WhatsApp memiliki fitur yang dapat dimanfaatkan oleh semua penggunanya untuk mengirim pesan ke banyak kontak dengan sekali kirim, namanya WhatsApp Broadcast. Ya, ini mengingatkan kita pada fitur Boradcast pada masa BlackBerry Messnger (BBM), cara penggunannya pun tidak berbeda jauh dengan BBM Broadcast waktu itu.

WhatsApp Broadcast memudahkan kita untuk mengirim pesan ke banyak kontak tanpa harus mengirim berulang kali satu persatu, cukup sekali kirim maka pesan kita akan terkirim ke banyak kontak.

Pastikan kamu sudah menyimpan nomor-nomor yang ingin kamu jadikan penerima pesan Broadcast. Ikuti langkah-langkah di bawah ini sebagai tutorial untuk mengirim pesan WA ke banyak kontak sekaligus.

Cara Kirim WhatsApp Broadcast

  • Buka aplikasi WhatsApp dan klik toggle menu (titik 3) di pojok kanan atas kemudian pilih New Broadcast jika aplikasi WA kamu menggunakan bahasa Inggris

gambar 1 - CARA KIRIM BROADCAST WA

  • Selanjutnya, pilih kontak yang ingin kamu jadikan sebagai penerima pesan Broadcast. Kontak yang dipilih akan tampil di bagian atas layar, kemudian klik tanda centang di bawah jika sudah selesai memilih kontak

gamabr 2 - pilih kontak untuk broadcast wa

Kamu akan diarahkan ke layar chat WhatsApp, mulai lah mengetik dan kirim pesan ke banyak penerima dalam sekali kirim pada layar chat itu.

Broadcast ini berbeda dengan WhatsApp grup, jika penerima membalas chat kamu, maka chat nya akan menjadi normal seperti chat pribadi / japri.

Perlu diperhatikan, Broadcast WA ini hanya akan dikirim kepada penerima yang menyimpan nomor kamu di HP nya. Jadi, jika penerima tidak menyimpan nomor yang kamu gunakan di HP nya, maka pesan Broadcast kamu tidak akan sampai ke penerima tersebut.

Jika kamu sering membuka WA di Web atau di Desktop App, sayang sekali fitur Broadcast ini belum tersedia dan hanya dapat dilakukan melalui aplikasi WhatsApp di HP 🙂

Kamu bisa manfaatkan WhatsApp Group saja jika kamu sering membuka WA di Desktop App atau di web Whatsapp.

Fitur WhatsApp Broadcast tentu sangat bermanfaat khususnya buat kamu yang suka mengirim pesan yang sama kepada banyak kontak, misalnya membagikan pengumuman pada teman-teman kantor, pengumuman teman-teman sekolah, atau bahkan membagikan informasi penting, tapi jangan disalahgunakan untuk membagikan Hoax di WhatsApp.

WhatsApp Broadcast juga akan tampil di list chat kamu, jika kamu sudah tidak ingin melihatnya, kamu bisa delete list WhatsApp Broadcast dengan sekali klik. Caranya buka list WhatsApp Broadcast tersebut, klik bagian atas pada layar (untuk melihat info detail), scroll ke bawah dan klik Delete broadcast list jika menggunakan bahasa Inggris.

Kamu juda dapat menentukan apakah ingin menghapus media nya sekalian atau hanya broadcast list nya saja.

[zombify_post]