Cara Aktifkan php-mbstring di VPS (WHM panel)

Jika Anda menggunakan VPS dengan panel, cara mengaktifkan mbstring terbilang cukup mudah ketimbang VPS tanpa panel. Namun, memang ada beberapa hal yang membuat bingung. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengaktifkan mbstring di VPS menggunakan panel WHM.

  • Login ke panel WHM
  • Pada bagian Software di daftar menu atau gunakan kolom pencarian, cari dan pilih EaseApache
  • Jika Anda pernah membuat profil khusus yang digunakan, edit/customize profil tersebut. Jika belum, cari dan klik tombol Customize pada bagian cPanel (misalnya cPanel Default)
  • Pada bagian PHP Extensions, temukan php-mbstring. Gunakan kolom pencarian untuk cara cepat menemukan php-mbstring
gambar 1 - aktifkan mbstring whm

Sebelum mengaktifkan/install mbstring, pastikan Anda mengetahui versi PHP yang digunakan oleh situs web (domain) pada cPanel bersangkutan. Lihat bagaimana cara mengganti versi PHP, disana Anda akan mengetahui versi PHP yang digunakan oleh cPanel bersangkutan.

Dengan mengetahui versi PHP yang digunakan oleh situs web / domain bersangkutan, Anda dapat memasang mbstring hanya untuk versi PHP itu saja. Jadi lebih spesifik, tidak ada salahnya jika ingin mengaktifkan mbstring di semua versi PHP jika Anda tidak yakin versi PHP yang digunakan.

Pada gambar di atas, terdapat label Installed pada versi PHP 7.0 artinya versi PHP 7.0 mbstring nya sudah aktif. Jika di tampilan layar Anda tidak ada yang Installed, silahkan instal/aktifkan mbstring dengan klik toggle switch di sebelah kanannya.

  • Selanjutnya, klik tombol Next hingga akhir atau langsung ke bagian Review
  • Pada bagian Review ini Anda akan melihat ulasan apa saja yang berubah, jika semuanya sudah benar, klik tombol Provision untuk compile ulang cPanel bersangkutan

Tunggu beberapa saat hingga proses compile selesai, setelah semuanya selesai maka perubahan Anda berhasil diterapkan. Pada kasus ini, mbstring berhasil diaktifkan pada cPanel bersangkutan dan siap untuk digunakan.

Biasanya, beberapa penyedia hosting maupun VPS tidak mengaktifkan mbstring untuk panel. Lakukan cara di atas untuk mengatasinya. Ketika menggunakan CMS seperti WordPress, jika Anda menggunakan VPS dengan panel dan diminta untuk mengaktifkan mbstring maka cara di atas adalah solusi paling tepat.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi