Bisakah Mengganti Domain & Menambah Domain Baru di Google AdSense ?

Mungkin ada diantara beberapa publisher yang terhubung dengan Google AdSense kemudian berencana untuk mengganti nama domain / URL websitenya untuk berbagai macam alasan, seharusnya mudah tapi justru malah kebingungan bagaimana dengan akun AdSense yang terkait ?

Gak usah bingung sob, ikuti trik di bawah ! Hal pertama yang perlu diketahui adalah Sebetulnya tidak perlu update apapun walaupun telah mengganti domain / URL blog, selama kode AdSense yang digunakan itu benar dan blog bersangkutan taat pada kebijakan AdSense maka iklan tetap akan tayang dan valid.

Walau begitu, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk meyakinkan saja bahwa akun AdSense dan blog memang benar-benar terakit. Seperti:

  • Melihat laporan harian, mingguan, dan bulanan
  • Melihat satatus unit iklan berstatus Aktif

Jika semuanya berjalan, maka sudah dipastikan bahwa iklan pada URL / domain baru tersebut berfungsi dengan baik. Selain itu, kamu juga perlu menambahkan domain baru pada akun AdSense bersangkutan.

Menambahkan Beberapa Domain di Google AdSense

  • Masuk ke dasbor Google AdSense
  • Pilih menu Setelan (jika menggunakan bahasa Indonesia)
  • Pilih Situs Saya
  • Halaman ini akan menampilkan semua domain yang pernah ditambahkan ke akun AdSense bersangkutan termasuk primary domain (domain utama), klik tanda tambah (+) untuk menambahkan domain baru
  • Masukkan domain beserta ekstensinya, klik tombol TAMBAHKAN SITUS
  • Klik domain yang baru saja ditambahkan, alihkan toggle menjadi nyala (terverifikasi) untuk memverifikasi bahwa situs tersebut diizinkan untuk menampilkan iklan akun AdSense ini

Cara ini juga biasa dilakukan oleh beberapa publisher yang memiliki banyak situs atau membuka kerjasama (join venture) untuk sistem pembayaran bagi hasil. Kamu dapat mendaftarkan domain teman kamu yang kesulitan mendaftar Google AdSense kemudian mendapatkan pembagian hasil sesuai kebijakanmu.

Setelah berhasil, tempelkan kode unit iklan pada domain baru tersebut. Ini memerlukan waktu beberapa menit agar iklan dapat tayang di domain baru dan statusnya menjadi Aktif.

Tips

Jika memiliki masalah seperti ini “saya punya domain yang terdaftar Google AdSense, tapi saat ini saya berencana untuk menghapus domain tersebut (tidak ingin digunakan lagi) dan ingin membuat domain baru, apakah akun AdSense gilang ?”

Seperti yang dijelaskan di atas, kamu cukup menambahkan domain baru saja pada akun AdSense. Domain lama yang sudah tidak digunakan dan tidak diperpanjang tidak akan mempengaruhi apapun pada akun AdSense. Sekarang, semua akan berjalan seperti biasanya pada domain baru.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

1
Tinggalkan Komentar

avatar
Annisha fasha
Visitor
Annisha fasha

slmt malam ,,saya mau ganti domain baru di blog tp saat saya masukkan tambah situs tidak ada tombol toggle untuk verifikasi yg ada langsung kirim permintaan ke adsensenya. dan disuruh menunggu proses review 1-14 hari atau lebih. gmn caranya ya biar muncul toggle saat tambahkan situs?

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi