nyamuk di sekitaran rumah warga, memakai lotion anti nyamuk untuk menghindari gigitan nyamuk, melakukan gerakan 3M (Menguras, Mengubur, Menutup) tempat yang diduga menjadi sarang nyamuk. Konsultasikan kepada dokter untuk penanganan lebih lanjut bila seseorang terkena penyakit kaki gajah.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi