Bye Kartu Kredit ! Pembayaran Iklan Google Ads Sekarang Bisa via Transfer Bank

Mempromosikan Bisnis di Internet Tidak Sesulit yang Dibayangkan

Semakin berkembangnya Google Ads di Indonesia, tentu Google harus menyesuaikan apa saja yang diperlukan oleh para advertiser Indonesia. Setelah melakukan banyak penyesuaian, akhirnya Google mengeluarkan fitur pembayaran yang dapat dilakukan dengan mudah oleh semua ukuran bisnis di Indonesia yaitu transfer bank.

Sebelumnya, untuk beriklan di Google Ads agak sedikit kesulitan dalam menyelesaikan kampanye karena tidak dapat diselesaikan dengan transfer bank, harus menggunakan kartu kredit, dsb. Setelah transfer bank diluncurkan, tentu ini bisa menjadi kemudahan bagi semua advertiser dalam menyelesaikan dan menjalankan kampanye nya.

Namun, sebelum dapat melakukan fitur pembayaran transfer bank Google Ads, kamu perlu memastikan bahwa:

  • Negara yang dipilih pada akun Google Ads bersangkutan adalah Negara Indonesia (Lihat: bagaimana cara mengganti Negara)
  • Mata Uang yang dipilih adalah Rupiah

Mata Uang tidak dapat diganti setelah akun Google Ads berhasil dibuat, ini hanya dapat dipilih saat membuat akun. Buatlah akun baru jika akun saat ini belum bermata uang Rupiah.

Ketika mengatur campaign Google Ads, di akhir nya pada bagian pembayaran pilihlah Pembayaran Manual (bukan Pembayaran Otomatis). Ketika kamu melanjutkan pembayaran nantinya akan muncul pilihan Transfer Uang, pilihlah Transfer Uang.

gambar 1 - pembayaran transfer uang google ads

Well, tidak semua advertiser langsung menyelesaikan pembayarannya. Biasanya disimpan terlebih dahulu campaing nya dan melakukan pembayarannya nanti setelah siap. Jika seperti ini, kamu dapat menemukannya di bar menu atas, pilih Fitur >> Pilih Penagihan & Pembayaran.

gambar 2 - penagihan dan pembayaran google ads fitur

Akan diarahkan ke halaman Penagihan dan Pembayaran, klik tombol Lakukan Pembayaran (pembayaran yang akan dilakukan adalah tertuju untuk kampanye-kampanye yang sudah dibuat, pastikan pembyarannya Manual). Akan muncul layar popup seperti gambar pertama di atas, pilih Transfer Uang lalu klik tombol Lakukan Pembayaran.

Tunggu loading beberapa saat, akan muncul detail penagihan dan pembyaran Transfer Uang. Disitu akan muncul Informasi Transfer Dana, mulai dari nama bank akun Google sampai nomor rekeningnya. Screenshot layar tersebut kemudian simpan di folder manapun agar tidak lupa dan mudah ditemukan, atau klik tombol Cetak untuk print out.

Transfer Dana ke Google

Setelah mendapatkan nomor rekening atas tagihan Campaign Google Ads, mulailah melakukan transfer ke bank dan nomor rekening yang telah didapatkan tadi di Informasi Transfer Dana. Lakukan transfer seperti biasanya kamu melakukan transfer, jangan pilih Transfer Antar Bank dan masukkan Kode Bank jika kamu menggunakan Bank yang berbeda.

Disarankan, pada bagian catatan ketika melakukan transfer dana ke Google untuk menuliskan ID akun pelanggan Google Ads (contoh: AdWords 381-030-4810). Ini dapat ditemukan di Setelan / Settings.

Bagaimana Jika Pembayaran Belum Masuk ke Akun Google Ads ?

Tunggulah setidaknya hingga 2-3 hari kerja, karena sistem Google perlu mencocokkan segalanya agar tidak terjadi kesalahan dan ini memerlukan waktu. Jika setelah lebih dari 3 hari masih juga belum masuk, mintalah bantuan ke Google melalui formulir bantuan ini (https://go.posciety.com/bantuanPembayaranGoogleAds) isilah semuanya dengan lengkap dan benar lalu klik tombol Submit. Tunggu balasan tim bantuan Google sekitar 1-2 hari kerja.

Jika belum melebihi 3 hari dari waktu transfer dana, jangan langsung mengisi formulir bantuan di atas karena mungkin masih dalam proses dan akan terganggu prosesnya.

Setelah semuanya selesai, saldo akan masuk ke akun Google Ads dan campaign bisa mulai dijalankan sesuai pengaturan yang kamu buat pada campaign tersebut. Saldo akan terlihat di halaman Penagihan & Pembayaran.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi