Hapus Akun FB Otomatis / Wariskan Setelah Meninggal Dunia

Beberapa bulan kebelakang, Facebook membuat fitur baru yaitu kenangan. Dalam fitur kenangannya itu ternyata gak cuma kenangan postingan saja seperti yang saya jelaskan pada post sebelumnya tentang fitur baru Facebook tentang Kenangan Postingan. Ada fitur lainnya jg yang menarik dan lumayan mengerikan yaitu menghapus akun Facebook secara otomatis setelah pemilik akun Facebook meninggal dunia. Serius nih…

Jadi, pemilik akun bisa mengatur dalam pengaturan Facebook siapa yang akan menjadi pengurus akunnya setelah Facebook menemukan berita bahwa kalian pemilik akun tersebut meninggal dunia dan ada pilihan lain yaitu akun tersebut bisa dihapus secara permanen jika Facebook menemukan berita bahwa pemilik akun tersebut sudah meninggal dunia.

Markimul, mari kita mulai… Sekarang saya jelaskan opsi pertama terlebih dahulu yaitu:

Wariskan Akun Facebook Setelah Meninggal Dunia

Nah, sebelum lanjut langkah untuk opsi pertama ini silahkan pahami dulu apa saja yang bisa dilakukan oleh pewaris terhadap akun kalian nanti.

Hal yang dapat dilakukan oleh pewaris terhadap akun warisan:

  • Menulis kiriman sematan untuk profil kalian (misalnya berbagi pesan terakhir kalian atas nama kalian atau menginformasikan kenangan terakhir kalian lainnya)
  • Menjawab permintaan pertemanan baru
  • Memperbarui foto profil dan sampul kalian
  • Kalian juga dapat mengizinkan pewaris untuk mengunduh salinan atau biasa disebut arsipkan apa yang kalian bagikan di Facebook

Hal yang tidak dapat dilakukan oleh pewaris:

  • Masuk / login ke akun kalian
  • Menghapus / mengubah koleksi foto dan kiriman lainnya yang kalian bagikan di kronologi
  • Membaca pesan
  • Menghapus pertemanan

Saat ini baru segitu akses yang diizinkan dan dilarang oleh Facebook tentang akun warisan dan pewaris, seperti yang dibilang Facebook pada artikelnya bahwa perubahan akses bisa saja berubah entah bertambah ataupun berkurang.

Cara ini belum bisa dilakukan di mobile / smartphone dan tidak bisa dilakukan jika akun yang akan diwariskan belum 18tahun. Pertama, masuk ke pengaturan Facebook seperti biasa pada menu tarik turun ujung kanan atas Facebook pilih Pengaturan atau Setting dalam bahasa Inggris (atau klik disini).

Scroll kebawah dan pilih bagian Kelola Akun -> Kontak Pewaris Anda (saat ini posisinya ada di urutan kedua dari bawah). Selanjutnya tuliskan nama teman untuk menambahkannya sebagai pewaris akun kalian setelah meninggal dunia. Setelah memilih teman, klik tombol Tambahkan disampingnya maka akan muncul popup seperti ini: (lihat gambar).

DISARANKAN klik Kirim agar pesan langsung sampai ke pewaris tersebut atau pilih Lain Kali untuk mengirimnya nanti. Kalian bisa kirim pesan secara pribadi juga memberitahukan bahwa dia adalah pewaris akun kalian dan share artikel ini supaya dia paham apa maksudnya.

Setelah klik Kirim tadi maka si pewaris akan mendapatkan pesannya. Seperti yang saya jelaskan, kalian dapat mengizinkan pewaris untuk mengunduh apa yang telah kalian bagikan ke kronologi sebagai salinan / arsip. Nah caranya centang kotak yang saya kasih tanda panah pada halaman sebelumnya yang sekarang sudah menampilkan daftar kontak pewaris.

Tadi ketika mengirim pesan kepada akun pewaris, kalian juga bakal dapet salinan pesannya lewat email yang terhubung dengan akun Facebook kalian dan bisa dilihat lewat Messenger atau pesan Facebook.

Kalian juga dapat menghapus / mengganti pewaris kapanpun dengan cara klik Hapus pada daftar kontak pewaris. Itulah cara mewariskan akun kalian kepada teman, sekarang kita bahas:

Menghapus Akun Secara Permanen Setelah Meninggal Dunia

Silahkan scroll sedikit lagi kebawah dan pilih Permintaan Penghapusan Akun seperti pada gambar ini: (lihat gambar). Klik yang dilingkari merah pada gambar tersebut maka akan muncul pop-up lagi, klik Hapus Setelah Tiada untuk mengkonfirmasi kalian meminta penghapusan akun setelah meninggal dunia.

Setelah mengklik tombol tersebut maka sekarang akan berubah tulisannya menjadi Menjaga Akun Facebook Anda Tetap Ada, kalian dapat membatalkan Permintaan Penghapusan Akun tadi dengan mengklik tombol Menjaga Akun Anda Tetap Ada dan otomatis tulisan akan berubah kembali menjadi Permintaan Penghapusan Akun seperti sebelumnya.

Sekian pembahasan kedua opsinya, ini adalah fitur dari Facebook yang membuat setiap orang tetap terhubung dan dapat mengenang orang-orang tercintanya.

Kesimpulan

Keren sih fitur ini, tapi bagaimana caranya Facebook tahu akun itu sudah meninggal dunia ?

Kalo untuk jangka waktu lama, tentu Facebook bisa mengetahui akun tersebut sudah tidak pernah login dan ada beberapa orang mengucapkan Innalillahi atau selamat jalan seperti biasanya kepada orang meninggal tapi cara ini bergantung pada pengaturan privasi akun tersebut karena jika privasinya ditutup untuk orang lain memposting maka tidak akan muncul ucapan-ucapan selamat jalan pada akun tersebut dan Facebook akan semakin lama memproses dan melacaknya apakah benar-benar pemilik akun tersebut sudah meninggal.

Tapi ada cara cepat yang bisa diajukan oleh teman, sahabat, kekasih atau keluarga tercinta kepada Facebook dan memberitahukan secara jujur bahwa pemilik akun tersebut sudah meninggal dunia beserta bukti terlampir (opsional).

Baca juga postingan Bagaimana Cara Mengajukan Akun Lain Jadi Akun Kenangan untuk mengetahui cara memberitahu Facebook tentang kematian seseorang dan ingin dijadikan akun kenangan.

Semoga kita semua panjang umur & bahagia…

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...