Tampilan Google Search Console Baru Lebih Asik, Begini Cara Beralihnya !

Pilih yang Nyaman Aja

Google Webmaster / Google Search Console diperbarui beberapa bulan lalu dalam sisi tampilan dan UX, menjadi lebih baik tapi belum semua fungsinya dapat digunakan di Google Search Console baru (saat ini). Mungkin ke depannya akan diperbarui lagi.

Google Search Console Lama > ke Baru

Jika saat ini masih menggunakan Google Search Console lama, kamu dapat beralihnya dengan mudah. Cukup klik tombol Gunakan Search Console Baru (jika menggunakan bahasa Indonesia) di bagian header.

gambar 1 - google search console baru

Tunggu hingga halaman selesai reload, akan segera menampilkan tampilan Google Search Console baru.

Google Search Console Baru > ke Lama

Pada menu disamping kiri, scroll ke bawah dan pilihlah Buka versi lama. Tunggu loading halaman hingga selesai, maka akan segera menampilkan tampilan Google Search Console Lama.

gambar 2 - google search console lama

Baik menggunakan versi lama atau versi baru, itu tidak akan merubah laporan apapun terhadap properti yang kamu miliki. Cara menggunakan versi lama dan baru pun tidak berbeda jauh hanya saja tampilan lebih dibuat menarik.

Karena versi baru ini belum terlalu lama dan masih dalam tahap pengembangan, masih ada beberapa menu atau fungsi yang belum tersedia atau terbatas. Jika ingin mendapatkan fungsi lebih lengkap bisa gunakan versi lama terlebih dahulu.

Tapi untuk fitur-fitur utamanya sudah diterapkan di versi yang baru, berikut ini beberapa perbedaan tampilan versi lama dan baru:

Perbedaan Dasbor Lama & Baru

gambar 3 - perbedaan google search console baru

Perbedaan Status Index Baru & Lama

gambar 4 - status index google search console

Perbedaan Laporan AMP Lama & Baru

gambar 5 - laporan amp google search console

Jika kamu adalah pemilik situs dan belum mendaftarkan web / blog nya di Google, segeralah daftarkan situs web / blog ke Google agar dapat terindex di hasil pencarian search engine. Setelah itu, kamu pun dapat mengetahui situs mana saja yang mencatumkan link ke situs kamu.

Itulah cara ganti tampilan Google Search lama ke Google Search Console dan sebaliknya, juga sedikit perbedaan antara kedua versi Google Search Console.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi