Pengaturan Back Up Obrolan WhatsApp

Simpan dan Pulihkan Obrolan di Lain Waktu

WhatsApp sebagai media perpesanan terlaris di dunia, tentu harus memikirkan segala solusi untuk mengurangi resiko kehilangan para penggunanya termasuk membantu para pengguna untuk mencadangkan pesan-pesannya. Tahu kah kamu ? Sebetulnya WhatsApp sudah memiliki fitur backup perpesanan yang dapat bekerja periodik.

Pengaturan Backup WhatsApp

Pengaturan backup ini berada di menu Settings (jika menggunakan bahasa Inggris) >> Chats / Obrolan >> Chat Backup / Cadangan Obrolan. Sebetul memulai backup, mari kita pelajari terlebih dahulu pengaturan-pengaturannya agar lebih memahami fitur yang dimiliki WhatsApp.

gambar 1 - pengaturan backup obrolan whatsapp - posciety

WhatsApp menghubungkan Google Drive sebagai storage penyimpanan hasil backup obrolan, maka dari itu untuk melakukan backup obrolan WhatsApp memerlukan akun Google Drive. Untuk memiliki akun Google Drive, kamu perlu memiliki akun GMail terlebih dahulu. Belum punya akun ? Lihat : Cara membuat akun Google.

Lihatlah pada bagian Google Drive Settings, terdapat beberapa opsi yang dapat kita sesuaikan.

Back up to Google Drive / Cadangkan ke Google Drive

Pada bagian ini, kamu dapat menentukan pencadangan pesan WhatsApp secara berperiode. Ketuk bagian ini maka akan muncul popup dengan beberapa pilihan:

  • Never / Tidak Pernah, klik opsi ini jika tidak ingin sama sekali mencadangkan obrolan WhatsApp
  • Hanya ketika mengetuk “Cadangkan” / Only when I tap “Backup”, pilih opsi ini jika ingin membackup secara manual. Backup akan diproses hanya ketika kamu mengetuk tombol Cadangkan.
  • Daily, pilih opsi ini jika ingin mencadangkan obrolan WhatsApp setiap hari secara otomatis
  • Weekly, pilih opsi ini jika ingin backup obrolan WhatsApp setiap minggu secara otomatis
  • Monthly, pilih opsi ini jika ingin backup pesan WhatsApp perbulan secara otomatis

Catatan: Seperti yang kita ketahui, Google Drive hanya menyediakan ruang gratis sebanyak 15GB. Pastikan kamu memilih opsi yang tepat agar Google Drive tidak cepat penuh.

Akun / Account

Pada bagian ini, kamu dapat memilih akun Google Drive mana yang ingin digunakan untuk menyimpan backup obrolan WhatsApp. Ini dapat dimanfaatkan jika akun Google Drive yang satunya sudah tidak ada ruang lagi untuk menyimpan backup WhatsApp. Jika belum ada akun yang terhubung, silahkan ketuk bagian ini dan pilih Tambah Akun / Add Account.

Cadangkan melalui / Back up over

Ketuk bagian ini untuk memilih opsi bagaimana backup dilakukan, terdapat 2 pilihan yaitu Hanya menggunakan WiFi dan Menggunakan WiFi atau Data Seluler. Untuk menghemat kuota, pastikan kamu memilih WiFi saja.

Include Videos

Pada opsi ini kamu dapat mencentang kotak untuk membackup video yang ada di WhatsApp juga. Jika tidak ingin mem-backup video, jangan centang bagian ini karena biasanya video memiliki ukuran yang besar sekali (jika banyak).

Cara Back Up Obrolan WhatsApp

Setelah mengetahui pengaturan-pengaturannya, kamu dapat menentukan bagaimana cara membackup. Jika sudah memilih waktu perodik, kamu tidak perlu melakukan apa-apa lagi biarkan WhatsApp yang melakukan sisanya. Misalnya kamu memilih cadangan perbulan melalu WiFi, maka setiap bulan WhatsApp akan secara otomatis mencadangkan obrolan setiap bulan ketika terhubung dengan WiFi dan menyimpannya ke akun Google Drive yang dipilih.

Seperti yang terlihat pada gambar diatas, terdapat Last Backup / Terakhir Kali Dicadangkan. Kamu akan mengetahui kapan terakhir kali obrolan WhatsApp-mu dicadangkan dan berapa ukuran cadangannya. Pada contoh diatas, ukuran backup bulan lalu berukuran 1.1GB (untuk pengguna sangat aktif di WhatsApp).

Jika kamu memilih manual, ketuklah tombol Cadangkan / Back Up untuk memulai pencadangan obrolan WhatsApp ke Google Drive dan tunggulah dengan sabar sampai backup selesai. Kamu perlu melakukan ini secara manual setiap kali ingin melakukan backup.

Setelah berhasil backup, semua backup akan tersimpan di Google Drive sebagai sistem mentahan WhatsApp (kamu tidak dapat melihatnya atua membukanya melainkan memulihkannya di aplikasi WhatsApp next time).

Manfaat Back Up

Setelah membahas tentang backup, mari kita cari tahu manfaatnya. Manfaat dari backup obrolan WhatsApp sendiri dapat membantu kita untuk restore / memulihkan obrolan WhatsApp yang lalu ketika kamu baru saja memasang / install WhatsApp di perangkat lain bahkan di perangkat yang sama. Karena ketika menghapus / uninstall WhatsApp, obrolan akan hilang.

Catatan: Obrolan dan media juga akan otomatis dicadangkan di file internal HP, jika ini membuat penuh penyimpanan, hapus saja.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi