Download & Pasang Aplikasi NetBeans IDE

UPDATED

Bagi yang memahami Java pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini, namanya NetBeans atau lebih dikenal dengan sebutan NetBeans IDE. Tidak hanya Java aplikasi ini juga mendukung teknologi lain seperti C/C++ dan banyak lagi. Aplikasi ini gratis untuk siapa saja yang ingin menggunakannya dan aplikasi ini juga mendukung banyak sistem operasi yaitu Windows, Linux, Mac OS X dan OS Independent zip.

gambar 1 cara download aplikasi java netbeans ide - rio bermano

Bagaimana Cara Download NetBeans ?

Disarankan untuk mengunduh aplikasi ini di situs resminya langsung agar mendapatkan versi terbaru, jika ingin menggunakan versi terdahulu silahkan browsing aja di internet biasanya tersedia di beberapa situs download software. Kunjungi https://netbeans.org/downloads/index.html kemudian pilih bahasa, sistem operasi dan tentuka bundle yang diinginkan.

Pastikan kalian sudah menentukan platform / sistem operasi yang diinginkan pada menu tarik-turun sebelah kanan atas halaman tersebut agar link download dibawah menyesuaikan dengan platform yang dipilih.

  • Pilih versi NetBeans yang diinginkan. Untuk versi lebih lawas, klik versi sebelumnya (akan menampilkan versi tersebut dan pada menu diatas akan tampil lagi versi lebih lama nya). Misalnya ingin download versi 7.4, klik terus versi lawas sampai menampilkan versi 7.4 di sebelah kirinya. Cara cepatnya kunjungi URL langsung https://netbeans.org/downloads/7.4/ (ganti 7.4 dengan versi yang diinginkan, pastikan angka versi tersedia)
  • Bahasa, tentukan bahasa yang ingin digunakan. Pilih salah satu dari dropdown IDE Language misalnya English atau Bahasa Indonesia
  • Platform, tentukan platform yang digunakan. Pilih salah satu dari dorpdown Platform yang digunakan, saat ini tersedia untuk Windows, Solaris, Mac, dan OS Independent

Silahkan pilih teknologi yang diinginkan dan klik tombol Download dibagian bawahnya, jika ingin support semua teknologi / bahasa pemrograman maka pilih yang bagian All. Tunggu sampai unduhan selesai.

Bagaimana Cara Install NetBeans ?

Setelah download selesai, buka folder hasil download maka tersedia aplikasi NetBeans yang siap dipasang di komputer. Double click atau run as administrator untuk memulai instalasi.

Silahkan ikuti tahap-tahap instalasi sampai proses instalasi selesai, pada tahap pertama ini tersedia tombol Customize untuk memilih teknologi yang ingin dipasang pada komputer atau biarkan saja begitu jika tidak yakin.

Setelah instalasi selesai, shortcut aplikasi NetBeans ini muncul di Desktop dan siap digunakan. Buka aplikasinya untuk menjalakan sekalian test siapa tau ada error.

Lihat Video Tutorial Cara Download & Install NetBeans IDE

Sudah bukan rahasia lagi, setiap pengguna ingin menggunakan aplikasi ini perlu memasang Java pada komputernya terlebih dahulu. Jika Java tidak tersedia maka aplikasi ini tidak akan berfungsi, kalian pun dapat pilih / centang Java pada Customize tadi untuk mengunduh Java dan mulai memasangnya bersamaan dengan NetBeans.

Selamat mencoba !

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
ardi susilo
Visitor
ardi susilo

apa yang mau didiskusikan?

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi