Memutuskan Aplikasi / Game yang Dikaitkan ke Profil Facebook

Jaga Privasi FB Kamu di Aplikasi Lain !

Pernah menghubungkan / mengaitkan akun Facebook kamu dengan aplikasi atau game ? Baik di aplikasi ataupun browser komputer, ketika mengaitkan suat aplikasi web, aplikasi seluler, bahkan game ke Facebook, akan secara otomatis tersimpan di data Facebook dan akan selalu terhubung. Bagaimana cara menghapusnya  agar tidak terkait kembali ?

Putuskan Kaitan Aplikasi / Game dari Akun Facebook

Salah satu contoh yang paling banyak adalah login ke suatu aplikasi atau game menggunakan akun Facebook, secara otomatis akan tersimpan dan tida kakan terputus kecuali menghapusnya secara manual atau pihak ketiga benar-benar menghapusnya. Untuk memutuskan kaitan, disarankan untuk menggunakan browser PC / laptop ya.

  • Masuk ke Facebook menggunakan akun bersangkutan
  • Klik Pengaturan Akun atau menu dropdown tanda panah ke bawah di pojok kanan
  • Pilih Pengaturan (jika menggunakan bahasa Indonesia) atau bisa langsung saja kunjungi halaman pengaturan Facebook di https://www.facebook.com/settings
  • Pilih Aplikasi dan Situs Web

gambar 1 - hapus aplikasi game facebook

Akan menampilkan semua aplikasi dan game yang pernah dikaitkan dengan akun Facebook bersangkutan, lihat pada bagian tab Aktif, itu adalah yang masih aktif terkait. Pilihlah aplikasi yang ingin dihapus dengan cara centang kotak disampingnya lalu klik tombol Hapus.

Ketika hendak menghapus, akan muncul layar popup sebagai konfirmasi dan ada opsi apakah ingin menghapus postingan, foto, dan video yang mungkin telah diterbitkan oleh pihak ketiga tersebut. Centang kotak jika ingin menghapusnya juga, lalu klik tombol Hapus untuk menghapusnya.

Langkah ini juga bisa dilakukan bagi para pemain game Mobile Legends, jika sebelumnya pernah mengaitkan akun Facebook dan berencana ingin hilangkan daftar teman Facebook bisa lakukan cara ini. Tapi jangan lupa juga untuk unbind Facebook di dalam game Mobile Legends terlebih dahulu sebelum melakukan ini.

Ketika menghapus aplikasi diatas, artinya pihak ketiga tersebut tidak akan mempunyai hak lagi untuk mengupdate apapun mengatasnamakan akun Facebook kamu. Tapi data kamu tidak benar-benar terhapus di database pihak ketiga tersebut, jika benar-benar ingin menghapusnya secara keseluruhan (100%) silahkan beralih ke tab Dihapus.

Pada tab Dihapus ini akan menampilkan semua aplikasi / game terhubung yang sudah berhasil diputuskan kaitannya, untuk benar-benar menghapus data kamu 100% di pihak ketiga tersebut, kamu harus menghubungi pihak ketiga tersebut untuk meminta bantuan menghapus data kamu sepenuhnya. Caranya, klik Lihat detil lalu klik Hubungi.

Kamu akan diarahkan ke halaman kebijakan privasi aplikasi / game tersebut dan mengetahui bagaimana caranya meminta bantuan menghapus data kamu sepenuhnya. Memang tidak mudah, tidak semua aplikasi / game akan merespon permintaan.

Bagaimana jika tidak dihapus sepenuhnya ? Tidak terlalu jadi masalah, karena dengan menghapus saja seperti diatas artinya sudah melarang aplikasi / game tersebut untuk menggunakan data kamu lagi.

Lalu, apa yang dimaksud dengan tab Kadaluwarsa ? Ini merupakan daftar aplikasi yang pernah dihubungkan sebelumnya namun sedang tidak aktif, tapi dapat aktif kembali sewaktu-waktu ketika kamu masuk ke aplikasi atau game tersebut dan menghubungkannya kembali. Kamu juga dapat menghapus daftar aplikasi dan game disini jika sudah tidak menginginkannya.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi