Berapa ID Akun Pengguna yang Ada di WordPress ?

2 Cara Mudah Mengetahui ID USer WordPress

Pada beberapa kasus, kalian akan memerlukan ID user / pengguna / anggota / member yang terdaftar di situs WordPress milik kalian. Pada artikel kali ini saya akan memberitahukan semua cara melihat / mengetahui id akun WordPress.

Lihat ID Akun WordPress Dari Dasbor

URL Sembulan

Hal ini hanya dapat dilakukan pada perangkat yang menggunakan mouse (komputer / laptop). Silahkan masuk ke dasbor WordPress seperti biasa kemudian masuk ke daftar yang menampilkan nama + URL pengguna (misalnya menu Pengguna), klik menu Pengguna untuk menampilkan semua daftar pengguna.

Pada halaman daftar pengguna ini terdapat beberapa tombol / link salah satunya adalah Edit. Alihkan mouse ke tulisan Edit maka akan muncul URL sembulan dibawah layar monitor.

(lihat gambar)

Pada sembulan URL dibawah terdapat id user yang disentuh tombol Edit nya. Misalnya ?user_id=624 artinya id pengguna tersebut adalah 624. Silahkan tentukan user yang ingin kalian ketahui ID nya. Hal ini juga dapat dilakukan tidak hanya tombol Edit saja, bisa juga dilakukan ketika sentuh tombol Delete pada masing-masing akun.

Dengan cara ini lebih praktis, karena tidak perlu mengklik cukup dengan menyentuhnya menggunakan mouse pointer saja. Cara ini juga tidak hanya pada daftar pengguna saja, misalnya lihat di daftar Pos / Laman. Pada daftar Pos / Laman terdapat penulis alias pembuat pos / halaman tersebut, bisa disentuh dengan mouse pada nama pembuatnya maka akan muncul sembulan juga dibawah layar monitor seperti tadi.

Edit Pengguna

Masuk ke menu Pengguna (jika menggunakan bahasa Indonesia) untuk menampilkan daftar pengguna yang terdaftar. Klik Edit pada akun yang ingin diketahui ID nya, maka akan diarahkan ke halaman profil akun tersebut. Lihat pada tab URL browser: (lihat gambar).

Pada tab URL akan muncul ID user yang sedang diedit tersebut, misalnya ?user_id=624 artinya ID user tersebut adalah 624.

Lihat ID Akun WordPress Dari Database – cPanel

Cara ini lebih advanced karena harus mengakses database situs WordPress ini. Silahkan masuk ke cPanel seperti biasa kemudian akses phpMyAdmin, caranya cari bagian / tab Database pilih phpMyAdmin maka akan membuka halaman dasbor phpMyAdmin.

Pada halaman ini, silahkan buka database yang digunakan untuk situs WordPress bersangkutan lalu klik table tableprefix_users untuk melihat semua daftar akun yang terdaftar di situs WordPress ini.

(lihat gambar)

tableprefix bergantung pada tableprefix yang kalian tentukan saat install WordPress.

Masih bingung ? Lihat : Video tutorial cara melihat ID Anggota di WordPress.

Setelah membuka semua daftar pengguna WordPress yang ada, terdapat kolom ID yang menampilkan ID dari masing-masing pengguna. Silahkan lihat ID dari pengguna yang ingin kalian cari tahu ID nya.

Cara terakhir (Database) sudah pasti bisa dilakukan siapapun yang memiliki akses ke cPanel / hosting tempat instalasi situs WordPress yang bersangkutan disimpan. Sengaja saya buatkan cara database ini karena pada beberapa kasus, pengguna tidak dapat melihat id akun yang berstatus admin baik di URL sembulan maupun di tab URL ini disebabkan oleh sistem Tema dan/ Plugin yang digunakan.

Selamat mencoba !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi