Cara Melamar Kerja Online

Melamar kerja online merupakan suat kemudahan bagi beberapa orang yang memahaminya tapi menjadi masalah baru bagi beberapa orang yang tidak memahami cara kerja pelamaran kerja online, setelah membaca artikel ini saya harap tidak ada lagi yang kesulitan ketika melamar pekerjaan supaya semua orang dapat melamar pekerjaan dan siap bersaing dengan cepat.

Melamar Kerja Online

Pada dasarnya, melamar pekerjaan secara online memiliki cara yang berbeda-beda tergantung situsnya masing-masing. Tapi walaupun berbeda strukturnya tetap sama, misalnya dalam melamar pekerjaan Kandidat perlu login terlebih dahulu kemudian klik tombol Apply / Melamar.

Kita ambil contoh salah satu situs web lowongan kerja yaitu jobsribe.com, silahkan kunjungi situsnya kemudian klik salah satu lowongan kerja yang diinginkan kemudian klik tombol Melamar Sekarang / Apply Now. Akan muncul layar popup kecil untuk meminta login sebelum dapat melamar pekerjaan tersebut, silahkan login dengan akun yang sudah ada atau klik Daftar untuk membuat akun baru.

Situs lowongan kerja yang meminta Kandidat untuk login sebelum dapat melamar pekerjaan biasanya menggunakan layar popup seperti ini atau mengalihkan ke halaman login kemudian diarahkan kembali ke halaman lowongan kerja bersangkutan atau diarahkan ke profil Kandidat.

Setiap situs web yang merupakan portal kerja online seperti JobSribe ini tentu memiliki fitur melamar pekerjaan yang ditandai dengan tombol Mendaftar / Apply, dengan begitu Kandidat dapat melamar pekerjaan dengan mudah. Setiap lowongan yang dilamar oleh Kandidat akan dikirimkan ke perusahaan bersangkutan.

Kapan Mendapatkan Panggilan Wawancara ?

Setelah portal kerja online berhasil mengirim pemberitahuan tentang lamaran kerja baru yang kalian kirim, perusahaan akan melihat dan mempertimbangkannya. Tidak ada jaminan bahwa semua Kandidat akan dipanggil untuk interview / wawancara kerja, karena setiap perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Jika kalian memenuhi syarat itu, maka besar kemungkinan dihubungi oleh perusahaan secara langsung baik lewat email atau nomor handphone yang didaftarkan di profil / CV.

Dalam pemberitahuan wawancara tersebut, pastikan penelepon menginformasikan siapa dirinya dan dari perusahaan mana. Jika tidak, tanyakan ! Tanyakan juga tentang dari mana mendapatkan nomor telepon kalian atau CV, misalnya dari situs JobSribe. Jika tidak pernah melamar pekerjaan, maka abaikan saja.

Biasanya infromasi yang akan diberikan itu berupa hari wawancara, lokasi wawancara, waktu wawancara dan ketika sampai di perusahaan harus bertemu dengan siapa. GoodLuck!

Bagaimana Menghindari Penipuan ?

Jika melamar pekerjaan di portal kerja online seperti JobSribe ini, maka tidak ada pungutan biaya apapun. Jadi, jika ada pungutan biaya harap untuk mempertimbangkannya dan disarankan untuk mengabaikannya jangan sampai terpancing. Jika tidak yakin, silahkan hubungi situs layanan lowongan kerja tersebut dan cari tau apakah situs tersebut memperbolehkan perusahaan memungut biaya saat proses interview kerja.

Biasanya, portal kerja online tidak memungut biaya apapun. Tapi hal ini bisa saja terjadi di lain waktu di lain situs, tapi sebagai pengalaman saya di JobSribe & JobsDB tidak ada pungutan biaya apapun.

Apa itu Resume Online ?

Pertanyaan bagus, portal kerja online masa kini seperti JobSribe ini menyediakan fitur Resume online yang merupakan data Kandidat seperti keahlian, pengalaman, pendidikan, yang dapat disimpan di profil Kandidat dan dapat digunakan untuk melamar pekerjaan. Jadi, ketika melamar pekerjaan tidak perlu repot-repot menulis rincian seperti itu tapi cukup memilih Resume yang diinginkan bisa juga ditambah CV dan pesan singkat kepada perusahaan.

Intinya, Resume ini dapat membantu Kandidat melamar pekerjaan lebih mudah dari sebelumnya. Resume disimpan di profil dan dapat diubah kapanpun.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi