Backup Blogspot ? Import Blogspot Lama ke Blogspot Baru ? Lihat Semua Disini !

Hindari Kehilangan Artikel, Gunakan Artikel yang Lama

Import dan Export adalah salah satu hal penting dalam membangun sebuah blog, ini fungsinya untuk menyimpan (backup) data yang terbaru dan mengembalikan data terbaru yang pernah di backup jika terjadi kesalahan / fatal error pada blog. Jangan pernah sekalipun meremahkan backup !

Jika menggunakan blogspot, untuk melakukan import dan backup bukanlah hal yang rumit karena semua tools sudah disediakan di dasbor Blogger asal tau cara menggunakannya. Masuklah ke dasbor blogspot, pada daftar menu di samping kiri pilihlah Setelan (jika menggunakan bahasa Indonesia) kemudian pilih Lainnya.

gambar 1 - backup import blogspot

Export / Backup Blogspot

Pada bagian Import dan Backup ini kita akan memanfaatkan semua fitur yang ada di dalamnya.

Backup Artikel, Komentar, dan Halaman Blogspot

Untuk membackup semua data blog (halaman, artikel, komentar) klik tombol Backup Konten maka akan muncul layar popup sebagai konfrimasi, klik tombol Simpan ke Komputer untuk menyimpan semua data blog ke komputer / laptop yang digunakan.

Hasil download dapat dilihat di folder komputer (sesuai pengaturan masing-masing komputer), file backup ini berupa XML. Contoh: blog-09-28-2018.xml. Simpanlah hasil backup tersebut di tempat yang aman, agar mudah ditemukan ketika nanti memerlukannya untuk import ke blogspot baru atau untuk keperluan lain.

Ketika kamu tidak sengaja menghapus blog, tidak perlu khawatir karena memiliki data blog terbaru yang baru saja di backup.

Import Blogspot

Untuk import konten blog, klik tombol Impor Konten. Akan muncul layar popup untuk konfirmasi, klik tombol CaptCha untuk memastikan kamu bukan robot. Centang kotak Publikasikan semua postingan dan halaman yang telah diimpor secara otomatis, ini berguna sekali agar kamu tidak perlu mempublish artikel dan halaman satu persatu.

Klik tombol Impor dari komputer, pilihlah file blogspot (.xml) yang akan diimpor. Tunggu hingga proses impor selesai maka semua halaman, postingan, dan komentar yang ada pada file tersebut akan tersedia di blog bersangkutan.

Untuk memastikannya, kamu dapat mengunjungi halaman entri, halaman, dan komentar apakah impor tadi benar-benar berhasil. Impor blog seperti ini biasanya dilakukan oleh para blogger yang ingin memberikan artikel, halaman, dan komentarnya ke blog lain.

Video dari blog Anda

Selain impor dan backup, tersedia juga halaman pengelola video yang pernah kamu unggah ke blogspot bersangkutan. Klik tombol Mengelola video Anda, akan membuka halaman di tab baru yang menampilkan semua video-video yang diupload melalui blog tersebut.

Selamat mencoba !

Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAH Lihat Privasi