RAM & ROM Kembar Tapi Tak Sama, Inilah Cara Kerjanya !

Sebelum mencari tau lebih lanjut tentang cara kerja RAM, mari kita cari tau terlebih dahulu apa itu RAM & ROM. Pada sistem komputer biasanya terdapat 2 jenis penyimpanan (bukan hanya media penyimpanan) yaitu memori penyimpanan dan memori utama (biasa disebut memori internal). Berhubung disini kita akan membahas RAM & ROM, mari kesampingan media penyimpanan (biasa disebut hard disk) sementara atau klik disini untuk mencari tau pembahasan seputar Hard Disk.

Memori internal sendiri merupakan memori utama dari sebuah perangkat sistem komputer, ia dapat menyimpan dan menganbil data dengan sangat cepat. Itulah alasannya kenapa memori internal diwajibkan, ia sangat penting bagi proses kerja sebuah sistem komputer.

Namun sifat memori internal ini adalah sementara, ia dapat bekerja cepat tapi tidak mampu mengingat dalam janga waktu lama. Ketika sistem komputer itu mati, semua data yang tersimpan dan di cache di dalamnya pun akan hilang. Memori ini akan bersih (kosong) kembali sampai nanti dipergunakan lagi.

RAM

  • Apa Itu RAM ?

Apa artinya RAM ? RAM adalah singkatan dari Random Access Memory, dari namanya saja sudah bisa ditebak bahwa ia menyimpan / mengelola segala macam access (proses) di dalamnya.

  • Bagaimana Cara Kerja RAM ?

RAM akan menyimpan segala hal yang diproses pada sistem komputer bersangkutan hanya saat sistem komputer menyala / sedang digunakan (ON). Segala hal tersebut akan dilupakan dan hilang dari penyimpanan RAM ketika power komputer mati.

Ketika kamu menggunaka sebuah komputer dengan RAM yang kecil, pasti akan mengalami kelambatan dalam beberapa proses di sistem komputer tersebut. Ya, karena apapun yang di proses akan tersimpan di RAM dan Core akan mengambil dari RAM agar bisa diproses cepat.

Saat ini sudah banyak tersedia RAM dengan beberapa kapasitas, itu adalah kapasitas penyimpanan proses pada RAM. Jika kapasitasnya kecil, maka proses yang disimpan di RAM akan semakin sedikit dan akan bergantian dengan proses berikutnya.

Contoh: Kamu memasak air di sebuah panci, ini tentu memudahkan kamu ketika ingin membutuhkan air panas. Jika panci itu terisi penuh, kamu harus membuangnya agar dapat memasak air baru lainnya. Tapi ketika kompor mati, air ini akan dingin dan kamu harus memasak kembali agar mendapatkan air panas.

Terus dan terus akan seperti itu, maka memilih RAM besar adalah hal penting dalam sebuah sistem komputer. Tidak ada budget untuk membelinya ? Tenang ! Lihat : Bagaimana Cara Mempercepat Kinerja RAM.

ROM

  • Apa Itu ROM ?

Kepanjangan ROM adalah Read-Only Memory, cara kerjanya pun tidak berbeda jauh dengan RAM. Jika RAM hanya mampu bekerja ketika komputer dalam keadaan nyala saja, ROM justru mampu bekerja dalam keadaan perangkat mati atau tidak digunakan (OFF).

  • Cara Kerja ROM

ROM memang mampu bekerja ketika keadaan laptop mati, tapi ini bukan berarti bekerja benar-benar kerja. Ia hanya menyimpan beberapa proses pada program yang sifatnya mendasar saja seperti ukuran layar, jaringan yang digunakan, dan penulisan (keyboard). Beberapa proses yang ribet tetap akan dihapus dari penyimpanannya.

Jiia melihat contoh pada RAM di atas, ROM akan mengingat proses pemasakan air panas, panci, dan gelas. Proses di luar itu tidak akan disimpan.

RAM & ROM yang dijelaskan di atas tidak hanya untuk komputer atau laptop, ini berlaku untuk handphone dan beberapa sistem komputer yang menggunakan RAM dan ROM.

Tidak salah beberapa konsumen memilih RAM dan ROM besar pada HP yang digunakannya, karena itu sangat membantu ia dalam memproses beberapa tindakan seperti membuka beberapa aplikasi sambil bermain game.

Kalian pasti pernah mengalami hal ini, ketika baru menyalakan komputer beberapa tindakan terasa lemot tapi ketika melakukan tindakan yang baru saja dilakukan akan terasa cepat. Ini karena proses belum teersimpan di RAM & ROM.

Atau ada juga yang mengalami lag / lemot ketika membuka beberapa aplikasi sekaligus, ini bisa dipastikan karena RAM / ROM yang digunakan berkapasitas kecil sehingga tidak semua proses dapat disimpan dan diproses dengan cepat.

Beberapa pengguna HP yang memiliki RAM & ROM kecil juga biasanya melakukan pembersihan (cleaning), sebetulnya itu hanya membuang beberapa proses yang tersimpan saja dan biasanya tidak lama akan penuh lagi.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi