Cara Mendapatkan Penghasilan Melalui Iklan di YouTube

Bersama YouTube, kamu dapat menghasilkan pundi-pundi uang dengan cara yang lebih mudah ketimbang bekerja di kantor yang selalu ditekan oleh atasan. Itulah yang sekarang dipikirkan oleh banyak orang tentang YouTube.

Jika kamu berpikir terlambat untuk memulai menghasilkan uang dari YouTube, buanglah jauh-jauh pikiran itu karena di sini kita akan membahasnya bagaimana para YouTuber memulainya untuk mendapatkan penghasilan di YouTube.

Persiapan

Sebelum memulai lebih jauh, ada beberapa hal yang harus kamu siapkan.

  • GMail & Google+
  • Channel YouTube
  • Konten / Video
  • Penonton & Subscibers
  • Google AdSense

Cara Menghasilkan Uang di YouTube

Berikut ini adalah panduan dari awal yang dapat kamu ikuti untuk mulai menghasilkan uang dari YouTube.

Akun Google

Ini digunakan untuk membuat akun dan channel YouTube, karena login ke YouTube hanya dapat dilakukan menggunakan akun Google (GMAIL). Lihat: Cara membuat GMail. Pastikan kamu juga sudah mendaftarkan atau membuat profil Google+.

Channel YouTube

Setelah memiliki email Google, LOGIN ke YouTube menggunakan email tersebut dan mulailah membuat channel YouTube.

  1. Hubungkan akun Google+ ke YouTube
  2. Klik profil di pojok kanan atas halaman YouTube setelah login
  3. Pilih Channel Saya atau My Channel jika menggunakan bahasa Inggris

gambar 1 - membuat channel youtube

  • Jika ini pertama kali mengunjungi My Channel, kamu akan diminta untuk menghubungkan akun Google+ sebagai verifikasi, hubungkan dan ikuti hingga selesai.

Setelah berhasil membuat channel YouTube, kamu dapat mulai merapihkan channel YouTube seperti memberi gambar cover dengan mengklik tombol Customize Channel pada halaman channel tersebut. Jika ingin mengganti foto profil YouTube, gantilah profil Google+ !

Konten / Video

Channel telah berhasil dibangun, tapi masih kosong alias tidak memiliki konten. Sekarang, mulailah membuat sebuah video sebagai kontenmu (misalnya konten tutorial, vlog, dsb). Tentukan kontenmu, lebih bagus jika sesuai dengan bakat yang kamu miliki.

Cara upload video di YouTube cukup mudah, cukup klik ikon video di pojok kanan atas > pilih Upload Video. Drag-and-drop video yang ingin diunggah atau klik dan pilih video dari folder komputer. Tunggulah proses upload selesai (tergantung dari besarnya file video dan kecepatan internet).

Sambil menunggu proses uploading, kamu dapat melengkapi semua data yang diperlukan mulai dari Judul Video, Deskripsi video, tag, status video (pilih publish jika ingin langsung menerbitkan video online), dll.

Setelah semua bidang yang diperlukan terisi dengan benar dan proses upload pun telah selesai, klik tombol Publish untuk mempublikasikan video. Selamat, channel kamu telah memiliki konten pertama ! Unggahlah karyamu yang lain agar channel YouTube lebih hidup karena memiliki banyak konten.

Penonton

Peraturan baru YouTube saat ini, kamu harus mencapai minimal 4000 jumlah tontonan dalam 1 tahun dan memiliki 1000 subscriber sebelum dapat menghasilkan uang di YouTube.

Cara lain untuk mendapatkan banyak penonton di YouTube (selain judul yang menarik dan konten yang bagus), kamu dapat mulai membagikannya ke media sosial dan memberitahukan ke teman-teman sekitar. Jangan lupa untuk memperbanyak konten di channelmu agar semakin cepat mendapatkan 4000 jumlah tontonan dan 1000 subscriber.

Google AdSense

Inilah awal kesenangan, setelah mencapai syarat tontonan dan subscriber, kamu dapat menghubungkan channel YouTube dengan akun Google AdSense untuk mulai monetize video dan menghasilkan uang.

  1. Klik ikon channel
  2. Pilih Creator Studio (dulunya dasbor)
  3. Pilih Channel (atau bisa langsung kunjungi URL https://www.youtube.com/features?o=U)

Kamu akan melihat halaman Status dan Fitur, di sinilah semua fitur YouTube tersedia. Sebelum dapat memanfaatkan semua fitur, pastikan untuk kepemilikan channel YouTube untuk memastikan kamu mendapatkan semua fitur YouTube. Ini hanya memerlukan nomor handphone. Lihat: Cara verifikasi kepemilikan channel YouTube.

Setelah melakukan verifikasi channel YouTube, kembalilah ke halaman Status dan Fitur (Status and Features). Cari bagian Monetization / Monetisasi jika menggunakan bahasa Indonesia, klik Enable / Aktifkan.

gambar 2 - cara aktifkan monetization youtube

Akan diarahkan ke halaman berikutnya untuk mulai memonetisasi video.

gambar 3 - hubungkan google adsense youtube

Ikuti semua langkah-langkah yang diinstruksikan, pada akhirnya kamu akan diarahkan ke Google AdSense dan dikembalikan ke dasbor YouTube lagi. Setelah monetisasi berhasil diaktifkan, kamu dapat mulai pasang iklan di video-video yang kamu upload.

Jika tidak ingin mengedit satu persatu, kamu dapat masuk ke menu Channel > Upload Defaults, pastikan Monetization di centang / diaktifkan agar ketika upload video baru nantinya akan secara otomatis mengaktifkan iklan juga.

Dengan mengikut langkah-langkah di atas, kamu akan memiliki akun Google AdSense Hosted. Jangan khawatir ! Kamu tetap dapat meng-upgrade ke Non-Hosted Account jika ingin menampilkan iklan di situs web / blog.

Itulah step by step bagaimana memulai untuk mendapatkan uang di YouTube. Selanjutnya, teruslah berkarya dengan mengupload video baru yang lebih baik dari video sebelumnya !

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi