Cara Convert Excel ke PDF Tanpa Install Aplikasi Tanpa Ribet

Convert Excel ke PDF menjadi salah satu hal yang sering dilakukan oleh pekerja kantoran yang ingin membuat laporan dalam bentuk PDF agar ketika dikirimkan ke atasan atau rekan kerja tidak dapat diedit begitu saja dan agar terlihat lebih formal. Convert Excel ke PDF kadang menjadi hal yang menyulitkan, tapi dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini kamu tidak akan kebingungan lagi.

Cara Convert Excel ke PDF

Convert Excel ke PDF bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, kamu bisa gunakan aplikasi Excel to PDF converter atau juga convert secara online melalui website converter Excel to PDF. Klik disini untuk mengetahui website terbaik dan gratis untuk convert Excel ke PDF.

Sebagai contoh, pada tutorial ini kita akan menggunakan website Small PDF sebagai salah satu web terbaik dan gratis untuk convert Excel ke PDF.

  • Kunjungi tool converter Excel ke PDF di smallpdf.com/excel-to-pdf
  • Klik Choose File untuk mulai upload file Excel kamu, atau drag file excel kamu ke kotak yang disediakan maka secara otomatis file Excel diupload. Kamu juga bisa memilih untuk ambil file Excel dari storage lain seperti Dropbox dan Google Drive dengan cara klik tanda panah ke bawah (dropdown).
  • Akan muncul tulisan Uploading, tunggu hingga proses upload selesai
  • Setelah proses upload selesai, akan muncul preview seperti di bawah ini:

download hasil convert excel ke pedf di small pdf

Secara default, nama file PDF ini akan mengikuti nama file Excel yang kamu upload tadi sehingga kamu mudah untuk mencarinya. Fitur mengganti nama PDF secara langsung merupakan fitur berbayar, kamu bisa mengganti nama file PDF nanti saja setelah kamu download.

Klik tombol Download untuk menyimpan file PDF tersebut ke perangkat yang kamu gunakan, kamu juga bisa memilih untuk menyimpan file PDF tersebut di Dropbox atau Google Drive dengan cara klik tanda panah ke bawah (dropdown) lalu pilih dimana kamu ingin menyimpannya.

Selain itu, kamu juga memiliki beberapa pilihan lainnya seperti:

  • Mengirim file PDF ke email dengan cara klik ikon email
  • Salin link dengan cara klik ikon link, link ini bisa kamu bagikan ke siapapun sehingga orang yang mengunjungi link ini dapat download file PDF nya di perangkat mereka masing-masing, kamu tidak perlu cape-cape mengirim file PDF lagi ke mereka
  • Masih ada yang kurang rapih di file PDF ini? Kamu bisa mulai mengeditnya dengan cepat dengan cara klik menu Edit untuk mengedit file PDF yang baru saja kamu dapatkan setelah convert dari file Excel.

Kalo website Small PDF ini kurang bagus menurut kamu, silahkan coba website lain. Lihat artikel sebelumnya untuk melihat website converter Excel to PDF lainnya.

0 0 vote
Article Rating
POS Lainnya:
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi

0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x