Bagaimana Cara YouTube Menghitung Jumlah Tontonan Video ?

Setelah membagikan Cara Melihat Statistik Video YouTube beberapa bulan lalu di situs ini, sepertinya saya juga perlu membagikan artikel ini supaya makin paham sistem kerja YouTube dalam program Analytics nya. Dalam artikel ini saya akan menjelaskan bagaimana cara kerja penghitungan penonton video YouTube.

Jumlah Tayang Tidak Sesuai

Pernah ngalamin gak ? Ketika lihat jumlah tayangan di menu Analytics YouTube bagian Real Time terlihat lebih banyak yang sedang nonton tapi ketika lihat di bagian Ringkasan malah lebih sedikit.

Ketika mengalami hal seperti itu, perlu ketahui hal ini:

bagian Real Time menampilkan estimasi 2 hari terkahir dari sekarang sedangkan Ringkasan menampilkan data asli tidak termasuk 2 hari terkahir“.

Jadi, waktu melihat analitics Real Time itu adalah data 2 hari terkahir saja dan sifatnya “perkiraan” saja. YouTube perlu memvalidasi keaslian penonton secara algoritmik sebelum dapat dimasukkan ke data Ringkasan. Hal ini dilakukan YouTube karena ingin mempertahankan pengalaman yang adil dan positif bagi pembuat konten, pengiklan dan pengguna.

Maka dari itu, YouTube perlu memperlambat penghitungan (2 hari) untuk memverifikasi bahwa data tersebut asli dan YouTube akan membuang tayangan yang dianggap tidak sah termasuk tayangan yang berkualitas rendah.

Data Asli

Untuk melihat data asli tayangan dapat dilihat di bagian Ringkasan, karena data ini diambil dari data estimasi yang kemudian diolah melalui beberapa proses seperti memproses penonton video adalah orang sungguhan bukan sistem komputer termasuk me-refresh / reload halaman video yang dianggap tidak sah.

Sekali lagi, Real Time hanya menunjukan perkiraan potensi aktivitas penayangan dan mungkin tidak cocok dengan data di Ringkasan atau data di halaman video tersebut.

Ketika membuka halaman Ringkasan, itulah data yang dianggap valid oleh YouTube untuk video-video di channel tersebut. Harap maklum jika Pendapatan kalian di YouTube ini sifatnya estimasi karena saya yakin tidak ada program yang berani memberikan kepastian untuk hal ini termasuk Google AdSense sekalipun dan iklan ini bukan iklan manual melainkan sistem Google jadi tidak akan bisa dipastikan pendapatannya untuk mencegah kecurangan yang merugikan pengiklan.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi