Rendering Video di Adobe After Effects (AE)

Simpan Video Hasil Edit ke Komputer

Seperti yang pernah saya jelaskan di tutorial export video pada Adobe Premiere, di Adobe After Effects pun tidak berbeda jauh. Tapi ada keunggulan yang menonjol di Adobe AE ini yaitu mampu merender / menghasilkan video yang transparan tanpa latar belakang dan biasa digunakan sebagai lower third.

Langsung aja, silahkan buka aplikasi Adobe After Effects dan pastikan project sudah selesai dibuat dan siap di export. Silahkan periksa kembali timeline-nya siapa tau ada yang salah, mencegah kesalahan aja.

  • Klik menu File pada bar menu diatas lalu pilih Export >> Adobe Render Queue
  • Akan membuka satu bidang baru dengan nama Render Queue, klik tombol Render untuk mulai memproduksi video tersebut

Kamu juga dapat melakukannya secara cepat dengan menekan CTRL/CMD + M pada keyboard dan akan langsung membuka bidang Render Queue.

Catatan: Pastikan ketika membuka bidang/tab Render Queue ini dilakukan pada project video yang akan di export, misalnya mau rendervideo di project A maka lakukan dalam project A agar project A ini masuk ke Render Queue.

Tunggu beberapa saat sampai proses render selesai, kunjungi lokasi export dan video siap ditonton.

Sebelum meng-export video, kamu juga dapat memberi beberapa pengaturan pada project tersebut misalnya mengubah lokasi output. Berikut ini beberapa pengaturan yang umum dilakukan sebelum export.

Pengaturan Export

Mengganti Lokasi Output

Atau yang lebih dikenal dengan lokasi penyimpanan, ini merupakan tempat dimana kamu akan menyimpan hasil export. Caranya, klik nama yang ada di Output To maka akan membuka popup layar komputer silahkan pilih lokasi dimana ingin menyimpannya dan klik Save.

Mengganti Nama Output

Ini dapat dilakukan sama seperti cara diatas tapi sebelum klik tombol Save, silahkan tulis dulu nama yang diinginkan untuk video ini. atau kamu bisa lakukan dengan cara mengklik tanda panah pada Output To maka akan tampil menu tarik turun dan pilih Custom…, muncul popup kecil silahkan tulis nama video yang kamu inginkan dan klik OK.

Mengganti Jenis Video

Secara default, video yang disimpan akan berupa .avi atau mengikuti penyimpanan-penyimpanan sebelumnya. Untuk mengganti ekstensi ini silahkan klik tanda panah pada Output Module untuk menampilkan menu tarik-turun dan pilih ekstensi video yang diinginkan misalnya H.264 untuk mp4.

Output Module Setting

Selain mengganti jenis ekstensi video, kamu juga dapat memberi pengaturan lanjutan pada setiap ekstensi yang dipilih. Misalnya sekarang saya pilih H.264 pada Output Module dan ingin mengaturnya lagi lebih lanjut maka klik pada nama H.264 (warna kuning disamping Output Module:), akan menampilkan popup dan menu-menu pengaturan yang bisa digunakan. Silahkan atur sesuai kebutuhan.

Kualitas Render

Untuk mengatur kualitas render bisa dilakukan dengan cara mengklik nama kualitas yang ada disebelah Render Settings:, akan muncul layar popup dan menu-menu pengaturannya. Silahkan atur sesuai kebutuhan. Kamu juga bisa menggunakan template bawaan Adobe After Effects dengan klik tanda panah pada Render Settings dan pilih template kualitas yang tersedia.

Begitulah cara render video di Adobe After Effects secara umum, kamu bisa pelajari lagi lebih lanjut berdasarkan kebutuhan video kamu.

Masih bingung ? Lihat : video tutorial cara simpan video hasil edit Adobe After Effects.

Selamat mencoba !

Mau render video transparan ? klik disini.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi