Cara Berkontribusi di Google Maps (Menjadi Local Guide)

Jika sebelumnya kita telah membahas fitur “incognito mode” atau “mode rahasia” di Google Maps. Sekarang, kita akan mendalami bagaimana cara berkontribusi di Google Maps sebagai penggunanya, dan menjadikan aplikasi peta ini lebih berguna untuk pengambilan keputusan sehari-hari, baik untuk mencari makanan terbaik di kota yang kamu kunjungi atau mencari tempat servis kendaraan di lokasi terdekatmu.

Fitur “Contribute” atau “Berkontribusi” membuat Google Maps membawa banyak manfaat bagi penggunanya. Ketika kita melihat tempat-tempat di sekitar kita, maka akan menemukan bahwa tidak semua informasi tentang tempat-tempat itu tersedia secara online. Akan ada banyak hal yang cepat berubah dari suatu tempat seperti, jam buka yang diperbarui, menu resto yang berganti dan bisnis yang baru dibuka.

“Untuk memastikan bahwa peta kami mencerminkan dunia nyata, kami memungkinkan siapa saja yang memiliki akun Google untuk menyumbangkan pengetahuan lokal mereka ke sekitar 200 juta tempat menarik di Google Maps.” Tulis Google Maps di blognya. “Faktanya, setiap hari orang mengirimkan lebih dari 20 juta kontribusi ke Google Maps, mulai dari ulasan dan penilaian hingga foto, jawaban atas pertanyaan pengguna lain, pembaruan alamat, dan banyak lagi. Pada akhirnya, ini membantu orang di mana saja membuat keputusan yang lebih baik tentang tempat makan dan berbelanja, atau hal-hal yang harus dilakukan dan dilihat.”

Misalnya, saat kamu bingung untuk memilih makanan apa di restoran baru, maka Google Maps dapat menunjukkan kepadamu hidangan paling populer yang tersedia di lebih dari satu juta restoran di seluruh dunia, disertai oleh foto dan ulasan yang ditambahkan oleh pengunjung lain ke peta. Begitu juga saat kamu ingin mencari tempat menarik di sekitarmu, di tab “Jelajahi” kamu dapat menemukan daftar rekomendasi yang dibuat oleh pakar lokal terpercaya yang berkontribusi di dalamnya.

Ada ratusan juta orang setiap tahun yang membagikan informasi yang membantu Google Maps tetap update. Dimana pada 2017 lalu, perusahaan baru menambahkan tab “Contribute” atau “Berkontribusi” ke aplikasi seluler sehingga orang dapat lebih mudah berbagi pengetahuan mereka tentang daerah lokal. Dan tentunya, setiap kontribusi sangat membantu orang lain belajar tentang tempat baru dan dapat merencanakan apa yang ingin dilakukan.

Nah, bagi kamu yang ingin menjadi kontributor Google Maps dengan berbagi pengetahuanmu tentang daerah lokal, silahkan mengikuti cara berkontribusi di Google Maps dengan jenis kontribusinya berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Maps di Android. Lalu pilih “Contribute” di bagian bawah layar.
  1. Selanjutnya, akan muncul halaman yang menunjukkan profilmu serta deretan jenis kontribusi yang dapat kamu lakukan. Jika kamu ingin berkontribusi dengan membetulkan peta terkait lokasi tertentu, silahkan pilih “Edit Map”. Dan jika kamu ingin menambahkan tempat di lokasi tertentu, pilih “Add Place”.
  1. Kemudian jika kamu ingin memberikan review tentang tempat seperti, restoran dan lain-lain, silahkan pilih “Write a review” untuk menuliskannya.
  1. Di halaman menulis review ini, selanjutnya kamu akan ditunjukkan tempat-tempat terdekat dengan lokasimu, atau cari tempat lain yang ingin kamu review.

5. Isi review tentang tempat tersebut dengan memberikan bintang dan menuliskan deskripsinya. Lalu tambahkan foto terkait tempat tersebut. Pilih “Post” untuk mempublikasikan review-mu.

  1. Selanjutnya, jika kamu ingin menambahkan foto terkait tempat tertentu, pilih “Add Photo” di halaman kontribusi tadi dan selanjut, kamu tinggal memilih nama tempat yang ingin kamu review dan foto yang akan kamu tampilkan. Pilih “Post” untuk mempublikasikan review-mu.

Seiring berjalannya layanan teknologi, beberapa aplikasi peta telah memengaruhi pemetaan data dan geolokasi seperti yang dilakukan oleh Google Maps. Mari kita lihat beberapa manfaat dari fitur ini yang digunakan secara cerdas oleh Google Local Guides (para kontributor lokal) untuk membangun platform sosial yang sukses:

  1. Pengumpulan Data
    Para kontributor dapat mendorong pengguna untuk meningkatkan informasi dan konten bisnis lokal, yang meningkatkan keseluruhan data Google tentang bisnis mereka. Hasilnya, hingga saat ini, ada sekitar 700.000 tempat baru yang ditambahkan ke Google Maps setiap bulannya.
  2. Gamifikasi Geolokasi
    Pengguna yang berkontribusi diberikan poin untuk mengapresiasi usaha mereka dalam mereview daerah sekitar. Mereka dapat menerima berbagai poin dengan memberikan peringkat tempat lokal, menambahkan ulasan, berbagi foto dan video, dan lain-lain.
  3. Manfaat dari Level & Lencana
    Poin “Google Local Guides” ini mengarah ke tingkat program yang lebih tinggi, serta manfaat lainnya seperti, akses awal ke produk Google terbaru dan manfaat khusus dari mitra. Misalnya, di Level 4, kamu mendapatkan lencana Pemandu Lokal pertamamu, yang membuat kontribusimu akan lebih di-notice.

Nah, demikian kita telah membahas cara berkontribusi di Google Maps serta jenis-jenis kontribusinya, dan sederet manfaat menjadi bagian dari kontributor Google Maps. Semoga dapat membantumu yang ingin berkontribusi di aplikasi peta terbesar ini dan bergabung dengan komunitasnya.

Google Maps
Komentar (0)
Tambah Komentar