Cara Download Data Akun Google

Pengguna Google dapat mengunduh datan akunnya jika diperlukan, langkah ini biasanya dilakukan sebelum penghapusan akun secara permanen. Dengan mengunduh data akun Google artinya pengguna tidak akan kehilangan datanya yang disimpan di Google setelah menghapus akun secara permanen. Bagaimana caranya ?

Pertama, silahkan kunjungi halaman Download Data terlebih dahulu (jika belum login akan diminta untuk login, silahkan login dengan akun Google yang ingin di download datanya).

  • Selanjutnya, pilih produk mana yang ingin di download datanya. Untuk melihat lebih rinci dari masing-masing produk bisa klik tanda panah kebawah, maka akan menampilkan pilihan lainnya. Alihkan tombol switch menjadi menjadi hijau untuk memilihnya
  • Klik tombol Selanjutnya
  • Sesuaikan format arsip, pilih jenis file yang diinginkan untuk unduhan data ini misalnya .zip
  • Pilih ukuran maksimal unduhan ini, jika ternyata data yang di downlaod lebih besar dari batas maksimal yang kalian tentukan maka file akan dibagi menjadi beberapa bagian (part)
  • Pilih metode pengiriman bagaimana kalian ingin menerima file unduhan ini, misalnya kirim tautan download melalui email
  • Klik tombol Buat arsip

Proses pengarsipan akan langsung dimulai, silahkan tunggu beberapa saat sampai proses selesai dan kalian akan menerima file unduhannya sesuai dengan pengaturan diatas.

Metode Pengiriman

Mengirim Link Download Melalui Email

Google akan megirim tautan download arsip ke email yang bersangkutan. Cukup klik tautan tersebut untuk mendapatkan arsip data, tunggu beberapa saat jika belum ada email dari Google mungkin pengarsipan masih dalam proses.

Tambahkan ke Drive

Sama seperti diatas ketiak pengarsipan selesai akan menerima pemberitahuan dari Google tapi dengan link yang mengarah ke Drive akun bersangkutan. Lihat file unduhan di Drive atau download untuk menyimpannya.

Tambahkan ke Dropbox

Ketika proses pengarsipan selesai kalian akan mendapatkan pemberitahuan dari Google via email yang berisi link download arsip yang disimpan di Dropbox. Jika diminta login oleh Dropbox silahkan login menggunakan akun Dropbox, kemudian jika ada pertanyaan Apakah Google Download Data Dapat Mengakses Folder “Aplikasi” silahkan klik Izinkan. Tidak lama setelah itu akan mendapatkan email dari Dropbox, silahkan klik tautan Lihat di Dropbox untuk melihat arsip akun Google dan klik Download untuk mengunduhnya.

Tambahkan ke OneDrive

Setelah proses pengarsipan selesai akan mendapatkan pemberitahuan email dari Google yang berisi tautan ke Microsoft OneDrive. klik tautan itu dan login dengan akun Microsoft jika diminta. Jika ada pertanyaan Apakah Google Data Dapat Mengakses Info Anda? , pilih Ya. Tidak lama lagi kalian akan menerima email, klik Lihat di OneDive untuk melihatnya dan klik Download untuk mengunduhnya.

Catatan: Google tidak bertanggung jawab jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada akun Dropbox atau OneDrive yang digunakan, jadi untuk menjaga keamanan pastikan tidak ada orang lain yang mengetahui akun tersebut.

Begitulah cara mengunduh data akun Google, baik semua produk Google atau hanya sebagian saja itu tergantung dari pengaturan pengunduhan diatas. Dalam pengarsipan ini tidak termasuk mengunduh Musik yang disimpan di Google. Klik disini untuk mengetahui cara menghapus akun Google secara permanen.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...