Jangan Biarkan Visitor Tersesat Karena Branded Short Domain

Bitly 404 Page & SSL HTTPS Configuration

Photo: Jordan Ladikos

Setelah berhasil membuat Bitly Branded Short Domain alias membuat link pendek Bitly menggunakan alamat domain kustom, contohnya: https://go.posciety.com/modalBootstrap maka akan diarahkan ke salah satu halaman di posceity.com yang telah dipendekkan menggunakan Bitly.

Namun setelah branded domain itu berhasil, terkadang kita menemukan kesalahan ketika mengatur SSL HTTPS dan Root 404. Bagaimana jika ingin menggunakan HTTPS SSL ? Pastikan di situs / domain bersangkutan sudah terpasang sertifikat SSL HTTPS seperti posciety.com dan go.posciety.com (branded short domain).

SSL HTTPS Bitly

  • Masuk ke akun Bitly seperti biasa
  • Klik username / name
  • Pilih Manage, akan diarahkan ke halaman management
  • Pilih Branded Short Domain di daftar menu samping kiri
  • Klik branded short domain yang ingin dikonfigurasi
  • Pilih HTTPS dan SSL Configuration
  • Aktifkan (ON) Use HTTPS untuk menggunakan HTTPS, kamu juga dapat mengaktifkan (ON) pilihan lainnya (HSTS dan Upgrade Insecure Request) jika perlu

Dengan mengaktifkan ini, link short branded domain kamu akan tersedia dalam versi aman (secure) yaitu dengan memanfaatkan SSL sertifikat dari domain bersangkutan. Maka contoh hasil dari branded short domain yang secure akan menjadi https://go.posciety.com/modalBootstrap bukan http://go.posciety.com/modalBootstrap (tanpa s).

Apakah saya harus menggunakan ini ? Tidak, kalo punya SSL saja silahkan gunakan. Jika tidak punya, matikan (OFF) opsi ini agar tidak terjadi error yang tidak diinginkan.

Root & 404 Page Bitly

Ini merupakan halaman root dari short branded domain yang dibuat, kemanakah go.posciety akan diarahkan jika ada yang mengunjungi URL tersebut ? Sedangkan itu adalah short branded domain yang tidak memiliki konten beranda.

Secara default, Bitly akan mengarahkan ke halaman 404 milik Bitly dan menampilkan informasi bahwa domain URL tersebut merupakan short branded domain yang dibangun menggunakan Bitly.

halaman root 404 bitly kustom

Artinya siapapun dapat mengetahui bahwa domain URL pemendek tersebut dibuat menggunakan layanan Bitly, bagaimana saya menyembunyikannya ?

  1. Masuk ke akun Bitly seperti biasa
  2. Klik username / name
  3. Pilih Manage, akan diarahkan ke halaman management
  4. Pilih Branded Short Domain di daftar menu samping kiri
  5. Klik branded short domain yang ingin dikonfigurasi
  6. Pilih Root & 404 Redirect

Pada bidang Root URL, isilah dengan URL kemana ingin mengarahkan para pengunjung yang mencoba mengunjungi halaman root short branded domain bersangkutan (contoh: root go.posciety.com ingin diarahkan ke halaman beranda posciety.com maka isilah https://www.posciety.com di kolom ini)

Pada bidang 404 URL, isilah dengan URL kemana kamu ingin mengarahkan visitor yang mendapatkan URL Tidak Valid (URL Not Found) entah karena telah dihapus atau memang halaman tidak tersedia. Biasanya akan diarahkan ke halaman default 404 milik Bitly. Jika ingin mengarahkan ke halaman beranda maka masukkanlah URL halamana beranda pada kolom ini (contoh: https://www.posciety.com).

Jangan lupa klik tombol Save untuk menyimpan perubahan.

Setelah berhasil disimpan, cobalah kunjungi URL Root dan 404 dari branded short domain bersangkutan pasti diarahkan ke URL yang baru saja kita konfigurasi daitas. Dengan begitu, kamu tidak akan kehilangan pengunjung lagi.

Selamat mencoba !

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi