Cara Insert Ms. Excel di File Ms. Word

0

Insert Excel di Word dengan mudah bisa dilakukan dengan beberapa klik saja, ketika insert tampilannya gak langsung rapih. Lihat disini tips lengkapnya untuk merapihkan Excel yang di-insert ke Word.

Tabel default Microsoft Word memang tidak secanggih Microsoft Excel, tapi bisakah kita masukkan table Microsoft Excel ke dalam Microsoft Word? Jawabannya “tentu saja bisa!”. Dengan menyisipkan tabel Microsoft Excel di dalam Microsoft kamu akan mendapatkan kendali penuh seperti kamu membuat file Microsoft Excel, seperti membuat rumus, border, merge cell, dll. Caranya gak susah ko, syaratnya juga sederhana yaitu pastikan dalam perangkat kamu terinstal Ms. Word dan Ms. Excel.

Insert Excel di Word

Pada file Ms. Word klik menu Insert di daftar menu > pada menu Tabel klik tanda panah ke bawah > lalu pilih Excel spreadsheet.

ads by posciety

cara buat table excel di word

Tabel Excel berhasil muncul, klik 2x pada tabel untuk masuk ke mode Excel. Ketika dalam mode Excel, menu akan berubah seperti kamu sedang membuka file Excel. Kamu dapat melakukan apapun pada table Excel persis seperti kamu membuka file Excel, bisa memasukkan rumus Excel, membuat border, highlight, ganti font, dll.

Semua hasil kerja Excel kamu bisa di copy dan paste di dalam tabel ini, setelah kamu selesai dengan mode Excel kamu bisa tekan Esc pada keyboard atau klik sembarang di lembar kerja word untuk keluar dari mode Excel dan kembali ke mode Word.

Selesai, kamu sudah berhasil insert Excel di Word. Ikuti tips lainnya di bawah ini agar tabel Excel kamu lebih rapih di Word.

Align Center Excel di Word

Jika kamu ingin membuat tabel Excel berada di tengah lembar kerja Word, dalam mode Word blok atau pilih tabel sampai ada tanda titik di setiap sisi tabel lalu pilih Align Center.

Selain itu, kamu juga bisa manfaatkan Indent di bagian penggaris di atas dengan menyesuaikan lebarnya agar terlihat lebih rapih dan sesuai keperluanmu.

Hilangkan Kolom Tidak Terpakai

Jika kamu hanya menggunakan sedikit kolom, maka akan ada kolom kosong default Excel yang muncul seperti pada gambar di atas di ujung kanan. Kamu bisa hilangkan itu dengan cara klik 2x tabel agar masuk ke mode Excel lalu tarik titik tengah kanan ke kiri sampai kolom tersebut tertutup.

Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan lebarnya (memperbesar / memperkecil tabel Excel) dengan cara tarik titik ujung bawah kanan hingga kamu mendapatkan ukuran yang kamu inginkan.

Jangan terburu-buru, setelah menggeser tunggulah beberapa saat sampai Excel selesai menyesuaikan secara otomatis lalu setelah itu keluarlah dari mode Excel untuk melihat hasilnya.

Sesuaikan Tinggi Excel

Secara default, tabel Excel di Word tidak begitu tinggi sehingga data kamu tidak terlihat semua jika kamu memiliki row yang banyak dalam Excel nya. Seperti gambar di atas, data masih belum muncul semua, lakukan hal berikut untuk menyesuaikan tingginya.

Klik 2x pada tabel Excel > pada titik tengah bawah tariklah ke bawah hingga semua row pada Excel terlihat sempurna.

sesuaikan tinggi excel di word

Tarik hingga semua data kamu muncul, tunggu proses loading selesai kemudian keluarlah dari mode Excel dan lihat hasilnya.


Mudah bukan? tips terakhir supaya Excel kamu tidak error jika menggunakan rumus yang join ke file Excel lainnya, sebaiknya kamu buat sheet baru di tabel Excel pada file Word dan masukkan data tersebut disitu. Jadi join rumus semua ada di spreadhseet yang ada pada file Word.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya