Banyak sekali layanan analytics yang tersedia di dunia saat ini, salah satunya adalah Google Analytics (biasa disingkat GA) yang merupakan produk analisa traffic dari Google.

Bagi pengelola / pemilik blog, mengetahui aktivitas dan ranking blog nya adalah salah satu hal terpenting termasuk mengetahui postingan mana yang paling populer. Maka dari itu, para publisher harus mempunyai sistem pelacakan di situsnya.

Untuk mengetahui halaman yang paling populer di web kamu, kamu dapat menggunakan tracking service dari Google Analytics. Bagi yang sudah memasang kode pelacakan Google Analytics di web nya, bisa lanjutkan membaca kebagian bawah. Jika belum memasang kode pelacakan, silahkan lihat bagaimana cara memasang kode pelacakan Google Analytics.

Popular Pages – Google Analytics

  • Masuk ke dasbor Google Analytics seperti biasa
  • Pilih situs mana yang ingin dilihat analytic nya (jika memiliki banyak situs dalam akun GA tersebut). Jika menggunakan komputer, kamu dapat beralih melalui dropdown menu di pojok kiri atas pilih situs dan Semua Data Situs
  • Pada daftar menu disamping kiri, pilih Behavior (Perilaku, jika menggunakan bahasa Indonesia)
  • Pilih Konten Situs
  • Pilih Semua Halaman

gambar 1 - halaman terlaris analytics

Kamu akan diarahkan ke halaman yang menampilkan semua halaman / artikel yang ada di situs bersangkutan mulai dari yang terlaris sampai terburuk, setiap halaman juga ditunjukkan berapa jumlah pengunjungnya, berapa tayangan unik, berapa lama pengunjung berdiam di halaman tersebut, dll. Untuk mengetahui lebih detail laporan dari masing-masing halaman, klik saja pada link halaman tersebut.

Jangan lupa untuk mengatur range waktu di pojok kanan atas, kamu dapat memilih waktu kapan saja. Misalnya ingin mengetahui halaman mana yang popular hari ini / bulan ini / minggu ini / tanggal lainnya, maka pilih waktu yang sesuai.

Tidak hanya 10 halaman, kamu dapat melihat lebih dari 10 halaman terpopuler dengan cara mengganti jumlah yang ditampilkan dibagian bawah daftar halaman. Selain itu, jika kamu sudah terbiasa menggunakan Analytics maka silahkan atur segmentasi dibagian atas sesuai keperluan. Ini akan membantu kamu mengetahui laporan lebih dalam lagi.

Laporan halaman populer ini tentu hanya tersedia jika situs bersangkutan sudah menggunakan Analytics dalam beberapa waktu, jika baru memasang kode pelacakan, harap bersabar sampai Google Analytics mengumpulkan data. Pastinya, GA hanya akan mendapatkan laporan sesuai tanggal kapan kode pelacakan diterapkan.

Sekarang, kamu tidak sulit lagi untuk mengetahui halaman mana yang sering dilihat dan dikunjungi. Sebetulnya, untuk mengetahui post yang sering dilihat atau paling banyak dikunjungi seperti ini tidak harus menggunakan Google Analytics, kamu juga bisa gunakan layanan lain yang menyediakan fitur popular pages.

Selamat mencoba !


Jangan Lupa Share !!!

98
14 shares, 98 points

Apa Reaksimu ?

Bingung Bingung
6
Bingung
Kesal Kesal
4
Kesal
OMG OMG
6
OMG
Takut Takut
5
Takut
Keren Keren
3
Keren
Sedih Sedih
8
Sedih
Posciety Tech

Pro

Official Channel Posciety.Com yang menyuguhkan informasi dan updates seputar dunia teknologi.

0 Komentar

Pilih Format
Artikel
Default, Membuat Artikel/Cerita
List
Listicle, Misalnya: 3 Hal yang Wajib Dilakukan Saat...
Kuis Kepribadian
Membuat kuis Tentang Kepribadian
Poll
Vote untuk Membuat Keputusan atau Mencari Saran
Meme
Membuat Meme dari Gambar Normal yang Kamu Miliki