Salah Kirim Pesan GMail ? Begini Cara Membatalkannya !

Beberapa pengguna GMail pasti pernah mengalami kesalahan dalam mengirim pesan / email misalnya lupa menyisipkan lampiran atau memang alamat email yang dituju ternyata salah, hal ini bisa saja merugikan jika memang pesan yang dikirim itu mengandung rahasia.

Ada tips supaya membatalkan pengiriman email GMail jika terjadi kesalahan seperti diatas, misalnya saya mau kirim email ke A malah tertuju ke si B, kemudian saya membatalkan pengiriman sehingga pesan ditarik kembali sebelum sampai ke kotak masuk si B.

Membatalkan Kiriman Email GMail

Caranya gampang, silahkan masuk ke halaman GMail seperti biasa (desktop) >> klik ikon gerigi di sebelah kanan atas >> pilih Setelan (bahasa Indonesia). Pada tab Umum ini, cari bagian Urung Kirim (bahasa Indonesia). Silahkan Aktifkan Urung Kirim dan pilih berapa detik dari menu tarik turun yang ada (saat ini maksimal 30 detik). Jangan lupa klik tombol Simpan Perubahan untuk menyimpan pengaturan ini.

Saat ini, Urung Kirim hanya dapat dilakukan via desktop. Scroll kebawah untuk melihat tips smartphone.

Sekarang, cobalah mengirim pesan email kepada siapapun untuk testing, ketika mengirim pesan akan muncul link Urungkan dibagian atas seperti ini:

gambar 1 cara batalkan pengiriman pesan email gmail - rio bermanoKlik Urungkan untuk membatalkan pengiriman pesan tersebut, maka akan membuka compose pengetikkan email (edit pesan yang tadi dibatalkan). Jadi, alamat email yang dituju belum sempat menerima pesan. Kamu dapat mengeditnya dan mengirim ulang setelah diperbarui.

Lalu Bagaimana di Smartphone ?

Ada tips yang mungkin bisa bermanfaat untuk pengguna aplikasi GMail di smartphone yaitu dengan mengaktifkan konfirmasi pengiriman.

  • Buka aplikasi GMail
  • Ketuk toggle menu di kiri atas, scroll kebawah & pilih Setelan (bahasa Indonesia)
  • Pilih Setelan Umum
  • Pada bagian Konfirmasi Tindakan dibawah, centang kotak Konfirmasi Sebelum Mengirim

Sekarang cobalah mengirim sebuah pesan sebagai percobaan dan memastikan bahwa pengaturan ini berfungsi dengan baik, ketika hendak mengirim pesan akan muncul layar popup ditengah layar yang menanyakan “Apakah ingin mengirim pesan ini?”. Klik Ya untuk mengirim atau klik Tidak untuk kembali mengeditnya.

Jadi, setiap kali ingin mengirim pesan akan diminta konfirmasi terlebih dahulu takutnya pengguna tidak sengaja menekan tombol kirim. Ini memang tidak bisa membatalkan pengiriman, tapi setidaknya konfirmasi ini mengingatkan dengan meyakinkan bahwa email benar-benar sudah sesuai sebelum benar-benar dikirim.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...