Nge-Blokir & Buka Blokir Profil Pengguna Instagram

Jika kalian sudah cukup lama menggunakan Instagram, pasti sudah mengetahui tindakan yang disebut SPAM akun di Instagram / akun pengguna yang mengganggu akun Instagram lain. Untuk mengatasi hal seperti itu, cara paling tepatnya selain melaporkan akun tersebut ke pihak Instagram yaitu memblokirnya agar akun tersebut tidak dapat berinteraksi lagi dengan akun Instagram milik kalian.

Biasanya pengguna Instagram menyembunyikan / private akun Instagram mereka agar dapat menentukan mana yang layak menjadi pengikut. Tapi hal ini kurang ampuh karena membatas eksistensi akun. Ada hal lain untuk melindungi akun dari SPAM yaitu memblokir pengguna yang kalian anggap SPAM.

Blokir Akun Instagram di Desktop / Browser

Masuk ke Instagram di Desktop / Browser seperti biasa kemudian klik akun yang ingin diblokir sampai menampilkan profil akun tersebut. Klik toggle menu (titik 3) disamping tombol Follow / tanda panah kebawah (akun Instagram yang disarankan) untuk menampilkan menu tambahan, akan muncul layar popup kecil ditengah layar dan terdapat beberapa opsi silahkan pilih Block This User (jika bahasa Inggris) untuk memblokir akun pengguna tersebut.

Setelah di klik, tidak akan ada perubahan yang terjadi tapi pengaturan tadi sudah berhasil disimpan. Silahkan buka kembali toggle menu tersebut untuk memastikan profil tersebut sudah di blokir. Ketika muncul layar popup kali ini akan berubah tulisannya menjadi Unblock This User (jika bahasa Inggris) fungsinya untuk membuka blokir akun tersebut.

Blokir Akun Instagram di Aplikasi Smartphone

Buka aplikasi Instagram dan login seperti biasa kemudian pilih akun / profil yang ingin diblokir sampai menampilkan profil tersebut. Klik toggle menu dipojok kanan atas layar (titik 3) untuk menampilkan menu tambahan, maka akan muncul layar popup ditangah layar dengan beberapa opsi. Silahkan pilih Blokir untuk memblokir akun tersebut, akan muncul layar kecil lagi yang bertanya Apakah yakin? (jika bahasa Indonesia) Silahkan pilih Ya, saya yakin untuk memblokirnya atau pilih Batalkan untuk membatalkan.

Ketika akun tersebut berhasil diblokir akan muncul pemberitahuan sebentar dibawah layar yang mengatakan pengguna sudah berhasil diblokir. Tidak ada perubahan apapun saat pengaturan ini selesai tapi perubahan tadi sudah tersimpan.

Silahkan klik lagi toggle menu diatas untuk memastikan pengguna ini sudah diblokir, tulisannya akan berubah menjadi Batalkan blokir (jika bahasa Indonesia). Ini fungsinya untuk membuka blokir (merubahnya dari diblokir menjadi tidak diblokir). Selain itu, kalian pun dapat melihat pengguna mana saja yang telah berhasil kalian blokir.

Caranya masuk ke profil Instagram kalian lalu ketuk toggle menu (titik 3) diatas kanan layar maka akan tampil semua menu pengaturan di Instagram. Gulir kebawah sampai ke menu Pengguna yang Diblokir, ketuk menu tersebut maka akan menampilkan semua pengguna Instagram yang telah kalian blokir sampai saat ini.

Catatan: Jika pengguna yang diblokir mengikuti (following) akun kalian, maka follower kalian akan berkurang karena pengguna tersebut secara otomatis tidak mengikuti kalian lagi.

Setiap pengguna yang diblokir tidak dapat melihat profil kalian apa lagi berinteraksi baik itu melihat foto / like / comment / pesan, bahkan mereka tidak akan menemukan profgil kalian sebagai hasil dari pencarian walaupun username yang dicari adalah suername kalian. Tapi sebaliknya, sebagai pengguna yang memblokir tetap dapat melihat pengguna yang diblokir tersebut.

Hal ini juga tidak hanya dilakukan kepada akun SPAM tapi bisa dilakukan kepada setiap akun walaupun kalian tidak mengikuti akun tersebut. Biasanya dilakukan untuk blokir mantan yang ***** 😀 atau blokir siapapun yang dianggap mengganggu.

Membuka Blokir

Cara membuka blokir akun / pengguna Instagram, perlu melihat daftar akun yang pernah di blokir terlebih dahulu caranya masuk ke aplikasi Instagram ketuk toggle menu (titik 3) di bagian atas layar pilih Pengguna yang Diblokir. Pada halaman ini kalian akan melihat pengguna mana saja yang pernah diblokir, klik pada akun yang ingin dibuka blokirnya kemudian klik tombol Buka Blokir -> Ok.

Sekarang, akun tersebut berhasil di buka blokir dan normal kembali seperti semula.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi