Selain mengatur tinggi cell, pada Excel juga kamu bisa mengatur lebar kolom agar terlihat lebih rapih. Terdapat beberapa cara untuk melebarkan kolom Excel dan setiap versi Excel memiliki cara sedikit berbeda namun tetap pada menu atau opsi yang sama yang tersedia pada Excel.

Mengatur Lebar Kolom

Terdapat 2 cara melebarkan kolom Excel yaitu secara manual dan otomatis, pilihlah cara yang paling kamu sukai. anggaplah kamu memiliki data di dalam Excel seperti ini:

Pada contoh gambar di atas, terdapat kolom Contoh Data 4 yang lebarnya tidak sesuai kolom sehingga isi datanya melebihi lebar kolom.

Melebarkan Kolom Excel Manual

Pilihlah kolom yang akan kamu atur lebarnya, misalnya kolom Contoh Data 4. Kemudian:

  • Pilihlah menu Home / Beranda pada header menu
  • Pada grup Cells, pilihlah menu Format
  • Akan muncul isi dropdown menu, pilihlah Column Width…
  • Pada popup yang muncul, isilah angka dalam px untuk mengatur lebar kolom, Semakin besar angka semakin lebar pula kolomnya

cara melebarkan kolom excel secara manual - posciety

  • Klik tombol Ok untuk menerapkan lebar kolom

Kolom yang dipilih akan berubah lebarnya sesuai dengan angka (px) yang kamu pilih.

Melebarkan Kolom Excel Otomatis

Cara di atas tidak banyak digunakan karena ada cara yang lebih cepat untuk mengatur lebar kolom yaitu mengaturnya secara otomatis, maksudnya otomatis adalah mengatur lebar kolom sesuai dengan isi data pada kolom bersangkutan.

Contohnya pada kolom Contoh Data 4 isi datanya melebihi batas kolom, ketika diatur lebarnya secara otomatis maka lebar kolom akan menyesuaikan dengan isi data tersebut sehingga isi data tidak melebihi lebar kolom. Bagaimana cara mengatur lebar kolom Excel otomatis?

  • Pilih kolom yang ingin kamu atur lebarnya, misalnya kolom Contoh Data 4 pada gambar di atas
  • Pilih menu Home / Beranda pada header menu
  • Pada grup Cells, pilihlah menu Format
  • Akan muncul isi dropdown menu, pilihlah AutoFit Column Width

cara melebarkan kolom excel otomatis - posciety

Secara otomatis kolom Contoh Data 4 akan mengikuti lebar isi data pada kolom tersebut, jika data yang kamu memliki tulisan yang lebih panjang dari itu, maka kolom tersebut akan mengikuti sesuai panjang tulisan data yang ada.

Cara otomatis memang lebih cepat daripada cara manual yang sudah kita bahas sebelumnya di atas, tapi ada cara otomatis yang lebih cepat tanpa harus klik menu apapun. Bagaimana caranya?

Pilihlah kolom yang ingin kamu atur lebarnya, klik 2x pada garis kolom sebelah kanan maka secara otomatis kolom akan menyesuaikan lebarnya dengan isi data yang ada pada kolom tersebut. Cara ini terntu lebih mudah dan praktis karena tidak perlu klik menu apapun.

Pada tutorial ini kita menggunakan Ms. Excel 2016, jika kamu menggunakan versi Excel 2010 atau yang lebih lama posisi menu ini akan berbeda. Pastikan kamu menemukan menu Format agar dapat mengatur lebar kolom seperti yang sudah dijelaskan di atas.