Install XAMPP Terbaru di PC / Laptop

Langsung Dari Situs Resmi

Kalo di pikir-pikir lagi, kayanya saya terlambat membuat tutorial ini, sudah ratusan postingan tentang per-coding-an (beberapa diantaranya tentang PHP) di blog ini tapi saya baru membahas soal memasang XAMPP 😀 Tapi gak apa-apa ya, lebih baik terlambat dari pada tidak sama sekali.

Kali ini saya akan memberitahukan bagaimana cara memasang aplikasi controller “XAMPP” di komputer / laptop dengan mudah tanpa ribet, jika pernah mengikuti tutorial tentang membuat website / blog di situs ini, kamu pasti sering lihat saya menggunakan aplikasi XAMPP. Terutama kamu yang nonton di channel YouTube Rio Bermano, pasti sering lihat aksi saya menggunakan XAMPP. Emangnya apa sih XAMPP ? Emang penting ya ?

Apa itu XAMPP ?

XAMPP merupakan aplikasi pengembangan PHP yang paling populer, apliaksi ini benar-benar gratis. Aplikasi ini telah dibuat dan dirancang sedemikian rupa untuk mudah dipasang & mudah digunakan. membantu pengguna untuk menginstal distribusi Apache MariaDB, PHP, dan Perl. Salah satu kegunaannya yang sering saya sebutkan yaitu untuk membaca file PHP yang ada di localhost, itu singkatnya.

Install XAMPP Terbaru

Langsung aja ke cara pasangnya, kunjungi link https://www.apachefriends.org/index.html, ini merupakan situs resmi Apache untuk mengunduh XAMPP versi terbaru. Jadi, jika ingin versi terbaru cukup kunjungi link tersebut. Disitu ada beberapa pilihan download yaitu Windows, Linux, dan OS X. Silahkan klik salah satu untuk mulai download XAMPP (pilih sesuai OS yang digunakan).

Setelah download selesai, lihat file (aplikasi) hasil download-nya kemudian klik 2x untuk mulai install atau klik kanan dan pilih Run as administrator. Klik Next, pada halaman Setup, pilihlah (centang kotak) aplikasi yang ingin dipasang pada XAMPP seperti MySQL, FileZilla FTP Server, Mercury Mail Server, Tomcat, Perl, dan lainnya. Disarankan untuk memilih semua, agar nanti ketika memerlukan tidak perlu install lagi. Klik Next.

Pada halaman Installation Folder, silahkan tentukan dimana kamu ingin install aplikasi XAMPP (misalnya di C:\xampp, artinya semua sistem dan file untuk penggunaan XAMPP akan ada disini). Untuk mengganti lokasi pemasangan silahkan tuliskan direktorinya atau klik ikon folder disamping -> pilih folder -> klik Oke. Klik Next untuk melanjutkan.

Halaman Bitnami for XAMPP ini akan menanyakan “apakah ingin memasang dan mempelajari lebih lanjut tentang Bitnami ?“, centang kotak jika ingin memasang dan mempelajarinya. Bitnami merupakan installer Joomla, WordPress, Drupal, dan lainnya yang dapat digunakan langsung lewat XAMPP (pelajari lebih lanjut di https://bitnami.com/stack/xampp), ketika mencentang kotak ini maka perlu proses download Bitnami secara otomatis sebelum melanjutkan ke step berikutnya. Klik Next untuk melanjutkan, klik Next dan mulai install.

Tunggu proses instalasi selesai. Sekarang, XAMPP telah tersedia di komputer / laptop dan siap digunakan. Klik ikon aplikasi XAMPP pada layar desktop / pada Startup menu untuk mulai menggunakan XAMPP. Jika tidak ada ikon aplikasi, kamu bisa masuk ke folder xampp di lokasi pemasangan XAMPP tadi kemudian cari aplikasi xampp-control, klik untuk mulai menggunakan. Jangan lupa untuk membuat shortcut-nya di desktop supaya nanti gampang ketika ingin menggunakannya lagi.

Selamat mencoba !

Lihat Juga : Bagaimana cara mengakses file .PHP menggunakan XAMPP.

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...