Cara Cepat Merangkum Jurnal Menggunakan Resoomer

0

Kamu sedang punya tugas merangkum jurnal? Lagi malas untuk membaca dan mengetiknya? Maka yang kamu butuhkan saat ini adalah Resoomer. Resoomer merupakan website peringkas otomatis bisa kamu gunakan secara gratis. Resoomer ini cocok untuk kamu yang masih sekolah atau kuliah yang sedang mendapatkan tugas merangkum dari jurnal ataupun artikel tapi malas untuk membaca dan mengetik hasil rangkuman.

Dalam Resoomer ini, terdapat dua versi yang bisa kamu gunakan, yakni versi gratis dan berbayar. Dalam versi gratis, kamu bisa meringkas jurnal, skripsi, ataupun artikel dengan maksimal 2000-5000 karakter. Sedangkan dalam versi berbayar, dengan membayar €4.90 atau sekitar Rp.82.000 kamu bisa meringkas jurnal, skripsi, maupun artikel hingga 200.000 karakter atau kurang lebih 80.000 kata.

Selain siswa ataupun mahasiswa, website Resoomer ini juga bisa digunakan oleh beberapa kalangan profesi, seperti Jurnalis bisa menggunakan Resoomer untuk meringkas tulisan berita, Guru atau Dosen bisa menggunakan Resoomer untuk meringkas materi bahan ajaran, dan masih banyak profesi lainnya yang bisa menggunakan website ini untuk keperluan kerja.

ads by posciety

Cara Menggunakan Resoomer

Lalu bagaimana sih cara cepat meringkas menggunakan Resoomer? Berikut kami jelaskan langkah-langkah meringkas menggunakan Resoomer.

1. Pertama-tama, buka dokumen yang ingin kamu ringkas, lalu copy kata mana saja yang ingin kamu ringkas

2. Buka website Resoomer, https://resoomer.com/en/

3. Silahkan paste teks yang sudah di copy kedalam kolom yang sudah sediakan, lalu pilih “Resoomer”

4. Tunggu proses meringkas hingga selesai, lalu kamu akan dihadapkan dengan beberapa pilihan. Jika kamu ingin meringkas secara otomatis sesuai dengan pilihan Resoomer, maka pilih “Automatic”

5. Jika kamu ingin memilih seberapa banyak teks yang diringkas, maka pilih “Manual”. Disini kamu bisa menentukan berapa persen teks dan jumlah kata yang ingin kamu ringkas

6. Jika kamu ingin meringkas sesuai kata kunci, maka pilih “Optimized”. Kamu bisa memasukan beberapa kata kunci yang ingin kamu ringkas, sistem Resoomer akan meringkas sesuai kata kunci yang kamu masukkan

7. Jika kamu ingin melihat kata mana saja yang diambil langsung dari teks aslinya, maka pilih “Analyze”

8. Jika sudah, silahkan gulir ke bawah maka kamu akan dihadapkan kembali terhadap beberapa pilihan. Jika kamu merasa hasil ringkasannya belum sesuai, maka pilih “Rewrite”. Jika kamu merasa sudah cukup, kamu bisa pilih “PDF” untuk mengunduh dalam format file PDF. Jika kamu merasa hasil ringkasannya masih harus dirapihkan ataupun diedit, maka pilih “DOC” untuk mengunduh dalam format file Word (.docx), selanjutnya silahkan buka file tersebut dan rapihkan di Microsoft Word. Jika kamu hanya ingin copy hasil ringkasan, maka pilih “Copy”.

9. Kamu juga bisa translate hasil ringkasan tersebut kedalam beberapa bahasa, silahkan pilih “Translate”, lalu pilih bahasa yang kamu inginkan

10. Jika sudah, silahkan gulir kebawah, dan unduh sesuai dengan format yang kamu inginkan, atau pilih “Copy” untuk menyalin hasil ringkasan yang sudah diterjemahkan.

Dan selamat kamu sudah meringkas jurnal, skripsi, atau artikel menggunakan Resoomer. Perlu diingat, karena Resoomer ini merupakan berbentuk sistem, maka hasil ringkasannya pun belum sempurna, maka sangat disarankan untuk merapihkan atau mengedit hasil ringkasan tersebut di Microsoft Word. Selamat mencoba.

Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya