Cara Edit Tempat di Google Maps

0

Google Maps telah menyediakan berbagai fitur untuk berkontribusi bagi Local Guide untuk menunjukkan hal-hal secara lebih detail dan menarik di lokasinya. Tahukah kamu, saat kamu berkontribusi ke Google Maps berarti kamu membantu memberikan informasi kepada orang lain sesama pengguna aplikasi map tersebut. Ulasan dan foto yang kamu bagikan akan tersedia untuk siapa saja selama kontribusi. Lalu, jawabanmu atas pertanyaan dan editan tentang informasi bisnis akan diperiksa oleh algoritme Google dan dibandingkan dengan tanggapan pengguna lain sebelum dipublikasikan.

Kabar menariknya, saat kamu memberikan banyak kontribusi, maka kamu akan naik level dalam program Google Local Guide dan mendapatkan manfaat tertentu seperti akses awal ke pembaruan Maps dan produk Google lainnya, serta simbol Local Guide di ulasan dan foto profilmu. Setiap kontribusi akan memberimu satu poin dan kamu akan memulainya di Level 1 dan Level 2 dengan 5 poin, Level 3 dengan 50 poin, Level 4 dengan 200 poin dan Level 5 dengan 500 poin.

Nah, setiap poin ini akan menentukan sebarapa banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dari program Google Local Guide. Untuk melihat berapa poin yang telah kamu dapatkan, caranya mudah. Cukup buka aplikasi Google Maps di ponsel atau tablet, pilih “Contribute” dan pilih namamu. Di sini  akan terlihat poin di profilmu. Sebagai informasi, mungkin perlu waktu hingga 24 jam sebelum poinmu muncul di profil setelah berkontribusi.

ads by posciety

Selanjutnya, kita akan mengulas langkah untuk berkontribusi dengan mengedit tempat di Google Maps. Untuk itu, silahkan mengikuti cara edit tempat di Google Maps berikut ini:

  1. Buka aplikasi Google Maps di Android, lalu pilih “Contribute” di opsi bawah layar.
  • Akan muncul halaman berkontribusi yang menampilkan opsi, salah satunya “Edit Map” untuk mengedit tempat, pilih opsi ini.
  • Lalu kamu akan dibawa ke halaman selanjutnya untuk mengedit tempat atau lokasi yang kamu inginkan. Pilih “Add or fix a place” untuk menambahkan atau mengedit tempat dan pilih “Change name or other detail”.
  • Selanjutnya kamu tinggal memilih tempat yang ingin diedit di peta dan mengisi form tentang tempat tersebut. Pilih tanda “kirim” di pojok kanan atas setelah kamu selesai mengedit.

Apa Saja Bentuk Kontribusi Lainnya di Google Maps?

  • Membagikan pengalaman dengan menggunakan histori penelusuran dan lokasimu.
  • Memberi tag pada foto makanan dan minuman yang dipublikasikan untuk membantu orang lain menentukan menu yang akan dipesan.
  • Mengupload foto tempat yang baru-baru ini kamu kunjungi.
  • Memberi rating untuk tempat yang pernah dikunjungi berdasarkan histori lokasimu.
  • Menambahkan ulasan untuk tempat yang telah kamu beri rating.

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan adalah, apakah berkontribusi sebagai Local Guide di Google Maps dibayar? Google Local Guide adalah komunitas gratis dan wadah bagimu untuk menjadi sukarelawan dan mengedit peta yang akan sangat membantu orang-orang di sekitarmu. Kamu hanya membagikan sebagian pengalamanmu kepada pengguna lain yang ingin mengetahui lebih banyak tentang tempat yang pernah kamu kunjungi atau tinggali.

Jadi, berbicara tentang bayaran, maka jawabannya adalah tidak ada. Tetapi, ada sistem poin yang dapat menunjukkan seberapa banyak kamu telah berbagi di aplikasi mapnya. Baru-baru ini sistem poin telah diubah jika kamu menambahkan tempat, dimana kamu akan mendapatkan 15 poin, jika kamu menambahkan foto atau mengulas tempat akan dapat 5 poin, dan menjawab pertanyaan tentang tempat dan memberi peringkat pada tempat akan dapat satu poin. Semua poin yang kamu dapatkan ini akan menentukan tingkat berbeda.

Karenanya berbagai fasilitas diberikan kepadamu sebagai hadiah di setiap level dengan poin-poin tertentu. Mulai dari ruang penyimpanan hingga akses awal ke pebaruan Google. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menggunakan Google Maps untuk membuat dan menghapus jalan jika ada perubahan di beberapa tempat. Jadi singkatnya, Google memberimu hak untuk mengubahnya agar lebih baik dan ini merupakan tanggung jawab untuk menggunakannya dengan cara terbaik di dalam masyarakat kita.

Nah, sampai di sini pembahasan kita mengenai cara edit tempat di Google Maps dan program Google Local Guide serta manfaatnya dengan poin-poin yang bisa kamu dapatkan. Dan tahukah kamu, bahwa sebagai Local Guide nantinya kamu bisa menambahkan logo “G” di resume-mu? Ya, jadi tunggu apa lagi? Semoga cara diatas dapat membantumu dan selamat mencoba!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya