Screenshot Dengan DVDVideoSoft Free Studio

Screenshot Dengan Lebih Banyak Opsi

Photo: Hugo GF

Setelah membahas cara melakukan screenshot layar tanpa aplikasi dan menggunakan Snipping Tool, kali ini kita akan membahas mengambil cuplikan layar menggunakan aplikasi lain yaitu DVDVideoSoft Free Studio (sebut saja Free Studio). Sudah ada cara yang cepat dan mudah (tanpa aplikasi) kenapa harus mencoba menggunakan Free Studio ?

Pertanyaan yang bagus ! Jawabannya sederhana, ketika menggunakan aplikasi Free Studio akan memiliki beberapa opsi tambahan yang tidak dimiliki oleh PrintScr dan Snipping Tool. Tidak ada salahnya untuk mencoba Free Studio.

Jika belum punya aplikasinya, silahkan download terlebih dahulu Free Studio sesuai dengan namanya aplikasi ini gratis ! Jika sudah, install dan buka aplikasinya.

Karena ini merupakan studio, maka aplikasi ini memiliki banyak fitur dan tools didalamnya. Ketika membuka aplikasi ini akan menampilkan halaman beranda nya dengan beberapa pilihan menu, pilihlah menu Record lalu pilih Free Screen Video Recorder. Kamu akan melihat popup baru yang menampilkan record control (tools untuk mengatur rekaman dan screenshot).

screenshot dvdvideosoft free studio

Kontrol ini akan selalu ada di top windows (berada di lapisan atas tidak dapat ditutup window lain), ini merupakan kontrol untuk mengendalikan screen recording dan screenshot. Untuk screenshot, pilihlah 3 opsi di sebelah kiri yang berwarna hitam.

  • Capture Desktop
    Opsi yang pertama itu adalah capture desktop, mengambil cuplikan layar secara keseluruhan
  • Capture Window
    Opsi yang kedia itu adalah capture window, mengambil cuplikan layar hanya berdasarkan window / jendela yang dibuka saja
  • Capture Region
    Opsi ketiga itu adalah capture region, mengambil screenshot layar berdasarkan lokasi yang sudah ditentukan batasnya

Pilihlah salah satu dari 3 opsi diatas bagaimana cara kamu ingin menangkan gambar komputer / laptop, secara otomatis folder lokasi penyimpanan screenshot itu akan terbuka (C: > My Pictures) dan secara otomatis juga screenshot tadi akan terbuka di aplikasi Paint bawaan Windows.

Jika tidak ingin mengeditnya, tutup saja aplikasi Paint maka tidak akan ada perubahan apa-apa karena screenshot tersebut sudah secara otomatis tersimpan di My Pictures.

Harap maklum jika setiap versi memiliki desain aplikasi Free Studio dan menu-menu didalamnya yang berbeda. Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara capture layar PC / laptop dengan DVDVideoSoft Free Studio.

Selamat mencoba !

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...