Install WordPress Secara Manual

Install WordPress lebih mudah dilakukan di cPanel menggunakan aplikasi Softaculous, tapi pada suat kasus mungking akan memerlukan pemasangan WordPress secara manual dan cara ini memerlukan waktu lebih banyak. Biasanya hal ini dilakukan jika Softaculous, cPanel atau hosting sedang error.

  • Pertama, silahkan download WordPress nya terlebih dahulu.
  • Login ke cPanel atau akun FTP dan masuk ke folder tempat domain dimana ingin menggunakan WordPress. Jika domain yang digunakan adalah domain utama dari hosting tersebut maka cukup buka public_html, jika merupakan subdomain atau addon domain maka buka folder subdomain / addon domain tersebut.
  • Upload WordPress yang tadi berhasil diunduh kedalam folder tersebut.
  • Extract file .zip WordPress tersebut didalam folder. Setelah di extract akan tampil folder WordPress dan didalamnya berisi file-file WordPress yang diperlukan, Silahkan pindahkan semua file yang ada didalam folder WordPress ke luar folder WordPress sehingga sejajar dengan folder WordPress tersebut. Karena jika tidak dipindahkan, nantinya situs kalian akan berada di sub folder wordpress misalnya http://www.domain.com/wordpress, maka perlu dipindahkan sejajar dengan folder WordPress dan setelah folder wordpress itu kosong silahkan dihapus saja. Dengan begini, ketika kalian masuk ke folder domain yang akan digunakan sebagai situs wordpress akan langsung muncul file-file wordpress yang diperlukan tanpa folder wordpress.
  • Sekarang, buatlah database untuk situs WordPress. Pergi ke bagian Database di cPanel lalu klik MySQL Database Wizard.
  • Masukkan nama database dan klik Next.
  • Buatlah database user / pengguna database, masukkan user database dan kata sandi kemudian klik Create User. Username dan kata sandi ini akan diperlukan dilangkah berikutnya.
  • Kembali ke folder domain dimana file-file wordpress tadi berada, cari wp-config-sample.php dan ubah namanya / Rename menjadi wp-config.php.
  • Setelah berhasil diganti nama, silahkan klik file nya dan pilih Edit untuk mengedit file tersebut. Maka akan membuka di tab baru dan cari code berikut:
    define('DB_NAME', 'database_name_here');
    
    /** MySQL database username */
    define('DB_USER', 'username_here');
    
    /** MySQL database password */
    define('DB_PASSWORD', 'password_here');

    Silahkan ganti database_name_here dengan nama database yang tadi dibuat, ganti username_here dengan username user yang tadi dibuat dan ganti password_here dengan kata sandi user yang tadi dibuat. Setelah semuanya selesai klik Save Changes dan Close tab ini.

  • Buka tab baru untuk memulai instalasi WordPress, kunjungi URL dimana kalian menyimpan file-file WordPress tersebut dan ditambah akhiran install.php misalnya http://domain.com/wp-admin/install.php atau http://domain.com/folderlain/wp-admin/install.php.

Sekarang akan tampil halaman selamat datang dari WordPress dan bersiap untuk pemasangan.

Selesaikanlah pemasangan WordPress sesuai yang diperlukan, saya rasa tahap ini sudah pada paham bagaimana cara mengisinya. Setelah lengkap semuanya secara otomatis akan diarahkan ke halaman Dashboard admin, jika tidak diarahkan maka setelah selesai cukup kunjungi situs dimana kalian memasang situs wordpress ini ditambah /wp-admin/ diakhirnya untuk mengunjungi dashboard.

Semoga bermanfaat, have a nice day…

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi