Gerakan, Gestur Cepat, Panggil Pintar, Anti Salah Sentuh Layar OPPO F1 Plus


Smartphone OPPO F1 Plus memiliki fitur yang membuat iri beberapa pengguna lainnya yaitu fitur Screen Off Gestures alias fitur Gerakan Saat Layar Mati, fitur ini dapat memperepat tindakan saat layar handphone dalam keadaan mati (idle). Defaultnya, beberapa gestur sudah aktif dan dapat disesuaikan. Untuk menemukan fitur ini silahkan masuk ke Pengaturan > Gerakan (jika menggunakan bahasa Indonesia).

Terdapat beberapa pilihan yang dapat disesuikan pada halaman ini:

  • Gerakan layar-mati
  • Gestur cepat
  • Panggilan pintar
  • Anti salah sentuh layar

Untuk mengetahui lebih lanjut setiap opsi diatas, mari lanjutkan membaca.

Gerakan Layar-Mati (Screen-Off Gestures)

Kamu dapat membuat / menentukan gerakan yang ingin diaktifkan ketika layar mati, klik bagian ini untuk mulai menyesuaikan. Untuk mengaktifkan fitur ini, alihkan tombol Gerakan layar-mati menjadi nyala (ON). Selanjutnya pilih opsi gerakan layar mati yang ingin diaktifkan dibagian bawah.

Ketuk dua kali untuk menyalakan layar

Jika mengaktifkan fitur ini, ketika layar mati dan ingin menyalakannya cukup ketuk layar dengan 2 (dua) kali ketukan. Tuk tuk, maka layar menyala. Tidak perlu menekan tombol power.

Gambar sebuah O untuk menuju kamera

Bagi pencipta selfie atau yang gemar mengambil sebuah momen dengan kamera, sepertinya perlu mengaktifkan fitur ini. Jika mengaktifkan fitur ini, kamu bisa menuju kamera dengan cepat walaupun ketika layar HP dalam keadaan mati. Cukup bentuk sebuah O pada layar ketika layar mati maka BOOOOM akan muncul layar kamera.

Gambar V untuk menyalakan senter

Ketika malam gelap dan tiba-tiba mati lampu, akan lebih mudah mencari cahaya cukup dengan menggambar sebuah V pada layar saat layar HP dalam keadaan mati maka lampu senter HP akan langsung menyala dan menemani kamu dalam gelap.

Kontrol musik

Ini fitur paling favorit, cukup usap 2 jari dari atas layar ke bawah untuk memainkan / stop musik ketika layar HP dalam keadaan mati. Selain itu, kamu bisa beralih ke musik selanjutnya (next) dengan menggambar sebuah >. Untuk beralih ke musik sebelumnya (prev) cukup gambar sebuah < pada layar saat layar dalam keadaan mati.

Tambahkan gerakan layar-mati

Masih kurang ? Masih perlu gerakan untuk tindakan cepat lain ketika layar mati ? Pada OPPO F1 Plus / Android tersedia beberapa gerakan layar-mati yang bisa diaktifkan jika ingin digunakan, ketuk menu Tambahkan gerakan layar-mati untuk melihat rincian.

Saat ini ada 7 gerakan yang tersedia yaitu:

  • Gambar sebuah bentuk ^
  • Gambar huruf M
  • Gamar huruf W
  • Geser ke atas
  • Geser ke bawah
  • Geser ke kiri, dan
  • Geser ke kanan

Pilih salah satu yang ingin digunakan sebagai gerakan layar-mati tambahan, misalnya Gambar huruf W. Ketika dipilih, akan ada pilihan lagi apakah gerakan ini akan digunakan untuk Buka kunci, Buka Salah Satu Aplikasi, atau Memanggil salah satu kontak.

Jika memilih Buka Aplikasi atau Memanggil, silahkan pilih aplikasi atau kontak mana yang ingin dihubungkan dengan gerakan tersebut.

Sebaiknya hati-hati dalam menggunakan fitur tambahan ini, karena tidak dapat di undo.

Gestur Cepat

Kembali lagi ke menu Gerakan, terdapat menu Gestur Cepat. Ini merupakan fitur gerakan / gestur yang dilakukan ketika layar menyala. Saat ini terdapat 2 pilihan yaitu:

  • Cuplikan dengan tiga jari
    Merupakan gerakan 3 (tiga) jari dari atas kebawah untuk mengambil gambar cuplikan atau yang biasa dikenal dengan screenshot (capture) layar yang sedang dibuka.
  • Mode operasi satu tangan
    Merupakan gerakan untuk memperkecil ukuran layar tampilan sehingga dapat dioperasikan hanya dengan satu tangan saja, biasanya ini berguna ketika tangan satunya sedang sibuk (misalnya menyetir / menulis).

Panggilan Pintar

Ini merupakan fitur cepat dalam perihal manggil memanggil alias menelepon, ada beberapa fitur yang dapat dimanfaatkan dalam Panggilan Pintar ini.

Panggil otomatis bila didekatkan ke telinga

Ini adalah fitur untuk memanggil sebuah kontak, cukup dekatkan ke telinga maka akan langsung memanggil kontak tersebut tanpa harus mengetuk Panggil. Fitur ini berjalan pada halaman rincian kontak, Rincian Panggilan, Percakapan Pesan, dan Antarmuka Info.

Jawab otomatis bila didekatkan ke telinga

Ketika ada panggilan masuk, cukup dekatkan HP ke telinga maka secara otomatis akan menjawab panggilan masuk tersebut. Fitur ini sangat bermanfaat ketika kamu dalam keadaan super sibuk seperti menyetir.

Alihkan ke pengeras suara untuk panggilan

Ketika mengaktifkan fitur ini, secara otomatis suara panggilan yang menggunakan speaker atau lebih dikenal loud speaker akan dialihkan ke suara biasa ketika HP didekatkan ke telinga. Ini sangat membantu agar suara tidak terlalu keras ketika HP di dekat telinga dalam keadaan loud speaker.

Balik ponsel untuk membisukan panggilan masuk

Bagi kalian yang sering berada dalam acara meeting atau suasana hening namun tidak ingin mengatur HP menjadi silent, dapat menggunakan fitur ini. Karena ketika ada panggilan masuk dan tidak ingin menjawabnya, cukup balikkan HP agar panggilan masuk tidak berisik tapi tidak di tolak (reject). Fitur ini juga berjalan dalam mode getar, balikkan HP untuk menghilangkan getaran panggilan masuk.

Anti Salah Sentuh Layar

Kembali ke menu utama Gerakan, terdapat menu Anti salah sentuh layar. OPPO F1 Plus menghadirkan fitur ini agar pengguna tidak merasa direpotkan dengan masalah salah sentuh layar.

Misalnya kamu mengaktifkan fitur gerakan layar-mati untuk senter kemudian HP disimpan di saku celana atau dalam tas dan terjadi sebuah gerakan pada layar akibat gesekan dengan benda lain, maka HP tidak akan merespon karena itu akan dianggap sebagai salah sentuh layar.

Itulah fitur Gerakan yang dimiliki OPPO F1 Plus dan mungkin saat ini sudah banyak smartphone yang memiliki fitur seperti ini, yang jelas fitur ini bertujuan untuk membantu pengguna lebih cepat dan mudah dalam melakukan hal yang sama yang sering dilakukan dengan selisih waktu yang dekat atau karena keadaan genting.

Semua penjelasan diatas dicontohkan dengan OPPO F1 Plus berbahasa Indonesia, agar lebih mengikuti tutorial ini pastikan HP OPPO F1 Plus kamu menggunakan bahasa Indonesia juga. Lihat: Cara mengganti bahasa tampilan OPPO F1 Plus.

Selamat mencoba !


Jangan Lupa Share !!!

77
15 shares, 77 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
5
Bingung
Kesal Kesal
3
Kesal
OMG OMG
5
OMG
Takut Takut
4
Takut
Keren Keren
2
Keren
Sedih Sedih
7
Sedih
Posciety Tech

Advanced Proficient

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia teknologi. Dikelola oleh tim Posciety Tech.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki