13 Fungsi di File Manager cPanel (Hapus, Upload, Tambah, Edit, Salin, Pindah, dsb.)

Kali ini saya akan membagikan cara dasar dalam menggunakan cPanel, bagi beberapa orang yang biasa mengakses panel semacam ini mungkin bukan hal sulit untuk mencaritahu sendiri tapi saya yakin pasti ada saja diantara teman-teman yang baru menggunakan panel semacam ini maka dari itu saya buatkan postingan ini semoga saja bisa bermanfaat.

Postingan ini hanya menjelaskan dasar tentang File Manager (Pengelola File) yang ada di cPanel, untuk tingkat lanjut mungkin akan dijelaskan di postingan berbeda atau bisa kamu explore sendiri deh kalo udah tau dasarnya. Sebelum mulai, silahkan masuk ke cPanel dan klik File Manager.

Upload

Untuk mengunggah file ke hosting lewat cPanel ini dapat dilakukan dengan mengklik Upload pada bar menu bagian atas, akan membuka halaman baru dengan sistem uploadnya. Klik pada tombol Select File untuk membuka folder dan pilih file yang ingin di upload, atau bisa juga seret file ke kotak Upload ini maka proses upload akan segera dimulai. Tunggu beberapa saat sampai upload selesai lalu klik Kembali (Go back to) dibagian bawahnya untuk menutup halaman upload ini. (lihat gambar)

Pastikan ketika mengklik menu Upload kamu sedang berada di direktori / di dalam folder dimana kamu mau menyimpan file yang di upload tersebut.

Membuat File

Kamu bisa membuat file baru dan mulai mengaturnya didalam cPanel, misalnya mau membuat file baru dengan ekstensi .php / .txt / .html. Caranya gampang banget cukup klik menu File di menu bar atas, akan muncul popup kecil silahkan isi nama file yang diinginkan misalnya index.html / index.php / read.txt. Pada bidang New File will be redirected in: silahkan masukkan direktori dimana kamu ingin menyimpan file baru tersebut, misalnya di /public_html/contohfolder.

Kalo kurang yakin, silahkan masuk dulu ke folder dimana ingin meletakkan file baru tersebut lalu klik tombol menu File didalam folder tersebut supaya cPanel mendeteksi secara otomatis posisi folder saat ini. Setelah selesai, klik tombol Create New File untuk menyimpannya file baru tersebut. Cara ini mungkin masih jarang digunakan karena kebanyakan pengguna sudah memiliki file atau sudah membuat file-nya terlebih dahulu di komputer lalu mengunggahnya ke cPanel dengan fitur Upload.

Membuat Folder

Tidak berbeda jauh dengna membuat file, silahkan pilih folder dimana ingin membuat membuat folder baru kemudian klik Folder di menu bar atas. Akan muncul layar popup silahkan isi nama folder (pastikan huruf kecil semua dan tanpa spasi jika ingin folder ini dapat diakses seperti halaman pada web) lalu tentukan lokasi ingin menyimpan folder ini pada bidang New Folder will be redirected in: misalnya /public_html/contohfolder artinya folder baru ini akan tersimpan didalam folder contohfolder.

Jika kurang yakin menulis lokasi penempatan, silahkan masuk dulu ke lokasi dimana ingin membuat folder baru kemudian klik Folder pada menu bar atas maka secara otomatis akan terisi lokasi saat ini.

Menyalin File / Folder

Untuk menyalin file / folder harus di pilih (di klik) terlebih dahulu file atau folder yang ingin disalinnya. Misalnya ingin menyalin folder contohfolder maka klik folder tersebut sekali saja sampai berubah warna sorotannya, dengan begitu Copy pada menu bar atas dapat digunakan. Silahkan klik Copy pada menu bar atas akan muncul layar munculan, silahkan tuliskan direktori dimana ingin menyalin folder tersebut. Hal ini juga dapat dilakukan untuk menyalin beberapa file dan/atau beberapa folder, jika sudah selesai klik tombol Copy File(s) maka file dan folder yang terpilih akan disalin ke alamat yang dituju.

Memindahkan File / Folder

Tidak berbeda jauh dengan cara menyalin diatas, silahkan pilih file dan/atau folder yang ingin dipindahkan kemudian klik Move pada menu bar atas. Akan muncul layar popup, silahkan tulis direktori tujuan kemana ingin memindahkan file dan/atau folder ini pada bidang Enter the file path that you want to move this file to:. Klik tombol Move File(s) untuk mulai memindahkan.

Hapus File / Folder

Mungkin ini paling gampang, untuk menghapus file atau folder cukup pilih file dan/atau folder yang ingin dihapus kemudian klik Delete pada menu bar atas. Pada beberapa versi cPanel akan muncul layar munculan terlebih dahulu sebelum file dan/atau folder dihapus yang berisi pertanyaan apakah ingin menghapusnya secara permanen.

Secara default semua yang dihapus di cPanel akan di simpan terlebih dahulu di Trash, tapi jika ingin menghapusnya secara permanen silahkan centang kotak Skip the trash and permanently delete the files untuk melewati tong sampah dan menghapus file dan/atau folder secara permanen. Harap lakukan dengan hati-hati, kamu gak bisa balikin apa yang sudah dihapus secara permanen.

Compress File / Folder

Hal ini biasanya dilakukan jika ingin mengunduh folder yang ada di cPanel, pilih file atau folder atau mungkin beberapa file dan folder kemudian klik Compress pada menu bar atas lalu akan muncul layar popup untuk memilih jenis file sebelum di konvert. Saat ini ada 4 jenis yang tersedia yaitu Zip, Tar, GZiped, dan BZip2ed, silahkan pilih salah satu dan masukkan nama hasil compress pada bidang berikutnya misalnya /public_html/contohcompress.zip.

/public_html itu artinya lokasi penyimpanan hasil compress, silahkan tentukan dimana ingin menyimpan hasil compress-nya. Klik Compress File(s) untuk memulai dan tunggu sampai proses selesai.

Download File

Kamu kehilangan file di komputer ? sudah di upload ke cPanel ? Gak perlu khawatir ! Tinggal download aja yang ada di cPanel ke komputer / perangkat kamu sekarang, caranya gampang banget cukup klik file atau pilih beberapa file kemudian klik Download pada menu bar atas untuk mulai mengunduhnya. Tunggu beberapa saat sampai proses download selesai. Kamu tidak dapat secara langsung mengunduh folder, harus di compress terlebih dahulu misalnya menjadi file .zip.

Edit File

Saya biasanya download file yang mau di edit kemudian edit di komputer lalu hasilnya di upload lagi ke cPanel, tapi kamu bisa melakukan pengeditan file langsung di cPanel ko. Pilih file yang ingin di edit lalu klik Edit pada menu bar atas, klik Edit lagi maka akan membuka tab baru dengan pengeditan file tersebut. Silahkan edit file sesuai keperluan, klik Save changes untuk menyimpan hasil edit atau klik Close untuk menutup tab pengeditan tersebut.

Selain Edit, kamu juga bisa bisa mengeditnya langsung dihalaman depan dengan memilih HTML Editor pada menu bar atas (ini hanya untuk file HTML saja).

Mengganti Nama File / Folder

Klik pada file atau folder yang ingin diganti namanya lalu klik Rename pada menu bar atas maka akan muncul layar popup, silahkan isi nama baru untuk file atau folder tersebut dan klik tombol Rename File untuk menyimpan perubahan. Bisa juga dilakukan dengan cepat, klik 2x pada nama file / folder maka akan berubah menjadi pengeditan silahkan tuliskan nama baru lalu tekan Enter.

Extract File

Kadang suka bingung ketika ingin mengunggah beberapa folder dan file ke cPanel, padahal gampang banget cukup compress aja di komputer baru upload ke hosting lewat cPanel. Setelah itu baru deh extract file didalam cPanel, caranya pilih file yang di compress lalu klik Extract pada menu bar atas maka akan muncul layar popup silahkan tuliskan dimana ingin meng-extract file tersebut. Klik Extract File(s) untuk memulai.

Izin File / Folder

cPanel memiliki fitur izin atau permission pada setiap file dan folder yang ada, misalnya hanya dapat dibaca saja, hanya dapat di edit saja, dsb. Cara mengatur izin masing-masing file dan folder silahkan pilih file / folder kemudian klik Permission pada menu bar atas maka akan muncul layar popup kecil. Silahkan tentukan izin yang ingin diterapkan untuk file / folder tersebut. Gunakan dengan hati-hati !

Mengembalikan yang Sudah Dihapus

Mungkin secara gak sengaja kamu pernah menghapus file / folder dan sekarang ingin mengembalikannya lagi, jika penghapusan yang dilakukan TIDAK permanen maka semua yang dihapus akan berada di halaman View Trash pada menu bar atas. Halaman ini merupakan tong sampah yang menampilkan semua file yang pernah dihapus tidak secara permanen.

Untuk mengembalikannya, silahkan pilih file yang ingin di kembalikan lalu klik Restore pada menu bar atas maka akan muncul layar popup kecil yang menanyakan apakah yakin ingin restore file tersebut. Klik tombol Restore File(s) untuk mengembalikan. Tunggu proses selesai maka file dikembalikan ke lokasi aslinya sebelum dihapus dan hilang di halaman tong sampah.

Akhir Kata

Itulah beberapa hal yang bisa saya bagikan dalam memanfaatkan fitur-fitur yang ada di File Manager cPanel, selamat mencoba !

 

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi