Mengakses POP3, Yahoo, Hotmail, AOL, dan Email Lainnya di GMail

Beberapa Email Dalam 1 GMail Saja

Google Mail atau yang lebih dikenal dengan GMail merupakan layanan email gratis terbesar di dunia yang dikelola oleh Google Inc, salah satu menjadikan sebuah layanan email terbesar dan terbaik harus memiliki banyak fitur per-email-an yang dapat dinikmati oleh para penggunanya salah satunya adalah fitur “membaca/mengirim email dari/ke email“.

Pada postingan kali ini saya contohkan dengan menambahkan alamat email POP3 (alamat email domain sendiri).

Akses contoh@riobermano.com di GMail

GMail memiliki fitur membaca dan mengirim pesan dari email lain, contoh: Kamu punya 1 email (GMail, contoh@gmail.com), dan punya 1 email selain GMail misalnya Yahoo Mail atau email domain sendiri (contoh@riobermano.com), kamu dapat mengakses contoh@riobermano.com melalui layanan GMail baik itu menerima pesan ataupun mengirim pesan.

Dengan begitu, kamu gak perlu repot-repot lagi bolak-balik membuka layanan email lain dan layanan GMail, tapi cukup akses semuanya di satu halaman yaitu halaman layanan email GMail.

Untuk mengatur ini semua caranya cukup mudah, silahkan masuk ke GMail (dekstop) lalu klik ikon gerigi (gear) dan pilih Setelan / Settings.

Setelah masuk ke halaman Setelan, pilih menu Akun dan Impor (jika menggunakan Bahasa Indonesia) dari daftar menu diatas. Pada bagian Kirim Email Sebagai:, klik Tambahkan alamat email lainnya. Akan muncul layar popup dengan pengaturan awal penambahan email lain, silahkan isi Nama dan Alamat Email (lain) yang ingin diakses melalui halaman GMail.

gambar 1 cara kirim menerima email lain dari gmail - rio bermano

Centang / hapus centang kotak Anggap sebagai Alias.

Centang kotak, jika ingin: menerima dan mengirim pesan dari email lain di kotak masuk GMail, secara otomatis GMail akan forward email yang masuk ke alamat email lain tersebut ke kotak masuk aktif GMail. Hapus centang jika ingin: hanya mengirim pesan menggunakan alamat email lain (untuk melihat pesan yang masuk ke alamat email lain kamu perlu membuka di layanan email lain tersebut).

Disarankan untuk mencentangnya, tapi ini tidak menjadi masalah besar karena sebetulnya di layanan email lain tersebut kamu bisa melanjutkan (forward) ke alamat GMail yang ada. Misalnya menambahkan contoh@riobermano.com, saya bisa forward aja contoh@riobermano.com ke alamat GMail maka akan dapat dilihat di GMail. Ini tergantung mana yang lebih kamu suka aja.

Cantumkan alamat “balas ke” yang berbeda, klik tulisan ini jika ingin menentukan reply-to yang berbeda untuk alamat email lain yang ditambahkan, misalnya menambahkan contoh@riobermano.com dan ingin orang lain membalas ke alamat email lain selain ini, maka isi alamat emailnya disini. Jadi, ketika kamu mengirim ke seseorang menggunakan contoh@riobermano.com dan orang itu membalas, balasan akan masuk ke alamat email yang dicantumkan disini. Biarkan kosong jika ingin orang lain membalas ke contoh@riobermano.com.

Jika sudah selesai, klik tombol Langkah Berikutnya>> maka akan menampilkan halaman konfigurasi email yang ditambahkan, silahkan masukkan Server SMTP, Nama Pengguna (isi dengan alamat email yang ditambahkan), dan Sandi email tersebut. Klik tombol Tambahkan Akun>> untuk menuju ke langkah berikutnya.

Perlu loading untuk autentikasi sebelum melanjutkan ke halaman berikutnya, jika autentikasi berhasil maka akan ke halaman berikutnya tapi jika gagal silahkan periksa lagi konfigurasi email tadi. Jika menggunakan POP3 dan cPanel, kamu bisa melihat konfigurasi email di cPanel -> Email Accounts. Jika autentikasi berhasil, GMail akan mengirim link dan kode konfirmasi ke alamat email lain yang ditambahkan, klik link tersebut untuk konfirmasi atau salin kode konfirmasi dan tempelkan di halaman konfirmasi kode.

gambar 2 cara kirim menerima email lain dari gmail - rio bermano

Jika kode konfirmasi / link konfirmasi benar, maka konfirmasi berhasil. Layar popup akan tertutup otomatis dan email lain yang ditambahkan akan tampil di daftar daftar Kirim Email Sebagai:.

Untuk membuktikannya, silahkan coba buat email baru / compose email, pada bagian Dari silahkan pilih dari email mana ingin mengirim pesan tersebut. Begitu juga ketika membalas sebuah pesan, klik balas, klik nama penerima, pilih dari email mana ingin membalas pesan tersebut.

Sekarang, sudah bisa mengakses email POP3 (domain sendiri) lewat GMail. Tidak hanya POP3 / SMTP saja, tapi bisa juga untuk layanan lain seperti Yahoo, AOL, Hotmail, dan akun email lainnya. Supaya sama dengan yang dijelaskan pada tutorial diatas, disarankan untuk mengganti bahasa tampilan GMail ke Bahasa Indonesia terlebih dahulu.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara akses email lain melalui GMail.

Jika ingin menghapus alamat email lain yang ada di GMail, cukup klik Hapus di sebelah kanan dari daftar email lain yang ada. Akan muncul layar popup untuk konfirmasi penghapusan, klik tombol Oke. Jika berhasil dihapus, email lain tersebut tidak akan lagi bisa di akses melalui GMail tersebut.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Komentar ditutup.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi