Backup Situs WordPress via Softaculous

Jangan Biarkan Data WordPress Hilang

Backup situs WordPress merupakan salah satu cara untuk menghindari peretasan situs WordPress dan kali ini akan saya bagikan bagaimana cara backup situs WordPress via Aplikasi Softaculous dari cPanel.

Backup & Restore

Seperti biasa, silahkan masuk ke cPanel dan klik Aplikasi Softaculous maka akan diarahkan ke layar / halaman Softaculous. Pilih menu WordPress untuk menampilkan catatan / overview dari aplikasi WordPress, scroll kebawah pada halaman WordPress ini maka akan menampilkan semua domain yang terinstall WordPress. Silahkan pilih menu Backup pada barisan yang sejajar dengan domain yang ingin dibackup.

(lihat gambar)

Setelah di klik ikon backup seperti yang dilingkari pada gambar diatas (klik ikon backup yang sejajar dengan domain yang ingin di backup data WordPress nya), akan diarahkan ke halaman overview backup sebelum memulai backup. Jika ingin backup lebih dari 1 situs WordPress sekaligus, silahkan centang kotak disebelah kanan (centang kotak yang sejajar dengan domain yang ingin di backup datanya) lalu pada menu tarik-turun With Selected: pilih Backup dan klik tombol Go disampingnya.

Terdapat beberapa pilihan pada overview ini untuk menentukan opsi backup misalnya Backup Directory dan Backup Database, silahkan centang pada masing-masing kotak tersebut jika diperlukan (memilih apa saja yang ingin di backup) disarankan untuk mencentangnya semua. Ada juga kolom Backup Note yang fungsinya untuk memeberikan catatan pada hasil backup nanti (catatan ini hanya sebagai note / pengingat saja dan tidak dapat dilihat orang lain).

Jika sudah yakin dengan pengaturannya silahkan scroll kebawah dan klik tombol Backup Installation. Tunggu beberapa detik sampai proses backup selesai.

Setelah selesai, akan muncul pemberitahuan bahwa proses backup telah selesai seperti ini: The backup was created successfully. You can access it from the Backups page. Pada pemberitahuan ini terdapat link yang mengarah ke halaman backup pada tulisan Backups, silahkan klik tulisan tersebut maka akan diarahkan ke halaman backup.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara membuat cadangan data WordPress.

Pada halaman backup ini akan menampilkan seluruh hasil backup yang pernah dibuat. Kalianpun selalu dapat melihat daftar hasil backup dengan mengklik menu Backups and Restore di menu navigasi atas.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi